5 Tips Belajar Desain dengan Photoshop untuk Pemula -->
close
Pojok Seni
02 March 2021, 3/02/2021 02:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-03-01T19:00:00Z
ArtikelGrafis

5 Tips Belajar Desain dengan Photoshop untuk Pemula

Advertisement

Tips Belajar Desain dengan Photoshop untuk Pemula
Tips Belajar Desain dengan Photoshop untuk Pemula

Pojokseni.com - Belajar dengan Photoshop membutuhkan banyak waktu, dan ada banyak hal yang harus diketahui sebelum memulainya. Apalagi jika Photoshop dijadikan media belajar desain untuk pemula.


Karenanya, kita perlu tahu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mendesain pakai Photoshop. Dengan mengetahui apa yang akan dilakukan dan dibutuhkan, maka proses belajar akan jadi lebih mudah.


Ini dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika akan memulai mendesain menggunakan Photoshop.


Kenali tool favoritmu


Panel tool dari Photoshop biasanya berada di sebelah kiri layar. Memang semua panel memang bisa diatur sesuka hati penggunanya.


Ada banyak tools yang harus dikenali dan diketahui fungsinya. Setelah mengetahuinya, kita jadi akan tahu mana tool yang akan sering kita gunakan.


Setelah hal ini kita ketahui, kita bisa mulai mengatur dan menyesuaikan tata letaknya sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengubahnya. Jadi kita bisa mengatur sesuai dengan apa yang sering kita gunakan.


Kenali panel layer


Gunakan Control+Shift+N untuk membuat layer baru. Panel layer yang biasanya ada di sebelah kanan layar bisa sangat efisien dan membantu. Ini akan membantu kita mendesain dengan memperlihatkan hasil akhir dari desainnya.


Panel ini memberikan kamu kontrol akan beberapa pilihan. Mulai dari transparansi, pengisian, warna, dan banyak hal lainnya.


Pertama-tama, kamu mungkin akan menggunakan panel Layer sebagai fungsi dasar, untuk menahan desain dalam layer yang berbeda. Tapi layer lebih dari itu. Karenanya kita perlu mempelajarinya seiring waktu.


Simpan atau Simpan Sebagai?


Save atau Save As? Hal ini penting untuk diketahui. Apalagi perintah ini memberikan pilihan penyimpanan kualitas. Karenanya kita perlu juga untuk tahu beberapa hal:


  • Untuk apa file ini?
  • Di mana akan disimpan?
  • Format apa yang dibutuhkan?
  • Bagaimana cara penyimpanan terbaiknya?


Apakah desain akan digunakan untuk online atau tidak akan jadi indikator penting sebelum menyimpan sebuah desain. Visual untuk online bisa menghilangkan beberapa kualitas tanpa menurunkan kualitasnya. Sementara untuk offline atau cetak, gambar harus disimpan dalam bentuk yang paling sempurna.


Karenanya, ada beberapa pilihan yang harus dipelajari save, save as, dan juga export.


Kalian perlu mengetahui detail tentang ketiga hal ini dan mana yang terbaik untuk dijadikan media menyimpan.


Manfaatkan Preset


Preset bukan hanya bisa diambil dan digunakan dari luar saja. Kita juga bisa membuat preset sendiri dari desain yang kita buat.


Preset memberikan banyak keuntungan. Salah satunya, preset akan jadi jalan keluar saat kita mengalami “mentok” atau kreativitas buntu. 


Jadi, tidak ada salahnya dalam menggunakan preset. Preset sendiri tersedia dalam beberapa fitur. Mulai dari brushes, shapes, patterns, dan banyak lagi. 


Kita juga bisa memberikan filter cepat untuk foto, dan bahkan memberikan elemen abstrak dalam sebuah poster atau brosur.


Untuk melihat ini semua kita hanya perlu pergi ke Edit > Presets > Preset Manager.


Atur Tempat Kerja


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita bisa mengatur workstation atau tempat kerja kita sendiri di Photoshop. 


Hal yang harus dilakukan sebelum belajar adalah mengenal tempat dan fungsi tombol-tombol yang ada di dalamnya.


Jika ingin melakukan A, tools A ada di sebelah sini. Jika ingin melakukan B, tools B ada di sebelah sana. Kita perlu familiar dengan hal ini.


Sehingga kita tidak kehabisan waktu untuk mencari tools yang kita ingin gunakan. Agar mempermudah, kita bisa mengatur dan memindahkan semuanya sesuai dengan keinginan kita.


Artikel ini dipersembahkan oleh: 

Ads