10 Pertunjukan Teater Terbaik Broadway Versi Majalah Time -->
close
Pojok Seni
01 June 2021, 6/01/2021 06:30:00 PM WIB
Terbaru 2021-06-01T11:30:00Z
Beritateater

10 Pertunjukan Teater Terbaik Broadway Versi Majalah Time

Advertisement
pertunjukan teater terbaik

PojokSeni.com - Tahun 2019 lalu merupakan masa terakhir pertunjukan teater berlangsung seperti biasanya. Setelah itu, pandemi Covid-19 menerpa banyak negara yang juga berdampak langsung pada pergerakan grup teater di seluruh dunia. Termasuk pula "kota teater-nya Amerika", New York dengan Broadway-nya.


Tahun 2019 lalu, tercatat ada banyak pertunjukan teater terbaik yang digelar di banyak tempat. Dalam daftar ini, ada 10 pertunjukan teater terbaik Broadway yang digelar di tahun 2019 versi majalah Times. 


Semoga setelah artikel ini dirilis, akan ada juga daftar pertunjukan teater terbaik Indonesia yang dibuat oleh media-media besar di Indonesia seperti Tempo, Kompas, dan sebagainya.


Ini 10 pertunjukan teater terbaik Broadway versi majalah Time di tahun 2019 lalu. Apa saja? Simak ulasannnya berikut ini.


10. American Utopia


Berada di urutan ke-10, adalah pertunjukan bertajuk American Utopia yang merupakan pentas sepanjang 90 menit tanpa jeda. Pentas yang disutradarai oleh David Byrne disebut-sebut telah melewati standar tinggi Broadway yang ditetapkan lewat pertunjukan karya Bruce Springsteen di tahun 2017 lalu. David Byrne juga disebut sebagai sutradara dan dramawan yang jenius serta bekerja dengan sepenuh hati, dan memperhatikan setiap aspek dan detail pertunjukannya.


9. The Sound Inside


Peringkat ke-9 dihuni oleh The Sound Inside yang ditulis oleh seorang professor menulis kreatif di Universitas Yale bernama Mary-Louise Parker.


8. True West


Karya penulis besar Sam Sephard dipentaskan lagi dengan membawa seorang aktor kenamaan, Keanu Reeves dan menghasilkan sebuah pentas yang memukau.


7. The Mother


Pentas satu ini berhasil memukau New York, khususnya permainan aktor asal Perancis bernama Isabelle Huppert yang menjadi tokoh utama dalam pentas ini.


6. Antigone


Karya besar Sophocles dipentaskan dengan pendekatan Noh Teater ala Jepang (lengkap dengan bahasa Jepang), juga pendekatan element filosofi Buddhist menjadikan pentas ini begitu berkelas.


5. What the Constitution Means to Me


Karya Heidi Shreck satu ini berhasil menjadi finalis dalam penghargaan Pulitzer Prize tahun 2019. Ketika dipentaskan, drama What the Constitution Means to Me menjadi sebuah pentas komedi yang menganggumkan Broadway.


4. Hadestown


Karya musikal berbasis mitos Greek ini mendapatkan 14 nominasi dalam Tony Awards 2019. Dari 14 nominasi tersebut, 8 di antaranya dimenangkan oleh pentas yang dibintangi oleh Andre De Shields ini.


3. Slave Play 


Di posisi ke-3, dihuni oleh karya penulis Jeremy O Harris bertajuk Slave Play. Karya ini bahkan memberikan terapi kejut bagi penonton Broadway yang menyaksikannya.


2. The Inheritance


Sekumpulan lelaki di New York yang terlalu banyak bicara ternyata membawakan sebuah kisah yang memukau. Karya epik ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu masterpiece tahun 2019 yang menjadikan nama penulisnya, Matthew Lopez menjadi terkemuka.


1. The Lehman Trilogy


Posisi pertama jatuh pada pentas bertajuk The Lehman Trilogy yang menceritakan tentang tiga orang keluarga Lehman. Kakak-beradik Lehman yang jatuh dan bangkit dalam cerita ini justru menjadi semacam komentar pada "American Dream" yang dianggap mereka sangat kacau itu. Pentas yang dimainkan di Park Avenue Armory ini menghadirkan kecanggihan teknologi secara virtual yang menjadikan pentasnya begitu spektakuler. Ditambah dengan kekuatan tiga orang pemain utama yang tetap menjaga daya tahan mereka hingga permainan berakhir.


Itu tadi deretan 10 pertunjukan teater terbaik Broadway tahun 2019 versi majalah Time. Dalam artikel berikutnya, akan diulas pula 10 festival teater terbaik dunia. Jadi, simak terus PojokSeni.com, yah. 

Ads