Staycation Jakarta, Trend Liburan Kala Pandemi di Ibukota -->
close
Pojok Seni
14 December 2020, 12/14/2020 01:28:00 AM WIB
Terbaru 2020-12-13T18:28:57Z
Artikel Sponsor

Staycation Jakarta, Trend Liburan Kala Pandemi di Ibukota

Advertisement

pojokseni.com - Menjelang liburan panjang akhir tahun 2020 ini tidak bisa disambut dengan liburan ke luar kota oleh warga Jakarta. Tentunya, pandemi dan lonjakan jumlah pasien tertular Corona Virus Disease (Covid) 19 memaksa ibukota harus melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak pertengahan September 2020 lalu. Maka PSBB ini juga yang menjadikan arus masuk dan keluar Jakarta menjadi dibatasi. Namun ada jalan keluar bagi warga Jakarta yang ingin tetap liburan, yakni staycation Jakarta.


Sebelumnya, apa itu staycation Jakarta? Staycation menjadi trend liburan yang begitu terkenal di seluruh dunia ketika pandemi Covid-19 melanda. Staycation adalah istilah baru, gabungan dari stay (tinggal) dan vacation (liburan). Nah, staycation berarti liburan di dalam kota, atau malah di dekat rumah. Tujuannya, tentu untuk tetap bisa berlibur namun menghindari kemungkinan terpapar virus Covid-19.


Sedangkan staycation Jakarta, berarti cara warga ibukota untuk berlibur khususnya di akhir tahun nanti, namun tetap di rumahnya sendiri atau di kotanya sendiri. Biasanya, satu keluarga akan memesan kamar hotel, atau villa untuk berlibur yang jaraknya tidak jauh dari rumah tempat tinggalnya sendiri. Bahkan di luar negeri, ada banyak kebiasaan menarik seperti mengubah halaman belakang menjadi tempat berlibur dan sebagainya.


Bisa dibilang, staycation adalah kombinasi dari keduanya, yakni berada di rumah atau sekitar rumah namun liburan. Apabila rumahnya terlalu sempit, atau kurang menarik untuk menjadi tempat "berlibur" maka banyak orang yang menginap di hotel terdekat dari rumah mereka, yah untuk menghindari kejenuhan selalu berada di rumah.


Staycation Jakarta, berarti mencari hotel yang menyediakan jasa staycation dan memberikan akses untuk satu atau lebih orang berlibur, relaksasi, bersenang-senang dan sebagainya. Keuntungannya adalah adanya peningkatan ekonomi lokal atau sekitar Anda yang selama ini tidak begitu Anda pertimbangan. Keuntungan lainnya adalah, tidak perlu menghabiskan uang untuk tiket pesawat, bus atau transportasi lainnya. Anda bahkan bisa berjalan kaki, naik sepeda motor atau mobil pribadi untuk berlibur.


Tips Staycation Jakarta



Karena tetap dilakukan di rumah, atau dekat rumah maka terkadang Anda masih terus terpikirkan pekerjaan rumah, bukan? Nah, berikut tips agar staycation Anda tetap membuat relax sebagaimana liburan di luar kota.


1. Lupakan Pekerjaan, Baik Pekerjaan Rumah Maupun Kantor 


Ini penting, karena ketika Anda mengingat pekerjaan yang terjadi adalah Anda tidak bakalan tenang dan menikmati liburan Anda. Tentunya, semua hal seperti rapat, email kantor atau malah pergi ke kantor harus Anda batalkan dulu selama 1-2 hari Anda melakukan staycation. Beruntung bila ketika Anda berangkat liburan, semua urusan kantor sudah selesai.


2. Rencanakan Kegiatan, Perhatikan Budget


Jangan karena liburannya di dekat rumah, jadi Anda tidak merencanakan kegiatan yang akan Anda lakukan. Hasilnya, ada banyak hal yang tidak terencana namun menguras budget Anda. Selama pandemi, tentunya lebih berhati-hati dengan pengeluaran uang. Karena sepulang dari liburan justru bisa membuat Anda stress karena kehabisan uang, sedangkan untuk menghasilkan uang lagi cukup sulit karena terkendala pandemi.


3. Bila Keluar Rumah, Cari Hotel Penyedia Jasa Staycation


Selama pandemi, banyak hotel yang menawarkan banyak hal yang menarik, seru sekaligus menyenangkan untuk berlibur di tengah denyut ibukota yang begitu cepat berdetak. Ada banyak penawaran mulai dari berbelanja, kuliner dan tempat nongkrong yang asyik. 


Juga ada beberapa penawaran menarik di hotel bintang 5 yang bisa Anda coba untuk liburan kali ini. Jangan takut karena Anda bisa mempertimbangkan hotel-hotel yang menawarkan staycation Jakarta di beberapa situs penyedia.


4. Lupakan Masalah, Bersenang-senanglah


Ada banyak masalah, kesulitan ini-itu, tidak bisa berkumpul dan sebagainya menimpa Anda selama pandemi. Namun, Anda harus tetap bekerja dan menghidupi keluarga Anda. Karena itu, liburan menjadi salah satu jalan untuk menjaga kewarasan Anda agar ketika awal tahun baru mendatang, semuanya menjadi lebih baik. Jadi, mari rayakan liburan dengan gembira meski di tengah pandemi. Staycation tentunya menjadi jawaban yang tepat untuk Anda.

Ads