Tips Periklanan yang Bisa Meningkatkan dan Memperluas Pasar Anda -->
close
Pojok Seni
05 September 2021, 9/05/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-09-05T00:00:00Z
Artikel Sponsor

Tips Periklanan yang Bisa Meningkatkan dan Memperluas Pasar Anda

Advertisement


Di era teknologi, ada banyak kanal pemasaran yang bisa dimanfaatkan oleh pemasaran. Ada yang memanfaatkan pesan singkat seperti lewat Whatsapp (WA), atau mungkin SMS. Ada juga yang memanfaatkan email, hingga media sosial, iklan digital (DigiAds) dan lain-lain. Paling sering adalah dengan memanfaatkan bantuan dan layanan dari platform advertising seperti  Tanah Air Digital Exchange (Tadex) dan sebagainya agar hasilnya lebih maksimal. Untuk luar jaringan (Luring) alias offline, ada juga yang memanfaatkan poster, banner, dan sebagainya. 


Sedangkan untuk meningkatkan dan memperluas jaringan pemasaran, maka pemasar akan memanfaatkan teknologi. Mulai dari SMS, hingga iklan banner di website tertentu. Tentunya, periklanan akan membuat usaha tertentu meraih pasar yang lebih banyak, yang akan berimbas pula pada penjualan.


Sejumlah brand hingga bisnis UMKM mencoba mencari berbagai cara untuk mempromosikan produk, jasa atau layanannya ke masyarakat luas. 


Namun sebelumnya, pemasar mesti mengetahui dulu  apa yang sebenarnya diinginkan, diharapkan, dan dibutuhkan pelanggan atau calon pelanggan terhadap brand mereka. Wawasan tersebut bisa didapatkan dari analisa terhadap segmen data. Segmen data tersebut bisa digunakan sebagai bahan untuk periklanan, atau kampanye pemasaran, sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.


Di antara beberapa cara yang bisa digunakan, berikut yang bisa coba dimanfaatkan untuk usaha Anda.


Email


Ini cara yang cukup efektif, yakni dengan mengirimkan pesan penawaran yang dipersonalisasikan. Bila perlu, di dalam email juga ada penawaran semacam promo, atau penawaran khusus lainnya di toko Anda. Tentunya, hal tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan dan memperluas pasar Anda.


Pesan Singkat


Anda tetap bisa mengandalkan SMS hingga saat ini. Cara yang tepat karena pesan penawaran Anda bisa masuk ke orang yang tepat secara geografis, sosiologis, dan hobi atau minat tertentu. Bila usaha Anda berada di Sumatera Utara misalnya, tentunya wilayah-wilayah yang berada di sekitar Sumatera Utara menjadi wilayah utama iklan Anda.


Untuk itu, Anda bisa mencoba  Tadex milik Telkomsel DigiAds (jaringan Telkomsel). Tadex mampu mengakomodir kebutuhan Anda untuk mencapai target konsumen yang jauh lebih luas.


Banner di website


Anda bisa mengiklankan usaha Anda di sejumlah website, atau media sosial. Iklan yang dimaksud menghadirkan gambar, atau tulisan di sebuah banner daring. Kemudian banner tersebut akan muncul di sejumlah website besar dengan pengunjung yang juga tersegmentasi.


Tentunya, mengandalkan paltform periklanan seperti Tadex tadi bisa membantu mempermudah kinerja Anda. Sebab, platform periklanan tentunya memiliki cara tersendiri untuk menganalisis data profil calon target pasar Anda. Sehingga bisa dengan tepat dipersonalisasikan sesuai kebutuhan pelanggan.


Video


Ini salah satu jenis iklan yang sering digunakan. Mulai dari video advertorial pendek, bahkan sampai ada yang membuat seperti film pendek. Video cukup mumpuni untuk menjadi kampanye pemasaran brand Anda, termasuk produk, jasa, dan layanan yang Anda tawarkan.


Terpenting, dari semua jenis iklan yang digunakan, semuanya bisa mendapatkan hasil terbaik apabila dilakukan profiling terlebih dulu pada calon target Anda. Bila tepat sasaran, maka penawaran Anda akan membuahkan hasil.


Bayangkan saja bila Anda mempromosikan tanpa profiling terlebih dulu. Anda mengirimkan pesan ke 100.000 orang yang ternyata bukan penggemar es krim, namun produk yang Anda tawarkan adalah es krim. Maka jangankan membeli produk yang Anda tawarkan, bahkan mengklik tautan yang menuju ke website Anda saja mungkin tidak dilakukan.


Bedakan dengan Anda mempromosikan ke 50.000 saja alias setengahnya, tapi semuanya kemungkinan penggemar es krim. Bisa jadi, setengah dari angka tersebut akan mengklik tautan yang ada di iklan Anda. Lalu, dari 25.000 yang klik tautan tersebut, ada 10.000 di antaranya yang membeli produk Anda. Itu baru dinamakan tepat sasaran.


Karena itu, disarankan untuk menggunakan jasa advertising yang menghubungkan Anda ke calon pasar potensial Anda. Jadinya, dana segar yang Anda kucurkan untuk kampanye pemasaran tidak akan terbuang sia-sia.

Ads