11 September 2020

author photo

Baca Juga


PojokSeni.com - Salihara Art Centre kembali mengundang grup teater di Indonesia untuk ikut dalam Helat Teater 2021 dengan tajuk utama Ulang Alih teater. Helat teater merupakan program rutin dari Salihara yang mengundang berbagai kelompok teater dalam kurun waktu 2 tahun sekali.


Beberapa grup teater yang pernah lolos dalam program ini antara lain Forum Aktor Yogyakarta, Padepokan Seni Madura, Teater Pintu, Teater Gedor serta berbagai grup teater lainnya. Hanya saja, perbedaannya untuk helat teater kali ini digelar di tengah pandemi.


Jadinya, grup teater yang mengikuti dan mendaftarkan karyanya dalam Helat Teater 2021 tahun ini berbentuk video pertunjukan yang akan ditayangkan secara daring. Meski demikian, setiap kelompok yang lulus nantinya tetap akan mendapatkan dana bantuan produksi hingga maksimal Rp25 juta.


Simak beberapa ketentuan dan persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini.


Ketentuan:


1. Semua anggota teater yang diikutkan adalah WNI (dibuktikan dengan kartu tanda penduduk).

2. Sutradara berumur maksimal 35 tahun di akhir tahun 2021 mendatang.

3. Karya yang didaftarkan pernah dipertunjukkan baik secara langsung, maupun daring dalam kurun waktu 2018 hingga 2020.

4. Durasi karya secara keseluruhan adalah 20 menit.

5. Naskah bisa ciptaan, adaptasi, saduran, terjemahan dan sebagainya. 

6. Bila karya tersebut adalah milik pihak lain baik naskah, musik dan sebagainya, maka harus disertai dengan izin pemilik hak cipta yang bersangkutan. Segala hal terkait dengan perizinan tersebut merupakan tanggung jawab grup teater bersangkutan.

7. Karya tidak mengandung SARA, serta tidak dilombakan di tempat lain.

8. Kelompok terpilih mendapatkan dana bantuan produksi mulai dari Rp10 juta sampai maksimal Rp25 juta.

9. Selain mendapatkan bantuan dana produksi, grup teater yang lulus juga akan mendapatkan pendampingan dari dewan kurator (Komunitas Salihara)

10. Bantuan lain yang diberikan adalah promosi dan publisitas acara tersebut.

11. Dari semua yang mengikuti kegiatan ini, dewan juri hanya akan memilih 2- 4 kelompok saja.


Persyaratan


1. Mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan CV kelompok dan CV anggotanya yang terlibat dalam pementasan yang bersangkutan dan RAB (rencana anggaran biaya). Formulir pendaftaran, CV dan RAB produksi bisa diunduh di sini. (Unduh di sini)

2. Mencantumkan surat izin dari pemegang hak cipta bila sutradara/kelompok teater menggunakan karya orang lain (naskah asli atau terjemahan, musik, maupun unsur pementasan yang lain).

3. Melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani oleh pemimpin kelompok atau sutradara di atas kertas bermeterai Rp 6.000 bahwa karya yang diajukan bukan plagiat.

4. Wajib melampirkan konsep karya dan presentasinya di ruang daring.

5. Wajib melampirkan video lengkap pementasan karya.

6. Mengirim seluruh berkas proposal, termasuk rekaman karya ke opencall@salihara.org. Seluruh berkas dikirim dengan subjek Undangan Terbuka Helateater 2021_Nama Kelompok Teater paling lambat 22 November 2020, 23:59 WIB. 

(Contoh rekaman karya bisa dikirim dalam format video MOV, MPEG4 atau MP4 melalui tautan Google Drive atau We Transfer.)


Jadwal pengiriman proposal dibuka mulai dari 4 September hingga 22 November 2020. Sedangkan pengumuman pemenanganya adalah tanggal 11 Desember 2020 mendatang. Waktu pementasan atau pemutaran pentas adalah tanggal 20, 21, 27, dan 28 Maret 2021. Jadi, jangan lupa untuk mengikutkan karya terbaik Anda di kegiatan ini, yah.

your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...