Teater Jengkal Gelar Sayembara Naskah Drama Bertema Cerita Rakyat Provinsi Bengkulu -->
Pojok Seni
02 March 2020, 3/02/2020 01:40:00 PM WIB
Terbaru 2020-03-02T06:40:57Z
eventSastrateater

Teater Jengkal Gelar Sayembara Naskah Drama Bertema Cerita Rakyat Provinsi Bengkulu

Advertisement

pojokseni.com - Sebagai pembuka event Bengkulu Art Festival 2020, Teater Jengkal Bengkulu menggelar Sayembara Penulisan Naskah Drama dengan tema Cerita Rakyat Bengkulu (Folklore).

Sayembara ini ditujukan untuk menggairahkan kembali penulisan naskah drama yang berakar pada folklore di Bengkulu, serta dapat menggali lebih banyak cerita rakyat di Provinsi Bengkulu. Ditambah lagi, kegiatan ini tentunya dapat memberikan peluang bagi penulis naskah drama di Bengkulu untuk meningkatkan kemampuan menulisnya. Serta menambah pembendaharaan naskah bagi pegiat teater di Bengkulu.

Pemenang nantinya akan mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam. Peserta yang ingin mendaftar juga tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Ketua panitia yang juga ketua Teater Jengkal, Dika Putra mengatakan bahwa sayembara penulisan naskah drama ini dibuka untuk seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu yang berminat. Setiap peserta nantinya diwajibkan untuk melampirkan scan/fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Mahasiswa atau kartu pelajar yang masih berlaku, untuk menunjukkan bahwa peserta tersebut memang berada di Provinsi Bengkulu.

"Gaya penulisan bebas dan mengusung tema cerita rakyat Bengkulu, asalkan tidak menyinggung SARA," kata Dika.

Selain itu, naskah tersebut juga merupakan naskah orisinil dari peserta. Apabila ada kecenderungan plagiat, maka peserta akan didiskualifikasi. Selain itu, naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Peserta juga melampirkan surat pernyataan keaslian naskah, dengan tanda tangan di atas materai 6000, untuk memastikan tidak terjadi plagiasi," jelas Dika.

Naskah mulai dikirimkan pada Bulan Maret 2020 hingga minggu kedua Mei 2020. Peserta juga diizinkan menggunakan bahasa daerahnya di dalam naskah, namun dilengkapi dengan glosarium, terjemahan dan catatan kaki untuk menerangkannya.

"Naskah drama yang dibuat mesti memiliki durasi sekitar 1 hingga 1,5 jam," terang Dika.

Aturan Naskah


Dika menerangkan, naskah yang ditulis mesti menggunakan aplikasi Ms Word dengan besaran huruf 12, jenis huruf Times New Roman dan spasi 1,5. Jumlah tokoh yang digunakan dalam naskah setidaknya 5 orang, dan maksimal 15 orang.

"Naskah sebaiknya mencantumkan sinopsis, serta karakter tokoh yang terpisah dari badan naskah. Selain itu, naskah yang diikutkan tidak pernah diikutkan dalam sayembara lainnya, juga belum pernah dipublikasikan atau dipentaskan," tambah Dika.

Naskah tersebut, sambung Dika, sebaiknya juga memberikan unsur keterangan adegan, setting, suasana, musik dan situasi terberi lainnya. Apabila naskah tersebut sudah siap untuk diikutkan dalam sayembara ini, Anda bisa mengirimkannya ke email bengkuluartfestival@gmail.com. Atau, untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi narahubung di nomor 0821-7639-6309.

"Naskah pemenang, juara pertama sampai juara ketiga akan dijadikan naskah wajib lomba drama dalam ajang Bengkulu Art Festival 2020," tutup Dika. (ai/pojokseni.com)