17 June 2020

author photo

Baca Juga

Undangan Terbuka Jejak Virtual Aktor dari Kemdikbud RI

PojokSeni.com - Pelaku seni panggung seni pertunjukan Indonesia diundang untuk mengikuti program Jejak Virtual Aktor dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Semua karya yang masuk akan diseleksi untuk mendapatkan sebanyak 250 karya terpilih yang akan mendapatkan dana apresiasi bantuan produksi sebesar Rp1.800.000.

Selanjutnya, dari 250 karya yang terpilih tersebut akan dipilih lagi 20 karya terbaik yang akan mendapatkan tambahan dana apresiasi sebesar Rp5.000.000. Proses pemilihan tersebut melibatkan lima orang kurator antara lain Nano Riantiarno, Hari Lentho Prasetyo, Luna Kharisma, Koes Yuliadi dan Mahatma Muhammad. Lima orang kurator ini yang akan memilih 250 karya terpilih tersebut, juga 20 karya terbaik.

Jenis karya yang diterima adalah seni tutur (tradisi), monolog dan pantomime. Untuk jenis seni tutur atau seni sastra lisan adalah pertunjukan nusantara yang berbasis teater tutur. Untuk seni tutur atau sastra lisan akan dipilih sebanyak 100 karya, monolog sebanyak 100 karya dan pantomime sebanyak 50 karya.

Karya yang terpilih tersebut akan dilanjutkan dengan melakukan produksi pertunjukan virtual dengan rekaman. Rekaman bisa menggunakan smartphone hingga kamera DSLR. Jenis pengambilan gambar adalah pengambilan gambar tanpa terputus namun tetap mempertimbangkan tata cahaya, dan variasi bidikan lensa. Tata panggung, properti, busana dan sebagainya dibebaskan selama sesuai dengan tema yang dipilih. Khusus untuk karya yang menggunakan bahasa daerah diminta untuk menyertakan terjemahannya ke Bahasa Indonesia.

Karya visual tersebut berdurasi minimal 5 menit dan maksimal 10 menit. Peserta bisa menggunakan musik iringan /bebunyian yang bersumber pada buatan sendiri (orisinil) bukan mengambil dari karya yang sudah ada. Karya tersebut juga asli dan bukan karya plagiat. Karya tersebut juga tidak pernah diikutkan dalam kegiatan lainnya serta belum pernah diunggah secara daring.

Seleksi tahap satu akan diumumkan hasilnya pada tanggal 9 Juli 2020. Peserta yang lolos akan memulai prosesnya pada tanggal 10 hingga 23 Juli 2020. Kemudian di tanggal 10 Agustus 2020 pengumuman tahap dua akan dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa unduh di sini >> Petunjuk teknis Jejak Aktor Virtual 2020. Anda bisa juga memantau terus informasi terbaru di akun instagram @budaya_maju terkait kegiatan atau program Jejak Virtual Aktor ini.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...