Memilih Senar Gitar yang Tepat Disesuaikan dengan Tuning Gitar Standar, Drop D dan Drop C -->
close
Pojok Seni
22 November 2020, 11/22/2020 11:37:00 PM WIB
Terbaru 2020-11-22T16:37:21Z
MusikUlasan

Memilih Senar Gitar yang Tepat Disesuaikan dengan Tuning Gitar Standar, Drop D dan Drop C

Advertisement

pojokseni.com - Selain menggunakan setelan standar yakni E (E - A - D - G - B - E) ada banyak gitaris juga menggunakan setelan drop D (D - A - D - G - B - E) dan drop C (C - G - C - F - A - D).


Sebelumnya, PojokSeni juga mengulas terkait setelan drop ini dalam artikel berikut: Mengenal Perbedaan E Standar, Drop C dan Drop D di Gitar.


Pertanyaannya, apakah senar yang digunakan untuk semua jenis setelan (tuning) tersebut sama? Berikut ulasannya.


Memilih Senar Gitar yang Tepat Sesuai Setelan 


Senar gitar untuk Setelan Standar


Ini adalah setelan standar atau E yang biasa ditemukan bila Anda baru membeli gitar. Rata-rata gitaris baik pemula maupun profesional juga lebih sering menggunakan setelan gitar standar ini dikarenakan kenyamanan fisikal.


Untuk setelan gitar standar ini, maka bisa dikatakan senar yang digunakan juga senar standar. Biasanya ukurannya minimal 9 atau 10 ke atas. Sebab, tegangannya memang ditujukan untuk setelan standar ini.


Senar 9 biasanya dimulai dari ukuran 09 paling kecil sampai 42 untuk senar paling besar. Sedangkan senar ukuran 10, dimulai dari 10 sampai 46.


Senar Gitar untuk Setelan Drop D


Untuk setelan drop D maka sebaiknya Anda gunakan senar yang lebih light top namun regular bottom. Ukuran senar 9 tentunya akan sangat tepat untuk drop D.


Untuk senar ukuran 9, maka senar terkecil tiga terbawah adalah 9, 11 dan 16. Tentunya akan sama dengan gitar setelan E.


Tapi, tiga senar terbesar antara lain 26, 36 dan 46. Dengan ukuran ini, tentunya senar akan tetap terjaga ketegangannya. Menggunakan senar ukuran selain itu bisa menyebabkan senar paling atas (D) akan terlalu lentur. Dengan senar ukuran 46 sebagai senar paling besar, maka nada (tone) akan tetap terjaga ketika diturunkan ke D.


Senar Gitar untuk Setelan Drop C



Ukuran 9 sebenarnya masih memungkinkan untuk setelan drop C. Tapi sayangnya, kadang senar paling atas (ukuran 46) akan terlalu kendor sehingga nada yang dihasilkan kerap "goyang" dan tidak bulat.


Karena itu, biasanya untuk Drop C agar lebih aman maka kebanyakan gitaris akan memilih ukuran 11. Ukuran 11 ini terdiri dari 3 macam, antara lain: 


  1. 11 - 52 yakni senar paling besar berukuran 52.
  2. 11 - 54 yakni senar paling besar berukuran 54
  3. 11 - 56 yakni senar paling besar berukuran 56.


Nah, ukuran yang 11 - 56 biasanya menjadi pilihan untuk Anda yang ingin suara lebih berat namun tetap bulat. Dengan senar paling atas berukuran 56 maka tidak kendor ketika diturunkan ke C.


Meski demikian, untuk tuning lain seperti Drop C# atau mungkin C# standar, ukuran lainnya juga akan lebih tepat. Hanya saja, karena lebih besar maka senar ini akan terasa lebih keras di tangan.


Senar Gitar untuk Drop Lebih Rendah


Selain Drop D dan Drop C, masih banyak setelan lain yang lebih rendah dari itu. Antara lain B standar, drop B, A standar dan drop A. Bahkan ada pula yang sampai drop G.


Untuk itu, dibuat senar ukuran 12 dan 13. Ukuran 12 bisa digunakan untuk B standar, drop B, drop A dan A standar. Untuk ukuran 12, maka ukuran senar dimulai dari 12 untuk senar terkecil dan 62 untuk senar terbesar.


Sedangkan bila Anda menggunakan setelan drop G, maka senar yang digunakan bisa ukuran 12 namun akan lebih aman. Tapi, bila setelan gitar Anda sampai serendah itu, maka senar ukuran 13 akan sangat tepat. Rata-rata gitaris yang menggunakan tuning sampai serendah ini adalah band dengan aliran metal atau turunannya.


Perhatikan Pula Ukuran Scale


Setiap gitar memiliki scale yang berbeda-beda. Gitar merek Fender misalnya, akan berbeda dengan Gibson. Oleh karena itu, senar yang digunakan akan berbeda juga.


Terutama, untuk setelan drop. Misalnya di Fender Telecaster, Anda tetap bisa menggunakan senar ukuran 9 untuk drop D dan ukuran 10 untuk Drop C. 


Namun, hal itu tidak bisa Anda lakukan di Gibson Les Paul. Untuk Drop D di Gibson Les Paul sebaiknya Anda menggunakan ukuran 11 minimal.


Hal itu disebabkan panjang scale di Fender dan Gibson berbeda. Les Paul memiliki scale length yang lebih pendek ketimbang Fender. Hal itu juga memengaruhi senar yang tepat untuk gitar setelan drop D, C bahkan standar sekalipun.


Demikian ulasan singkat, jangan lupa pula pertimbangkan brand-brand kenamaan untuk membeli senar gitar agar mendapatkan senar gitar dengan kualitas terbaik.

Ads