08 September 2020

author photo

Baca Juga



PojokSeni.com - Anda sedang ingin menerbitkan buku sendiri? Maka biasanya untuk menghemat biaya, penulis akan mencoba untuk melakukan lay-out sendiri pada naskahnya. 


Sebelum Anda mencetak buku Anda sendiri, maka ketahuilah ada ribuan jenis huruf (font) di Microsoft Word. Selain ada yang sudah dibawa saat aplikasi di-install, masih ada jenis huruf lain yang bisa Anda unduh baik gratis maupun berbayar di internet.


Seandainya naskah Anda sudah siap, selain itu Anda juga sudah menyiapkan dana untuk mencetak sendiri buku Anda (lebih lengkap, silahkan baca Biaya Mencetak Buku Mandiri) berarti waktunya buku Anda disebarluaskan ke masyarakat. Tapi, apa saja pilihan font yang menarik di buku edisi cetak maupun e-book agar terasa menarik di mata pembacanya?


Jenis Font yang Bisa Anda Pertimbangkan


Font menarik tentunya memberikan kesan yang menarik pula. Akan lebih baik bila hurufnya jelas terbaca dan tidak terlalu "meliuk-liuk". Tentunya mata pembaca akan menjadi lelah bila mencoba menghabiskan waktu hanya untuk mengenali huruf apa sebenarnya yang tertulis, lantaran pilihan font yang terlalu ribet.


Tidak hanya itu, misalnya Anda menggunakan font Comic Sans untuk karya yang cenderung "tegas", ternyata justru melemahkan "ketegasan" di karya Anda. Juga Ada yang menggunakan font Times New Roman untuk kisah cinta romantis, nyatanya mengurangi "keromantisan" dalam karya tersebut.


Sebab font tertentu memang diciptakan untuk tema yang tertentu pula. Berikut beberapa jenis font yang bisa Anda pilih untuk karya Anda.


1. Baskerville


Berikut contoh tulisan dengan menggunakan font Baskerville. Yah, Baskerville merupakan font yang didesain untuk karya prosa sastra, cerpen, naskah drama dan sebagainya yang terkesan serius, berat dan dalam.


2. Sabon


Jenis font Sabon terkesan lebih romantis. Maka Anda bisa mempertimbangkan font satu ini untuk tulisan Anda yang menceritakan kisah asmara, cinta, romantika, dan setipenya.


3. Garamond


Font Garamond terkesan lebih tipis, meruncing dan terkesan tajam. Karena itu, huruf ini tentunya akan sangat pas untuk kisah-kisah misteri, aksi, thriller dan hal-hal menakutkan.


4. Candara


Font satu ini terkesan memberikan lekuk namun tidak begitu "meliuk". Jadi, ada ketegasan, dalam hal yang menyenangkan. Tentunya, hal ini akan cocok dengan tulisan sastra seperti puisi.


5. Utopia


Huruf Utopia dikesankan sebagai huruf yang tebal, tegas, lurus, seimbang dan proporsional. Jadinya, seperti menggambarkan harapan dan cita-cita seseorang dalam sebuah keberhasilan dan juga keseriusan. Maka huruf Utopia didesain agar cocok untuk tipe tulisan seperti agama, sosial, politik, sejarah dan setipenya.


6. Caslon


Cenderung tegas, namun memberikan kesan yang "luas" dan "lapang". Tentunya, tulisan yang akan cocok dengan font ini adalah kajian filsafat, kebudayaan, sastra dan setipenya yang membutuhkan wawasan yang luas, kebijaksanaan dan pikiran yang terbuka.


7. Cambria


Dari namanya, memberi kesan yang akademis, bukan? Namanya mirip seperti universitas kenamaan, Cambridge. Yah, tulisan satu ini memang didesain untuk tulisan-tulisan akademik. Tulisan pengetahuan, motivasi, teknologi dan sebagainya juga akan sangat cocok menggunakan font ini.


Nah itu tadi jenis-jenis huruf (font) yang bisa Anda pilih untuk lay out buku Anda. Sudah siap mencetak buku Anda sendiri dan mencari pasar yang tepat untuk Anda sendiri?

your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...