Latihan Kecil yang Dilakukan Penari Untuk Menjaga Kelenturan Tubuhnya -->
close
Pojok Seni
25 September 2021, 9/25/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-09-25T00:00:00Z
ArtikelArtikel Sponsor

Latihan Kecil yang Dilakukan Penari Untuk Menjaga Kelenturan Tubuhnya

Advertisement
Latihan melenturkan tubuh




Pojokseni.com - Bagi para penari, kelenturan tubuh adalah hal yang paling utama. Lentur dan kuat menjadi suatu keharusan yang tidak bisa tidak harus dilatih setiap hari. Bila Anda mungkin berminat untuk menjadi penari, tentunya mesti tahu bagaimana cara penari untuk menjaga dan melatih kelenturan tubuhnya.

Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan penari untuk menjaga dan melatih kelenturan tubuhnya setiap hari. Beberapa di antaranya merupakan hasil riset kecil-kecilan dari beberapa penari, mulai dari pemula hingga profesional. Meski demikian, daftar di bawah ini bukanlah "latihan utama" yang tentunya lebih keras dan lebih sulit. Latihan-latihan kecil yang diulas di bawah ini merupakan deretan latihan yang musti dilakukan setiap hari, di samping latihan utama yang lebih keras.

Apa saja latihan kecil yang harus dilakukan setiap hari untuk menjaga kelenturan tubuh seorang penari?

Latihan kecil untuk menjaga kelenturan tubuh


Latihan melenturkan tubuh

1. Peregangan tubuh ketika bangun tidur


Seorang penari setidaknya melakukan peregangan tubuh ketika baru bangun di pagi hari. Proses peregangan ini dilakukan setidaknya 10 menit, dan bentuk latihannya bisa menggerakkan kaki, tangan, lengan, dan diakhiri dengan melompat dari atas kasur. Ini salah satu latihan rutin yang kerap digunakan untuk menjaga tubuh tetap lentur.

2. Pemanasan sebelum melakukan kegiatan berat, atau latihan


Ketika akan memulai latihan, atau mungkin kegiatan berat yang melibatkan tubuh, maka penari akan melakukan pemanasan dengan baik. Berbagai gerakan yang dilakukan ditujukan menghindari cedera ketika melakukan latihan atau kegiatan yang melibatkan fisik. Di samping itu, pemanasan ini juga ditujukan untuk meningkatkan sekaligus menjaga kelenturan tubuh.

3. Latihan peregangan otot


Hal lain yang kerap dilakukan adalah peregangan otot lengan yang dilakukan setiap hari. Setidaknya hal itu dilakukan selama 10 menit dalam satu hari. Untuk hasil terbaik, latihan peregangan otot tersebut dilakukan juga sebelum melakukan latihan keras, atau kegiatan berat yang melibatkan fisik.

4. Latihan rutin


Berikutnya, ada letihan kecil yang rutin dilakukan. Bisa mengulang beberapa gerakan yang pernah dilakukan, atau mungkin menciptakan gerakan baru. Tapi, masih latihan kecil, bukan termasuk latihan yang menjadi makanan sehari-hari.

5. Yoga atau Pilates


Salah satu hal yang kerap dilakukan penari, selain menari ialah yoga. Yoga ditujukan untuk pembentukan postur tubuh, kekuatan otot, dan juga kelenturan. Itulah kenapa yoga menjadi pilihan utama bagi para penari untuk menjaga dan meningkatkan kelenturan tubuhnya.

Pilihan berikutnya selain yoga adalah pilates. Pilates memang cukup mirip dengan yoga, namun tujuan lain dari pilates ialah keseimbangan dan kekuatan. Di samping itu, juga kesehatan menjadi tujuan utama dari pilates. Pilates yang melatih penyatuan tubuh dan pikiran mesti menjadi latihan sehari-hari bagi penari, di samping berlatih menari tentunya.

6. Berjemur di pagi hari


Lentur dan kuat membutuhkan tulang yang kuat. Oleh karena itu, sangat penting bagi para penari untuk menjaga kesehatan tulangnya. Itu kenapa, penari membutuhkan vitamin D yang datang dari sinar matahari pagi. Kesehatan tulang mutlak dibutuhkan oleh penari agar tetap bisa menjaga kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuhnya.

Bagaimana bila ternyata asupan vitamin D masih kurang? Anda bisa mempertimbangkan untuk minum suplemen vitamin D yang bisa menunjang kinerja Anda. Salah satu yang direkomendasikan adalah D3-1000 yang merupakan suplemen vitamin D bagi Anda yang butuh asupan vitamin D lebih banyak.

D3-1000 ini bisa Anda dapatkan di toko online kesehatan terpercaya. Jadi, yuk tetap jaga kelenturan tubuh seperti para penari. Semua latihan kecil di atas hanya akan memberi hasil apabila Anda rutin melakukan setiap hari.