Ini Fakta, Anda Mesti Tahu Bahwa Anda Punya Indra Ke-6 yakni Proprioception -->

Ads

Pojok Seni
19 April 2020, 4/19/2020 01:29:00 AM WIB
Terbaru 2020-04-18T18:29:22Z
ArtikelUlasan

Ini Fakta, Anda Mesti Tahu Bahwa Anda Punya Indra Ke-6 yakni Proprioception

Advertisement
Ilustrasi Indra ke-6 Manusia
PojokSeni.com - Kita mengenal istilah pancaindra, alias lima indra utama manusia. Secara biologis, semua manusia nyatanya memiliki indra yang lebih banyak dari itu. Fakta paling penting adalah manusia memiliki indra ke-6!

Itu fakta dan akan dijelaskan secara detail dalam artikel ini. Dan fakta lainnya adalah indra ke-6 tersebut dimiliki oleh semua manusia (mungkin pengecualian bagi yang memiliki kelainan, cacat dan penyakit tertentu). Indra ke-6 ini disebut dengan nama proprioception atau sense of space dan tentunya "indra" yang satu ini berada di balik batok kepala kita, alias OTAK!

Untuk contoh paling simpel, silahkan tutup mata Anda dan sekarang sentuh ujung hidung Anda. Tanpa harus mengintip, atau membuka mata, Anda bisa dengan mudah melakukannya. Faktanya, kenapa di dalam gelap dan mata tertutup, tanpa diarahkan sama sekali Anda bisa dengan mudah menemukan ujung hidung Anda?

Hal yang sama bisa Anda lakukan ketika Anda menyentuh daun telinga, menyentuh pipi dan menyentuh rambut. Meski mata tertutup, namun otak memiliki kemampuan untuk mengenali semua posisi anggota tubuh Anda. Inilah yang disebut para ilmuwan sebagai proprioception ini.

Proprioception ini berhubungan dengan kecerdasan yang dimiliki otak. Semakin cerdas, maka akan semakin banyak variasinya. Anda bisa merasakan gejala fisiologis dalam tubuh Anda sendiri, itu disebut interoreceptor. Sedangkan Anda memiliki kecepatan berlari yang tinggi, keseimbangan yang tinggi, itu disebut mechanoreception.

Ada lagi kemungkinan lain yang lebih "ekstra" dan disebut extrasensory perception. Hal itu memungkinkan Anda menyadari bahwa ada yang mengikuti, atau memperhatikan Anda dari kejauhan. Padahal, Anda sedang fokus dengan sesuatu, namun ada orang yang memperhatikan Anda dari tadi, Anda kemudian menyadarinya dan tiba-tiba tanpa begitu disadari, Anda juga akan melihat orang yang melihat Anda itu.

Sense of Space, Indra ke-6 manusia
Sayangnya, meski dimiliki oleh setiap orang, namun kadar "kemampuan" proprioception bisa terus berkurang bila tidak diasah. Ada juga yang memang kemampuan proprioception sangat kecil karena keturunan, alias diturunkan dari generasi sebelumnya. Seperti yang dirilis dalam New England Journal of Medicine tahun 2016 lalu.

Sedangkan seniman misalnya, untuk proses penciptaan maka diminta untuk terus melatih kepekaan terhadap situasi (sense of space) yang sangat berhubungan dengan indra ke-6 manusia ini. Kepekaan indra yang ini berhubungan dengan merasakan kekuatan tertentu yang didapat tubuh, baik sentuhan maupun hal lainnya yang lebih keras.

Itu penjelasan tentang proprioception yang merupakan indra ke-6 manusia. Hubungannya dengan sense of space dan kegunaannya sangat besar bagi manusia. Bila indra yang lain dilakukan sebagian besar untuk mengenali sekeliling, maka indra yang satu ini bisa digunakan sebagian besar untuk mengenali diri Anda sendiri.