Mulai Latihan di Sanggar Selama Pandemi? Ini Mutlak Diperhatikan -->
close
Pojok Seni
15 January 2021, 1/15/2021 02:29:00 AM WIB
Terbaru 2021-01-14T19:37:47Z
Artikel Sponsor

Mulai Latihan di Sanggar Selama Pandemi? Ini Mutlak Diperhatikan

Advertisement

pojokseni.com - Kegiatan berkesenian selama pandemi Covid-19 memang cukup terhambat. Namun, di era normal baru ini, seharusnya latihan yang sudah lama tertunda akibat pandemi sudah bisa digalakkan kembali. Beberapa hal yang wajib dilakukan seperti menghubungi pihak terkait untuk mendapatkan ijin, menghubungi jasa semprot disifektan, menyiapkan perlengkapan seperti masker dan sebagainya.


Sebagaimana tempat berkumpul lainnya, protokol kesehatan juga harus diikuti di setiap sanggar seni yang akan kembali memulai latihan. Karena kalau tidak, bisa-bisa sanggar seni tempat berlatih malah jadi kluster baru penyebaran penyakit berbahaya itu.


Berdasarkan Surat Edaran Nomor HK 02.01/MENKES/216/2020, Kementerian Kesehatan sudah menerapkan aturan yang ketat untuk setiap tempat kerja, tempat umum, tempat usaha hingga sanggar seni yang ingin kembali menggelar latihan seperti sebelum pandemi dimulai.


Pastinya, ada tempat pencucian tangan dengan sabun, serta pastikan penggunaan masker, menjaga jarak dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum ikut latihan. Itu tentunya sudah diketahui banyak orang. Ditambah lagi, sanggar juga harus menyediakan fasilitas masker, tisu, termasuk juga edaran tentang menjaga kesehatan, protokol isolasi mandiri dan sebagainya.


Apalagi yang harus dipatuhi oleh sanggar seni yang akan menggelar proses latihan? Seperti yang diungkapkan sebelumnya bahwa kesehatan dan ruang kerja yang higienis alias bebas dari virus adalah hal yang wajib dipenuhi. Maka dari itu, pengelola sanggar bisa menghubungi jasa semprot disinfektan terpercaya untuk melakukan penyemprotan rutin, setidaknya seminggu sekali.


Setiap anggota sanggar juga harus terus diberikan edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Apabila ada anggota yang kurang fit atau sehat, maka segera minta untuk beristirahat. Jangan dipaksakan untuk latihan.


Apabila ada anggota yang tiba-tiba sakit pasca latihan dengan gejala yang mirip dengan Covid-19, maka harus segera menghubungi pihak terkait. Segera lakukan identifikasi kontak, agar siapa saja yang mendapatkan kontak dengan si sakit dapat segera mendapatkan penanganan.


Meski demikian, dengan mengikuti protokol yang sudah dianjurkan, proses latihan sudah bisa lagi digelar dengan lancar. Bahkan, sudah ada beberapa pementasan baik daring maupun luring yang digelar. Seperti biasa, sebelum memulai pementasan, pastikan tempat pentas dan tempat penonton juga mendapatkan penyemprotan disinfektan. Anda bisa menghubungi jasa semprot disinfektan terpercaya untuk memastikan semuanya berjalan lancar. 


Karena itu, jangan ragu untuk kembali mulai berproses. Tetap ikuti peraturan, dan jangan sampai kreativitas terkekang.

Ads