banner

13 June 2018

author photo

pojokseni.com - Ada beberapa novel mahakarya dilahirkan sejumlah penulis Indonesia. Ada yang realis, semacam tetralogi Buru, juga ada yang surealis. Ada juga yang absurd, ada yang komedi dan sebagainya.

Anda ingin mulai membaca novel? Atau, malah ingin jadi novelis? Ada sekitar 20 novel yang direkomendasikan PojokSeni untuk Anda baca. Susunannya sengaja di-random, agar tidak terkesan PojokSeni mengurutkan mana novel terbaik.

Berikut rekomendasinya:

Rekomendasi 20 Novel Indonesia Wajib Baca


1. Salah Asuhan (karya Abdoel Moeis)


Salah satu novel yang dianggap tonggak sejarah sastra dari angkatan Balai Pustaka. Juga memberi banyak pengayaan pada Bahasa Indonesia.

2. Sitti Nurbaya (Marah Rusli)


Siapa yang tak kenal kisah Siti Nurbaya. Kisah fiksi yang bahkan dianggap nyata, loh. Novel ini menjadi salah satu yang perlu Anda baca.

3. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (Buya Hamka)


Kisahnya menggetarkan, meski ada tudingan plagiasi. Namun, pesan yang sarat akan budaya di dalamnya menjadi poin penting novel ini wajib Anda baca.

4. Di Bawah Lindungan Ka'bah (Buya Hamka)


Masih dari penulis yang sama, Buya Hamka. Novel satu ini akan memberikan banyak nilai dan kedalaman pesan bagi Anda. Sangat menarik untuk dieksplorasi.

5. Atheis (Achdiat K. Mihardja)


Novel yang termasuk jajaran Angkatan '45, bersama sang icon sastrawan, Chairil Anwar. Novel satu ini diklaim oleh beberapa sastrawan lain sebagai novel terbaik dari angkatan '45, bahkan menjadi salah satu dari novel terbaik Indonesia.

6. Jalan Tak Ada Ujung (Mochtar Lubis)


Novel yang terbit era 60-an ini menjadi salah satu novel dengan banyak simbol semiotik di dalamnya. Jadi, perlu perenungan dan pemikiran yang dalam untuk menggali maknanya.

(baca juga : Mengais Rejeki dari Tumpukan Buku Bekas

7. Khotbah di Atas Bukit (Kuntowijoyo)


Tidak perlu meragukan bahwa Kuntowijoyo dimasukkan dalam salah satu dari beberapa sastrawan terbaik yang dimiliki Indonesia. Novel berjudul Khotbah di Atas Bukit menjadi salah satu pilihan untuk Anda koleksi.

8. Burung-Burung Manyar (Y.B. Mangunwijaya) 


Ini merupakan novel sejarah, namun Anda akan dengan sangat asyik mengikuti ceritanya. Sangat direkomendasikan untuk dibaca.

9. Ca-Bau-Kan (Remy Sylado)


Cerita sejarah tentang anak-anak etnis TiongHoa yang juga ikut membangun Indonesia. Cara bercerita Remy Sylado tentunya bisa memberi inspirasi bagi Anda.

10. Anak Bajang Menggiring Angin (Shindunata)


Kisah yang eksotis dan menarik dengan pilihan diksi yang menarik. Wajib dimiliki.

11. Bumi Manusia (Pramoedya Ananta Toer)


(baca juga: Siap-Siap Kecewa, Hanung Anggap Bumi Manusia Tak Seberat Ayat-Ayat Cinta)

Aduh, ingat novel ini, teringat ke Hanung Bramantyo. Sebelum filmnya benar-benar hadir, Anda musti membaca novelnya terlebih dulu.

12. Anak Semua Bangsa (Pramoedya Ananta Toer)


Novel kedua dari tetralogi Buru karya Pram. Sebenarnya, ingin sekali empat buku di tetralogi Buru tersebut dimasukkan dalam daftar ini. Namun, PojokSeni memilih ada dua karya dari satu penulis yang maksimal diletakkan di daftar ini.

13. Laskar Pelangi (Andrea Hirata)


Salah satu novel terbaik yang hadir di era 2000-an. Sudah banyak penghargaan yang diterima buku dan penulisnya. Tentunya, Anda musti memiliki buku ini, bukan?

14. Para Priyayi: Sebuah Novel (Umar Kayam)


Novel yang juga musti Anda miliki. Kedalaman makna dari setiap diksinya akan membuat Anda tidak hanya sekedar menikmati, tapi berenang bersama arus ceritanya.

15. Ronggeng Dukuh Puruk (Ahmad Tohari)


Ahmad Tohari mencuat namanya ke permukaan berkat karyanya satu ini. Novel satu ini juga sudah diganjar banyak penghargaan. Tentunya, sangat disarankan ikut mengisi rak buku Anda.

16. Saman (Ayu Utami)


Sangat unik, menjadikan novel ini salah satu yang perlu Anda miliki. Gaya penceritaan yang kuat, serta alur yang menarik menjadikan novel ini adalah pilihan yang bijak untuk mengisi lemari buku Anda.

17. Belenggu (Armijn Pane)


Novel ini menjadi salah satu novel yang diwajibkan baca ketika penulis masih SMA. Menjadi salah satu novel terbaik Indonesia.

18. Layar Terkembang (Sutan Takdir Alisyah Bana)


Tak bisa dipungkiri, Indonesia juga mesti berterima kasih pada penulis yang satu ini. Dan karya fenomenalnya ini musti Anda miliki.

19. Badai Pasti Berlalu (Marga T)


Novel yang diterbitkan tahun 1974 ini juga menjadi pilihan wajib baca untuk Anda. Sudah pernah baca buku ini, bukan? Nah, jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam list penghuni rak buku Anda.

20. Cantik Itu Luka (Eka Kurniawan)


Ada banyak yang setuju bahwa novel satu ini menjadi novel dengan konstruksi yang sangat menarik. Novel yang termasuk era 2000-an ini juga musti Anda baca dan selami ceritanya.

Tambahan untuk Pertimbangan


21. Cala Ibi (Nukila Akmal)



Meski tadinya tidak masuk ke 20 novel yang direkomendasikan, tapi Anda masih bisa mempertimbangkan buku satu ini untuk jadi koleksi ke-21 di lemari buku Anda.

Demikian 20 novel yang direkomendasikan untuk Anda miliki. Ada yang sudah baca dan miliki bukunya? Kalau belum Anda bisa lengkapi. Punya saran buku lain beserta alasannya? Anda bisa tuliskan di kolom komentar, yah. (tim pojokseni)


Baca juga : Novel Desing Peluru di Komplek Eks 
your advertise here

This post have 2 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

  1. Perlu di koleksi nich buku... Bagus bagus bukunya...

    ReplyDelete
  2. Wahh baru tiga yang sudah kubaca, byk yang belum ini wkwkwk, tapi yg Buya Hamka itu sudah galo

    ReplyDelete
Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

pojokseni.com