Beberapa Amalan dan Doa Yang Bisa Dilakukan di Hari Jumat -->
close
Pojok Seni
15 January 2021, 1/15/2021 11:18:00 PM WIB
Terbaru 2021-01-15T16:18:13Z
Artikel Sponsor

Beberapa Amalan dan Doa Yang Bisa Dilakukan di Hari Jumat

Advertisement

Jumat merupakan hari yang istimewa bagi ummat Islam. Keistimewaan hari Jumat ini banyak disampaikan dalam hadits dari Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi wa sallam.


“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin sholat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR. Muslim) 

Selain itu, ada amalan dan doa hari Jumat yang bisa dilakukan dengan nilai tinggi di sisi Allah Subhana wa Ta’ala. 


Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang beberapa amalan serta doa yang dilakukan di hari Jumat sebagai berikut :


  1. Membaca Surat Al Kahfi

Salah amalan di hari Jumat dengan pahala yang cukup besar di sisi Allah Subhana wa Ta’ala adalah membaca surat Al Kahfi. Hal ini telah disampaikan dalam sebuah hadits yang artinya :

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad-Darimi)

Ada riwayat lain yang mengatakan bahwa pahala membaca surat Al Kahfi ini, maka orang tersebut akan disinari cahaya (mendapatkan kebaikan) di antara dua Jumat.  

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya diantara dua Jumat.” (HR. Al-Baihaqi)

  1. Membaca Surat As Sajadah dan Surat Al Insan

Di hari Jumat, Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi wa sallam biasa membaca surat-surat tertentu di dalam Al Quran, diantaranya adalah surat As Sajadah dan surat Al Insan. 

Dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, Nabi Shollallahu ‘Alaihi wa sallam biasa membaca pada sholat Shubuh pada hari Jumat “Alam Tanzil.....” (surat As Sajadah) pada rakaat pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro’ (surat Al Insan) pada rakaat kedua.” (HR. Muslim nomor 880)

  1. Membersihkan Diri Pada Hari Jumat

Pada hari Jumat, kita disunnahkan untuk membersihkan anggota tubuh seperti mandi, mencukur rambut dan menggunting kuku. 

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Imam Syafii dan para ulama mazhab Syafiiyah rahimahullah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan, pen) pada hari Jumat.” (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, 1:287) 

  1. Bersholawat Kepada Nabi Shollallahu ‘Alaihi wa sallam

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Al-Baihaqi 3:249)

  1. Berdoa Pada Hari Jumat

Hari Jumat merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa atau cepat terkabulkan. Sehingga pada hari Jumat, dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Hal ini tercantum dalam sebuah hadits yang artinya :

“Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri sholat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut.” (HR. Bukhari, no. 935 dan Muslim, no. 852).

Dalam berdoa, anda bisa membaca doa apapun yang anda kehendaki, seperti :

Alhamdulillaahi awwali qoblal insyaai wa ihyaa wal-akhiri ba’da fanaail asy-yaai al-‘aliimul ladzi laa yansaa man dzakarahu walaa yanqushu man syakarahu walaa yakhibu man da’aahu walaa yaqtha’u rajaahu.”

Artinya : “Segala puji bagi Allah Yang Awal sebelum penciptaan dan penghidupan. Yang akhir setelah punah semua. Yang Maha Tahu Yang Tak Melupakan orang yang mengingat-Nya, Yang Tidak Merugikan orang yang mensyukuri-Nya. Yang Tidak mengecewakan orang yang memohon pada-Nya, dan Yang tidak memutus harapan orang yang mengharapkan-Nya.”

Ads