Teater Senyawa Curup Gelar Peluncuran Buku Pelukis & Wanita -->
close
Pojok Seni
22 January 2021, 1/22/2021 03:22:00 AM WIB
Terbaru 2021-01-21T20:37:40Z
BeritaeventMedia Patner

Teater Senyawa Curup Gelar Peluncuran Buku Pelukis & Wanita

Advertisement


pojokseni.com - Memperingati hari ulang tahun di saat pandemi, tidak membuat awak Teater Senyawa Curup, Provinsi Bengkulu patah arang. Meski dengan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah peserta yang dibatasi (hanya 30 orang), grup teater asal Kabupaten Rejanglebong ini menggelar peluncuran buku naskah drama Pelukis & Wanita pada hari Sabtu (30/1/2021) mendatang.


Kegiatan peluncuran buku naskah drama ini dibarengi dengan peresmian logo baru Teater Senyawa Curup yang didesain oleh desainer logo asal kabupaten setempat, Muhammad Adli. Kegiatan diskusi peluncuran buku menghadirkan pembicara yang juga merupakan anggota Teater Senyawa, antara lain Diah Irawati, S.S, M.Pd (penulis, peneliti dan pimpro Teater Senyawa Curup) dan Ikhsan Satria Irianto, M.Sn (aktor dan dramaturg Teater Senyawa Curup).



Selain itu, kegiatan ini juga akan diwarnai dengan pementasan musik puisi oleh lini musik Teater Senyawa, Jong Senyawa serta penampilan dari Teater Petass SMAN 1 Curup.


Tentang Naskah Pelukis & Wanita


Naskah ini ditulis oleh Adhyra Irianto sejak tahun 2006 dan selesai pertama kali (dalam bentuk drama pendek) tahun 2008. Kemudian, naskah ini melewati proses revisi berkali-kali dengan dibantu oleh Diah Irawati (dosen sastra, istri Adhyra Irianto), Ikhsan Satria Irianto (dramaturg), Iswadi Pratama (seniman sutradara Teater Satu Lampung) dan sejumlah nama lainnya.


Naskah ini, sebelum diterbitkan telah melewati uji pentas (uji publik) dan dibawa ke sejumlah kota di Sumatera periode tahun 2019. Setelah mendapatkan masukan dan saran dari sejumlah seniman, sastrawan dan akademisi pasca pertunjukan, naskah ini akhirnya dibukukan berkat dukungan penerbit buku pertama asal Kabupaten Rejang Lebong, Andra Grafika Press. Juga didukung oleh pelukis muda asal Rejang Lebong yang melukis untuk cover, Yusta Ratih serta desainer muda Rejang Lebong, M Adli yang merancang cover buku ini.


Kemudian, juga ada dukungan dari Iswadi Pratama, Ari Pahala Hutabarat (sutradara Komunitas Berkat Yakin, Lampung), Irwan Jamal (akademisi dan sutradara Teater Pictorial asal Bandung) serta Lusi Handayani (peneliti naskah Pelukis & Wanita) yang menuliskan pengantar untuk buku ini.


Testimoni Buku Naskah Drama: Pelukis & Wanita


"Kucuran dialognya serasa berdesing kencang, tapi anehnya terasa tetap renyah. Namun di beberapa bagian, terasa begitu hening dan mengajak untuk berjeda dalam situasi ironi. Inilah lakon yang dikreasikan tanpa berjelas-jelas menonjolkan narasi. Selalu terasa "segar" tanpa memadamkan curiosity-nya".


Edi Suisno (Pengajar Teater, ISI Padangpanjang)


"Teks drama Pelukis&Wanita, sepanjang yang saya amati memang sangat menarik. Penulis seperti ingin membaca sekaligus menangkap tafsir-tafsir publik atas karya itu. Bahwa kehidupan hanya mengulang-ulang rasa, meski peristiwa-peristiwanya berbeda. Pengulangan itu pun tak pernah selesai pada tingkat pemahaman. Ia senantiasa berkembang sesuai zaman."


Fedli Azis (Pimpinan Lembaga Teater Salembayung, Ketua Dewan Kesenian Kota Pekanbaru, Riau)


"Naskah drama Pelukis & Wanita membuat kita mempertanyakan ulang tentang sebuah konsep dari konvensi, ukuran, takaran bahkan keberadaan benda-benda dan segala eksistensinya."


Eka Nusa Pertiwi (Aktris, pendiri Laboratory of Acting, Ketua Suara Teater Nusantara)


Keterangan buku:


  • Penulis: Adhyra Pratama Irianto
  • Pengantar: Iswadi Pratama, Lusi Handayani, Irwan Jamal, Ari Pahala Hutabarat.
  • Penyunting: Diah Irawati, Ikhsan Satria Irianto
  • Produksi: Teater Senyawa Curup
  • Desain Cover: M Adli
  • Lukisan: Yusta Ratih
  • Penerbit: Penerbit Andra Grafika


Harga


  • Harga Rp55.000
  • Pra-pesan: 15 Januari 2021 - 14 Februari 2021
  • Harga pra-pesan: Rp40.000 (belum ongkir)


Cara Pemesanan : 

Ads