Pewarna Alami yang Memukau Berasal dari Tumbuhan Ini -->
close
Pojok Seni
02 October 2021, 10/02/2021 01:07:00 PM WIB
Terbaru 2021-10-02T06:07:14Z
Artikel SponsorOpini

Pewarna Alami yang Memukau Berasal dari Tumbuhan Ini

Advertisement
pewarna alami


Pojokseni.com - Membahas seputar tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu hal yang menyenangkan apalagi jika kita menyukai ilmu sains sebab, tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu objek penelitian bagi para ilmuan di seluruh dunia. Banyaknya manfaat yang bisa digunakan oleh manusia menjadikan tumbuhan termasuk ke dalam salah satu pendukung penting bagi kebutuhan manusia.


Beberapa manfaat tumbuhan yaitu dapat dijadikan sebagai obat, pewarna alami, dikonsumsi dan masih banyak lagi. Namun kali ini kami akan membahas tumbuhan yang berguna sebagai pewarna alami. Bagi kamu yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.


1.Tarum


pewarna alami tarum


Tanaman yang memiliki nama latin indigofera Tinctoria ini merupakan tanaman yang sering sekali dijadikan sebagai pewarna alami. Tarum sejatinya hanya dapat menghasilkan warna biru dan warna tersebut didapatkan dari rendaman daun dengan jumlah yang sangat banyak selama semalam penuh. Air rendaman tersebut kemudian direbus lalu dikeringkan, setelah itu warna bisa digunakan untuk mewarnai kain. Kamu bisa menanam tanaman tarum dengan cara stek dimana dalam waktu 14-18 jari biasanya akan tumbuh tunas, setelah memasuki usia 4 bulan barulah kamu bisa memetik daunnya.


2.Pinang



pewarna alami pinang


Selanjutnya ada tumbuhan pinang yang memiliki nama latin Areca Cathecu atau yang biasa dikenal sebagai pinang. Tanaman tersebut banyak tumbuh di berbagai daerah khususnya di Indonesia. Pinang merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menghasilkan pewarna alami, warna tersebut didapatkan dari biji buah pinang yang paling tua, kemudian ditumbuk hingga halus. Tetapi perlu diingat bahwa tanaman ini dapat diproduksi ketika sudah besar dan cukup membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh besar.


3.Safflower


Pewarna alami safflower


Kamu mungkin jarang mendengar nama tanaman ini yaitu Safflower dengan naa latin crocus sativus. Namun ketika melihatnya kamu mungkin akan mengenalinya sebab tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini dapat menghasilkan pewarna alami dimana pewarna tersebut dihasilkan dari bunga Safflower yang memiliki warna kuning keemasan. Kamu bisa mengolah tanaman ini untuk pewarna alami pada kain.


4.Kunyit

pewarna alami kunyit


Curcuma domestica Kunyit juga merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai warna alami dan tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan kunyit bukan? Tanaman asli yang berasal dari daerah Asia Tenggara ini merupakan umbi-umbian dari jenis rimpang dengan warna kuning dan jingga. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai pewarna alami pada makanan mau pun kain dan cara pengolahan dari kunyit juga terbilang simple. Kamu dapat menghaluskan kunyit dengan menggunakan blender, lalu rebus dan diamkan hingga kunyit dingin.


Biasanya kunyit dibudidayakan dengan menggunakan metode stek rimpangnya dengan satu syarat bahwa bibit rimpang sudah memasuki usia tua.


5.Daun pacar cina


Pewarna alami daun pacar cina


Di posisi terakhir sebagai tanaman yang dapat dijadikan sebagai pewarna alami adalah daun pacar cina dengan nama latin Lawsonia Inermis. Dimana daun ini biasa digunakan untuk menghias kuku pada wanita dengan memiliki warna oranye yang sangat pekat. Daun ini sudah digunakan sebagai pewarna alami yang cukup efektif karena memang daun ini mengandung zat pewarna alami. Selain itu daun pacar juga biasa digunakan sebagai pewarna untuk kulit, loh. Wah menarik bukan?


Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai pewarna alami. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu tumbuhan di atas? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan.