Download Buku Pegangan Mengajar Teater Untuk Guru Sekolah -->
close
Adhyra Irianto
19 May 2022, 5/19/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-05-19T01:00:00Z
BeritaMateri Teater

Download Buku Pegangan Mengajar Teater Untuk Guru Sekolah

Advertisement
Download buku pegangan mengajar teater untuk guru SMA


PojokSeni.com - Buku untuk mengajar teater di sekolah masih merupakan buku yang sulit ditemukan di toko buku. Kadang-kadang, harus  memesan untuk mendapatkan buku pembelajaran teater.


Tidak hanya itu masalahnya, kadang-kadang guru juga menemukan buku teater tingkat lanjut seperti metode akting, dramaturgi, dan pemanggungan. Buku-buku teater tingkat lanjut tentunya mesti didampingi oleh buku tingkat dasar untuk memudahkan pembelajaran teater di sekolah. 


Berikut ini, Pojok Seni membagikan buku pegangan mengajar teater bagi guru di tingkat sekolah, mulai dari SMP hingga SMA. Dengan buku yang bisa Anda unduh secara gratis ini, mudah-mudahan bisa membantu proses belajar mengajar seni teater di sekolah.


Perlu dicatat pula bahwa pembelajaran teater di sekolah lebih ditujukan untuk mengenalkan seni teater pada siswa, bukan untuk mencetak seniman. Jadi, bila siswa memang berminat untuk mendalami teater bisa melanjutkan kuliah di jurusan teater yang bisa ditemukan di perguruan tinggi seni.


Bila Anda menemukan siswa yang berminat dan berbakat di seni teater, Anda bisa merekomendasikan sekolah tinggi seni terbaik untuk jurusan teater di Indonesia. Lebih lengkapnya bisa Anda baca di artikel ini: Ingin Mendalami Seni Teater? Ini Rekomendasi 5 Sekolah Seni Terbaik untuk Jurusan Teater.


Download Buku Pegangan Mengajar Teater Bagi Guru di Perpustakaan Pojok Seni


Buku-buku ini tersedia di Perpustakaan Pojok Seni. Anda bisa mengunduhnya secara gratis. Tinggal masuk ke halaman perpustakaan Pojok Seni (Bisa dilihat linknya di bawah artikel ini) lalu lihat di deretan buku bagian bawah dengan judul Buku Pegangan Guru untuk Mengajar Teater di Sekolah (paling bawah). Agar Anda tidak kesulitan mengunduh buku-buku yang berada di perpustakaan Pojok Seni, Anda bisa terlebih dulu mendaftarkan diri sebagai Anggota Perpustakaan Pojok Seni secara gratis.


Sekarang, inilah buku pegangan guru untuk mengajar teater di sekolah yang bisa Anda download (unduh) secara gratis dengan format PDF. (Anda bisa mengunduh Naskah Drama dan Naskah Monolog di Pranala Ini: Download Naskah Drama, Monolog dan Lain-lain)


1. Seni Drama (Rohana & Nur Indah)


Buku ini membahas tentang dasar-dasar drama dalam tiga bab ini. Bab pertama yakni pendahuluan membahas tentang hakikat drama, jenis drama, bentuk-bentuk drama, bentuk drama lainnya, jenis drama berdasarkan sarana, naskah, dan bentuknya, pembagian tugas pementasan drama, struktur drama, dan contoh naskah drama.


Bab 2 membahas tentang ruang lingkup drama sedangkan Bab 3 membahas tentang bagian-bagian penting dalam drama. Unduh buku Seni Drama yang ditulis oleh Rohana & Nur Indah ini di Perpustakaan PojokSeni. (Cara masuk ke perpustakaan Pojok Seni ada di akhir artikel)


2. Pengetahuan Teater 1 (Sejarah dan Unsur Teater) Kelas X Semester 1 (Eko Santosa)


Buku satu ini ditulis oleh Eko Santosa dan ditujukan untuk siswa SMK. Seperti judul bukunya, buku ini membahas sejarah teater mulai dari asal mula teater di Zaman Yunani hingga abad ke-20. Berlanjut dengan membahas sejarah teater Indonesia dari era 1900-an hingga teater modern Indonesia


Anda bisa mengunduh buku ini di Perpustakaan Pojok Seni.


3. Modul Konsep Dasar Drama (B. Rahmanto)


Buku satu ini sangat pas untuk membantu mahasiswa FKIP Bahasa Indonesia untuk belajar cara mengajar apresiasi drama pada siswa SMP dan SMA. Buku satu ini juga bisa Anda unduh di Perpustakaan Pojok Seni.


4. Drama, Teori dan Praktik Pementasan (Dr Suroso, M.Pd)


Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Elmatera Yogyakarta dan bisa menjadi pegangan Anda untuk mengajarkan teori dan praktik pementasan pada siswa yang Anda ajarkan. Buku ini juga tersedia di Perpustakaan Pojok Seni.


5. Mari Bermain Drama Kebahagiaan Sejati (Panduan praktis untuk Menjadi Aktor dan Aktris)


Buku satu ini merupakan buku panduan yang bisa dipegang oleh calon aktor/aktris di awal. Buku ini ditulis oleh Tato Nuryanto, M.Pd dan cukup pas untuk mengenalkan seorang siswa yang ingin mengenal lebih jauh tentang keaktoran. Buku ini juga bisa Anda temukan di Perpustakaan Pojok Seni.


6. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Seni Budaya Seni Teater tingkat SMA)


Buku satu ini merupakan modul pengembangan keprofesian berkelanjutan di mata pelajaran Seni Budaya Seni Teater tingkat SMA. Buku edisi revisi 2018 ini sudah terintegrasi penguatan pendidikan karakter. Buku ini terbagi menjadi dua yakni Pedagogi: Karakteristik Peserta Didik yang ditulis oleh Drs Taufiq Ekoyanto. Sedangkan bagian duanya adalah Profesional: Pengetahuan Teater yang ditulis oleh Drs Nur Iswantara M.Hum.


Itu tadi buku-buku pegangan untuk mengajar teater yang bisa Anda temukan di Perpustakaan Pojok Seni bersama dengan ratusan buku lainnya yang khusus membahas kesenian, estetika, dan industri hiburan. Untuk berkunjung ke Perpustakaan Pojok Seni,  jangan lupa untuk mendaftarkan diri dan di halaman ini:


Mendaftar di Perpustakaan Pojok Seni

Ads