Jangan Langsung Dibuang, Ini Cara Memanfaatkan Sampah Anorganik -->
close
Pojok Seni
27 December 2021, 12/27/2021 05:33:00 AM WIB
Terbaru 2021-12-26T22:33:54Z
ArtikelRekomendasi

Jangan Langsung Dibuang, Ini Cara Memanfaatkan Sampah Anorganik

Advertisement
manfaat Sampah Anorganik


pojokseni.com - Sampah di rumah Anda terdiri dari tiga jenis, sampah organik, sampah yang bisa mengandung racun, dan sampah yang bisa didaur ulang. Sampah organik tentunya bisa dimanfaatkan menjadi pupuk, sedangkan sampah anorganik yang mengandung racun seperti bekas cat, baterai, semir sepatu, dan sebagainya mesti mendapatkan pembersihan khusus sebelum bisa didaur ulang. Sampah anorganik lainnya yakni sampah yang bisa didaur ulang seperti logam, kertas, kaca, botol, plastik, dan sebagainya tentunya bisa dimanfaatkan sebelum dibuang. Artikel ini akan mengulas manfaat sampah anorganik untuk menjadi hal lain yang bermanfaat bagi Anda.


Sebab, sampah anorganik sangat sulit diuraikan oleh tanah. Karena itu, sampah jenis ini akan sangat merusak, juga merusak laut kita. Karena itu, memanfaatkan sampah anorganik ternyata bisa berakibat buruk bagi planet ini.


Kita akan mulai dengan melihat sampah-sampah yang ada di rumah Anda. Biasanya, yang paling sering ditemukan ialah sampah botol, baik bekas minuman atau makanan, maupun lainnya yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Botol-botol ini bisa Anda manfaatkan sebagai hiasan ruangan yang artistik.


Berikut bahan-bahan yang Anda perlukan:


  1. Botol kaca/plastik sebanyak 5 buah (akan lebih baik bila bentuknya berbeda). Lepaskan labelnya dan bersihkan.
  2. Lampu kerlip.
  3. Selotip
  4. Bunga plastik
  5. Cat bening atau pernish.


Cara membuatnya, siapkan botol kaca atau plastik beberapa jenis. Kemudian, siapkan cat (bisa cat semprot, maupun cat biasa). Langkah pertama,bersihkan botol dengan baik dan gunakan sabun agar bekas-bekas atau sisa isinya bisa benar-benar bersih. Kemudian, pilih cat dengan warna berbeda untuk setiap botolnya.


Anda bisa juga menggunakan pengilap (pernis) atau jenis cat semprot dengan warna bening. Kemudian, cat dengan merata setiap botolnya. Jemur terlebih dulu agar cat tersebut benar-benar kering merata.


Langkah berikutnya, masukkan lampu kerlip ke dalam setiap botol. Susun sebaik mungkin dan gunakan double tip untuk menempelkannya. Kemudian, susun dengan baik di sudut ruangan, lalu masukkan bunga plastik ke setiap botolnya.


Untuk contoh hasilnya, seperti gambar di bawah ini.


manfaat Sampah Anorganik

Nah, dengan demikian, Anda bisa membuat sudut ruangan Anda menjadi lebih baik. Ajak anggota keluarga Anda untuk berkreasi, agar tampilannya lebih menarik. Tentunya, Anda bisa menambahkan hal lainnya yang bisa menjadikan tampilannya lebih sempurna.


Tidak hanya itu, bunga plastik untuk hiasannya juga bisa Anda buat sendiri. Akan lebih baik bila Anda juga memanfaatkan sampah anorganik. 


Membuat Bunga Plastik


Untuk membuat bunga plastik ini, bahan utama yang akan kita gunakan antara lain:


  1. Botol plastik
  2. Kertas warna
  3. Gunting
  4. Lem panas
  5. Lidi


Pertama potong botol plastik hingga berbentuk daun kecil. Kemudian, tempelkan kertas warna di setiap potongan tersebut. Tentunya, kertas warna tadi juga dipotong menyesuaikan bentuk potongan botol plastik tersebut.


Anda bisa juga menggunakan cat untuk menggantikan kertas warna. Setelah itu, lubangi bagian ujung "daun" tersebut dengan paku yang dipanaskan. Lalu, masukkan lidi di setiap lobang yang dibuat, rekatkan dengan lem panas.


Masukkan hingga setidaknya 7 hingga 8 helai "daun" tadi di lidi. Sekarang, setelah selesai, silahkan masukkan setiap lidi yang sudah direkatkan dengan daun ke botol-botol yang sudah Anda buat sebelumnya. 


Nah, tentunya Anda juga bisa mengkreasikan sesuai imajinasi Anda. Selain memperindah ruangan, juga membantu mengurangi sampah botol (baik kaca maupun plastik) di bumi. Silahkan dicoba di rumah yah.