12 Tari Tradisional Indonesia yang Paling Populer -->
close
Pojok Seni
10 November 2020, 11/10/2020 02:51:00 PM WIB
Terbaru 2020-11-10T07:51:03Z
ArtikelSeni

12 Tari Tradisional Indonesia yang Paling Populer

Advertisement

Ilustrasi tari tradisional Indonesia


pojokseni.com - Indonesia adalah negara yang kaya raya dan adidaya apabila dilihat dari segi seni budayanya. Berjajar pulau-pulau menghadirkan seni dan budaya yang unik dan berbeda-beda. 


Bila sebelumnya PojokSeni memaparkan teater tradisional Indonesia, sekarang giliran tari tradisional Indonesia. Ada 10 tarian tradisional yang begitu populer dan dikenal tidak hanya di Indonesia, tapi bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia.


Berikut 10 tari tradisional Indonesia yang paling populer versi pojokseni.com.


1. Tari Kecak - Bali




Mau tidak mau, tari massal satu ini harus diletakkan di posisi pertama. Siapa yang tidak tahu dengan tari asal Bali satu ini. Tari yang berdasar pada mitologi Hindu ini menghadirkan banyak penari laki-laki yang berteriak "cak-cak" yang bahkan menarik perhatian wisatawan asing.


2. Tari Pendet - Bali



Selanjutnya masih dari pulau yang sama, Bali. Tari Pendet yang khas dengan penari wanita, ekspresi pandangan yang tajam serta gerak yang memukau ini biasanya akan dilengkapi dengan bokor bunga. Tari satu ini menjadi tari untuk menyambut tamu di Bali.


3. Tari Piring -  Sumatera Barat



Siapa yang tidak tahu dengan tarian akrobatik mengayunkan piring tapi tidak jatuh-jatuh ini? Yah, daerah dengan wisata kuliner terpopuler di Indonesia menjadi rumah bagi tarian ini. Penari wanita kadang pria dengan penuh konsentrasi menampilkan tarian yang mengayun-ayunkan piring di tangannya. Tentunya tari piring menjadi salah satu tari yang paling populer di Indonesia.


4. Tari Tor Tor - Sumatera Utara




Dulunya, tari Tor tor adalah tari persembahan untuk leluhur. Sekarang, tari tor-tor ditampilkan di setiap kesempatan, termasuk penyambutan tamu. Gerakan yang khas dengan tangan terangkat ke atas, serta hentak kaki yang begitu memukau. Para penari berbalut kain ulos khas Batak. Tari tor tor tentunya menjadi salah satu tarian terpopuler Indonesia berasal dari Sumatera Utara.


5. Tari Saman - Aceh



Siapa yang tidak mengenal tari saman? Gerakannya mungkin terlihat sederhana, tapi rumit dan butuh keselarasan. Itu artinya, penampilan tari saman apalagi dengan jumlah penari yang banyak membutuhkan latihan yang keras dan rutin.


6. Tari Jaipong - Jawa Barat



Tarian Jaipong menjadi ikon tanah Sunda. Tarian ini begitu terkenal dan bisa dipentaskan sendiri maupun dengan grup. Meski dipentaskan oleh penari wanita namun tari ini menghadirkan karakter yang kuat dan anggun. Itu dikarenakan tarian ini merupakan paduan dari ronggeng dengan pencak silat.


7. Tari Gambyong - Jawa Tengah



Tarian satu ini menghadirkan keanggunan wanita Jawa. Tari ini pertama kali ditarikan di Solo yang kemudian berkembang ke seluruh Jawa Tengah dan Yogyakarta. Geraknya yang anggun dan memikat menjadikan tarian ini begitu dikenal di seluruh Indonesia.


8. Tari Reog - Jawa Timur




Nah, ini salah satu tarian ekstrem di mana penarinya harus mengangkat beban ratusan kilogram menggunakan gigi. Yah, singa barung berhias bulu merak ini sangat berat, jadi jangan coba-coba kalau belum latihan. Di tarian ini juga ada jaran kepang, warok dan tentunya sebagai penutup ada singo barong dengan dadak merak.


9. Tari Leleng - Kalimantan Timur



Tarian khas suku Dayak ini begitu eksotis dengan kostum yang indah, aksesoris yang memukau serta gerakan yang menarik. Tarian asal Kalimantan Timur satu ini juga diiringi dengan musik khas Kalimantan yang eksotis.


10. Tari Yapong - Jakarta



Tari ini bentuknya sebenarnya tampak sempurna, namun dinamis dan juga ekspresif. Tarian khas Betawi ini sekarang menjadi tarian penyambut tamu. Itulah kenapa ekspresi gembira menjadi kekuatan utama dari tari ini.


11. Tari Zapin - Riau



Tari ini biasa ditarikan oleh penari lelaki dan wanita. Tari ini bermuatan dakwah ajaran Islam dan kerap dipentaskan di daerah Riau dan Kepulauan Riau.


12. Tari Gending Sriwijaya - Sumatera Selatan



Tari ini merupakan peninggalan kerajaan kuno Sriwijaya. Dulunya ditarikan ketika Kerajaan Sriwijaya menyambut tamu kenegaraan. Sekarang, tari ini juga digunakan Sumatera Selatan untuk menyambut tamu. Sembilan orang penari wanita yang didandani begitu cantik dan memukau, dipadu dengan alat musik gamelan (gending) menjadikan tarian ini begitu eksotis dan memukau.


Itu 12 di antara tari tradisional yang paling populer di Indonesia. Adakah tarian tradisional dari daerah Anda? Atau, mungkin ada ide tambahan tari lainnya dari daerah Anda yang belum tertulis? Silahkan tuliskan di kolom komentar, yah.

Ads