Rekomendasi Naskah Drama Lucu Terbaik Karya Dramawan Indonesia -->
close
Pojok Seni
26 November 2020, 11/26/2020 10:00:00 AM WIB
Terbaru 2020-11-26T03:00:03Z
Artikelteater

Rekomendasi Naskah Drama Lucu Terbaik Karya Dramawan Indonesia

Advertisement
Ilustrasi Drama Komedi

pojokseni.com - Mementaskan drama komedi yang sarat makna tentunya bisa memukau penonton. Selain naskah-naskah karya penulis Eropa, karya penulis Indonesia juga sangat menarik untuk dipentaskan. Berikut beberapa rekomendasi naskah drama lucu karya penulis Indonesia.


Ben Go Tun karya Saini KM


Drama Ben Go Tun karya Saini KM menceritakan tentang kisah para pembohong. Pembohong pertama adalah Johan Budiman yang mengaku veteran, padahal hanya seorang pencundang yang berpihak kepada penjajah. Agar kebohongannya terlindungi dan namanya dikenal sebagai pahlawan, Johan Budiman mengundang seorang wartawan. 


Pembohong ke dua adalah wartawan, ia meminta uang yang besar agar berita tentang kisah kepahlawanan dari Johan Budiman bias terbit di media massa. Padahal, wartawan tersebut hanya ingin memeras bapak Johan Budiman saja. Untuk melancarkan rencananya, wartawan dibantu oleh seorang seniman yang juga berbohong kepada bapak Johan Budiman. 


Merasa tertipu, Johan Budiman menyewa dukun untuk mengguna-guna si wartawan. Ternyata, dukun yang didatangkan oleh Johan Budiman juga seorang pembohong.  Akhirnya, semua kebohongan itu terbongkar oleh seseorang yang berpakaian tentara yang mengintrogasi mereka satu per satu. Setelah semua orang mengaku sebagai pembohong, datanglah seorang suster yang mencari pasiennya yang telah kabur. Ternyata, seseorang yang berpakaian tentara itu adalah orang gila yang lari dari rumah sakit jiwa. 

Download naskah drama lucu Ben Go Tun karya Saini KM 


HAH karya Putu Wijaya


Drama HAH karya Putu Wijaya menceritakan tentang seorang perempuan bernama Warni yang ditinggal pergi oleh suaminya yang hilang entah kemana. Sedangkan anak-anaknya bekerja sebagai wanita tuna susila. Pekerjaan yang dipilih oleh anak-anaknya itu diambil atas izin dari Warni agar keluarga mereka dapat tetap menyambung hidup. Sayangnya, pilihan tersebut membuat keluarga Warni menjadi bulan-bulanan dari gunjingan tetangga. 


Di tengah semua kesulitan itu, datanglah kabar bahwa suaminya yang bernama Pian mendapatkan lotere sebesar 1 miliyar. Kabar tersebut langsung tersebar ke seluruh kampung dan membuat para tetangga Warni tiba-tiba menjadi ramah kepada keluarga mereka. Bahkan, Warni dianjurkan untuk mencalonkan diri sebagai lurah di kampungnya. Saat Warni sekeluarga tengah berbahagia, pulahlah sang suami, Pian. 


Ia meminta maaf kepada warni karena ia sekarang terlibat dalam kasus narkoba dan sedang diburu oleh polisi. Pian juga membantah telah mendapatkan lotere 1 miliar. Mendengar semua kebenaran itu, Warni sanggat sedih dan memutuskan untuk minggat dari rumahnya. 


Download naskah drama lucu HAH karya Putu Wijaya


Lena Tak Pulang karya Muram Batubara


Lena Tak Pulang karya Muram Batubara menceritakan tentang seorang anak yang bernama Lena yang pergi dari rumahnya. Kepergian Lena dari rumah dikarenakan orang tuanya yang tidak pernah peduli kepada Lena dan lebih mementingkan uang. Teman-teman dari Lena berkali-kali datang kerumahnya untuk menanyakan apakah Lena sudah pulang atau belum. Sedangkan orang tuanya hanya berdiskusi tentang siapa yang salah dari kepergian Lena.


Setelah lima hari menghilang, akhirnya Lena pulang ke rumahnya. Tanpa memerdulikan orang tuanya, Lena langsung ke meja makan dan makan dengan lahap. Setelah dibujuk oleh ibunya, akhirnya Lena menceritakan alasannya kabur dari rumah. Namun, orang tua Lena tetap bingung dengan apa yang diceritakan oleh anaknya. 


Kemudian datanglah teman-teman Lena yang semakin memperkeruh situasi. Situasi yang kacau membuat Lena semakin menangis. Teman-teman Lena yang takut dan bingung memutuskan untuk kabur dari rumah Lena. Sedangkan orang tua Lena tetap bingung sampai akhir. 


Download naskah drama lucu Lena Tak Pulang karya Muram Batubara


Matahari di Sebuah Jalan Kecil karya Arifin C. Noer


Matahari di Sebuah Jalan Kecil menceritakan tentang warung si Mbok yang berada di pinggir pabrik. Setiap pagi para pekerja dan orang-orang sekitar sarapan dan minum kopi di sana. Disaat para pelanggan ingin membayar, ada seorang pemuda yang dompetnya hilang. Setelah mencari ke berbagai tempat, akhirnya pemuda ingat bahwa dompetnya tertinggal di celana yang ia kenakan kemarin. Saat pemuda meminta izin pulang untuk menjemput dompetnya yang tertinggal, para pekerja menghentikannya. 


Sikap pemuda yang dinilai mencurigakan membuat para pekerja mengintrogasinya bersama-sama. Setelah diintrogasi, pemuda menjadi tidak bedaya dan membuat si mbok menjadi kasihan. Akhirnya, si mbok membiarkan pemuda itu pergi tanpa harus membayar uang makannya. Setelah pemuda pergi, datanglah penjaga malam yang menceritangan tentang berita kemalingan di Desa Pegulen. Ternyata maling yang sedang di cari itu adalah pemuda yang dibiarkan pergi oleh si Mbok.


Download Naskah Drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil karya Arifin C. Noer


Nyonya dan Nyonya karya Montingo Busye


Menceritakan tentang Tuan Tabrin yang memiliki istri yang begitu possesif yang bernama Kiki. Kiki sangat khawatir jika suaminya selingkuh dengan wanita lain, karena itulah Kiki mengekang setiap kegiatan Tuan Tabrin. Pada suatu hari datanglah seorang wanita cantik ke rumah Tuan Tabrin dan mengaku sebagai istri simpanan dari Tuan Tabrin. Kiki yang merasa dikhianati pergi mencari Tuan Tabrin. Keadaan rumah yang kosong dimanfaatkan tamu  untuk mencuri barang-barang berharga dari rumah Tuan Tabrin. 


Saat Kiki pulang kembali ke rumahnya, ia sadar bahwa sifat cemburuannya telah merugikan dirinya dan keluarganya sendiri. Akhirnya Kiki menghilangkan sifat possesifnya dan memutuskan untuk mempercayai suaminya. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Tuan Tabrin untuk benar-benar selingkuh. Setelah perbuatannya terbongkar, Kiki memutuskan melaporkan Tuan Tabrin ke polisi karena korupsi yang telah ia lakukan.


Download naskah Nyonya dan Nyonya karya Motingo Busye

Ads