07 September 2020

author photo

Baca Juga

Tom Hanks, sutradara Steven Spielberg dan Leonardo di Caprio dalam Catch Me If You Can


PojokSeni.com - Selama pandemi, menonton film tentunya bisa menjadi pengusir kebosanan bagi Anda yang berada di rumah saja. Selain menonton film-film baru, ada beberapa film-film lama yang bisa Anda coba saksikan sekali lagi.


Salah satu yang bisa Anda coba saksikan lagi adalah film keluaran Holywood tahun 2002 yang dibintangi duo aktor kenamaan dan pernah meraih Oscar untuk kategori aktor terbaik yakni Leonardo di Caprio dan Tom Hanks.


Tidak hanya itu, ada beberapa alasan lain kenapa Anda harus menonton lagi Catch Me If You Can. Sebelumnya bagi yang sudah pernah menonton tapi lupa bagaimana ceritanya, atau mungkin belum pernah menonton berikut ulasan singkat tentang film kisah nyata dari seorang pegawai FBI bernama Frank William Abagnale Jr ini.


Frank Abagnale Jr diperankan oleh Leonardo di Caprio, merupakan seorang agen FBI yang masih bekerja hingga hari ini. Ia telah dipercaya oleh 500-an bisnis terkemuka di dunia untuk memastikan cek asli atau palsu agar terhindar dari penipuan. Tapi, bukan bagaimana karir Frank yang dikisahkan di film ini, melainkan masa lalu Frank Abagnale Jr yang ternyata penipu ulung dan pemalsu cek nomor 1 di dunia.


Kisah bermula ketika Frank Abagnale yang sakit di penjara Perancis dijemput oleh Agen FBI Carl Hanratty (diperankan Tom Hanks) untuk dibawa ke Amerika. Ternyata Abagnale Jr hanya pura-pura sakit, dan bahkan mencoba kabur. 


Kisahnya kemudian mundur ke saat Frank Abagnale Sr  (Christoper Walken) alias ayahnya mendapatkan penghargaan sebagai pegawai berprestasi. Kisah awal juga menggambarkan betapa berbakatnya Frank Abagnale Sr dan junior dalam hal menipu. Frank Sr bisa memperdaya seorang penjaga toko yang tidak membuka tokonya. Frank Jr yang baru pindah sekolah bahkan berpura-pura menjadi guru baru selama seminggu, awalnya untuk menghindari perundungan. Hebatnya, para siswa lainnya percaya dan belajar di bawah ajaran "guru" palsu tersebut!


Namun kisah kemudian menjadi semakin rumit ketika Frank Sr jatuh bangkrut dan tidak mendapatkan pinjaman dari bank. Tambah buruk lagi ketika istrinya menuntut cerai.


Frank Abagnale Jr yang terpukul dengan keadaan tersebut memilih kabur dari rumah dan mencoba menjalani hidup penuh penipuan dan kepalsuan. Ia berpura-pura menjadi pilot dan berhasil mencairkan gaji pilot sampai ratusan juta dollar. 


Sampai akhirnya kasus itu dipegang oleh Carl Hanratty yang kemudian berusaha keras untuk menangkap Abagnale Jr dengan tangannya sendiri. Ketika menyadari bahwa penipu dengan cek palsu tersebut menyamar jadi pilot, Carl Hanratty segera bergerak dengan mencari ke maskapai.


Hanratty terlambat, karena Abagnale sudah "berubah profesi" menjadi seorang dokter. Carl kembali mengendus bahwa sang penipu sudah menjelma menjadi dokter palsu, namun ia lagi-lagi terlambat. Karena sekarang sang penipu sudah berubah profesi lagi menjadi lawyer.


Berpuluh-puluh cara digunakan Frank Abagnale Jr untuk melarikan diri. Ia melakoni banyak pekerjaan, mulai dari guru, pilot, dokter sampai pengacara. Padahal, ia bahkan cuma tamatan SMA. Sampai akhirnya ia tertangkap di Perancis dan dipenjara di sana.


Ketika sudah dibawa ke Amerika, ternyata hanya Carl Hanratty saja yang sering menjenguk Frank Abagnale Jr. Ayah Frank sudah meninggal dan ibunya sudah memiliki keluarga baru. Ia dan Carl sama-sama kesepian dan akhirnya berteman.


Sampai akhirnya Carl Hanratty menyadari betapa jeniusnya Frank Jr. Frank bahkan bisa mengetahui cek palsu atau asli dalam sekali lihat. Sekaligus mengetahui bahwa cek tersebut dibuat di mana, dengan cara apa dan siapa yang kemungkinan membuat cek palsu tersebut.


Hal itu menjadikan FBI akhirnya merekrut Frank menjadi agen yang khusus menangani masalah penipuan dan cek palsu.


Alasan Kenapa Anda Harus Nonton Lagi Catch Me If You Can



Alasan pertama tentunya betapa menariknya duet dua aktor kenamaan Holywood tersebut beradu akting. Baik di Caprio maupun Tom Hanks sama-sama piawai bermain di perannya masing-masing. Hal itu membuat jalan cerita menjadi semakin menarik diikuti.


Alasan kedua, mengajari Anda untuk lebih berhati-hati terhadap penipuan. Banyak pelajaran dari Frank Abagnale Jr untuk mengenali cek palsu, kemungkinan penipuan dan sebagainya.


Alasan ketiga, Anda ingin melihat bagaimana wajah Frank Abagnale Jr? Tonton saja film ini dan lihat ketika Di Caprio tertangkap oleh polisi Perancis. Yah, kepala polisi Perancis diperankan oleh Frank Abagnale Jr yang asli, loh!


Alasan keempat, film ini mendapatkan banyak ulasan positif dari kritikus film. Mendapatkan rating 7,9 dari IMDB, rating 96% di Rottentomatoes, poin 75 dari Metacritic dan A- dari Cinemascore.


Alasan kelima, film ini diiringi oleh musik yang bagus dan mendukung setiap subtil adegan. Hal itu dibuktikan dengan nominasi Oscar untuk kategori Musik Asli Terbaik.


Alasan keenam, selain Tom Hanks dan Leonardo di Caprio, permainan dari sang "ayah" yang diperankan oleh Christoper Walken juga sangat menarik. Terbukti dari nominasi Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik. 


Alasan ketujuh, film ini disutradarai oleh seorang sutradara terbaik di Holywood (Steven Spielberg) yang tentunya sangat rugi untuk dilewatkan karya-karyanya. Selain telah 3 kali meraih Oscar, Steven Spielberg juga telah menerima penghargaan kehormatan seumur hidup yang tentunya sangat sulit didapatkan oleh "orang biasa". Salah satu karya terbaiknya adalah Saving Private Ryan, Schindiler's List dan Indiana Jones.


Selain itu, Anda tentunya tertarik mencari tahu tentang berita terupdate film dan hiburan untuk mendapatkan daftar film baru untuk ditonton selama pandemi ini. Atau, bisa mengunjungi situs-situs download drama korea untuk sesekali mengisi hiburan dengan romantisme ala Korea.



your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...