15 February 2020

author photo

Baca Juga

Ilustrasi Data Center
Data center bisa kita umpamakan sebagai sebuah rumah yang menjadi tempat berkumpulnya data-data yang terhubung dari server menuju internet. Bentuknya bisa berupa sebuah hardware, sebuah ruangan, bahkan sebuah gedung. Data center yang merupakan pusat data juga disebut sekumpulan perangkat komputer, ini juga harus menjamin keamanan data yang disimpan secara menyeluruh disamping koneksi yang stabil tanpa terputus dan berkecepatan tinggi sehingga dapat di akses oleh orang banyak.

Pada dasarnya produk ini harus berada pada tempat yang aman, dan terlindungi dari berbaigai ancaman baik itu karena bencana ataupun ketidaksengajaan. Selain itu, pusat data ini juga harus berada di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar dapat bekerja dengan optimal  maka ketahanan pemakainannya lebih lama.

Bagaimana Data Center Bekerja? Ada beberapa tahapan dalam proses transfer data ini yang akan dijabarkan secara singkat, yaitu data yang tersimpan akan disalurkan melalui kabel jaringan ke Internet  Service Providers (ISP), kemudian disalurkan ke masing-masing modem dan router, baru kemudian data dapat diterima oleh komputer-komputer user.

Data center digunakan untuk media penyimpanan server, manajemen dan pengelolaan, hingga penyebaran data dan informasi yang di akses melalui jaringan internet. Untuk keperluan tersebut, tentu lokasinya juga harus dilengkapi dengan perangkat jaringan komputer yang juga terhubung kejaringan internet.

Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai instrumen pengeolahan data yang digunakan sebagai pusat  pengolahan dan pemrosesan data. Bisa kita ibaratkan sebagai sebuah otak atau inti dari semua penyimpanan dan pemrosesan data. Perangkat ini memiliki cakupan jaringan yang sangat luas yaitu mulai dari level nasional atau pun hingga level internasional.

Apa saja kebutuhan perangkat keras dan jaringan komunikasi data? Storage solution dan sambungan komunikasi data lokal dan internasional juga merupakan hal yang sangat penting, karena sebuah data center dituntut untuk terus dapat terhubung dan diakses, serta dapat memiliki infrastruktur yang mendukung untuk menjaga data agar jangan sampai hilang sedikitpun karena apapun.

Tentunya seperti negara lain, infrastuktur pusat data ini di Indonesia sendiri juga harus memenuhi standard kualitas yang di tetapkan, dengan pasokan listrik yang stabil dan lebih baik lagi jika sudah mulai menggunakan energi surya sehingga dapat masukan kedalam tahap green data center.

Apa saja keunggulan menggunakan data center? Banyak perusahaan dilema yang sama, haruskah kita memilih data center eksternal atau menyimpan server kita di tempat?

Keunggulan data center adalah:


Fleksibilitas Tertinggi dengan Data Center Eksternal


Menempatkan server anda di fasilitas penyimpanan data memberikan fleksibilitas tertinggi bagi perusahaan anda. Anda hanya menyediakan ruang anda yang anda butuhkan.

Skalabilitas


Ketika bisnis anda berubah dan tumbuh, kebutuhan IT anda juga dapat berubah. Jika anda memilih ruang server anda sendiri, ada batas kapasitas ruang itu. Ini tidak berlaku untuk Data Center Eksternal.

Konektivitas Maksimum


Tidak seperti ruang server di tempat, pusat data eksternal menyediakan konektivitas kesemua pengguna jaringan. Selain itu, anda dijamin memiliki bandwidth yang sangat tinggi dengan harga yang jauh lebih rendah. Memiliki ruang server di tempat dengan tingkat konektivitas yang sama membutuhkan investasi yang jauh lebih besar.

Lebih Banyak Jaminan dan Lebih Sedikit Risiko


Ini dibangun dan dipelihara sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, yang dihubungkan dengan sertifikat yang diperoleh. Karena pelanggan tidak terlalu terpapar pada segala macam resiko, pusat data dapat menawarkan jaminan uptime yang sangat tinggi.

Efisien Biaya 


Pusat data eksternal memiliki sistem pendinginan dan pemanas yang profesional dan sistem pemadam kebakaran yang canggih. Karena ini adalah bisnis inti mereka, data center eksternal lebih hemat biaya dibandingkan dengan ruang server yang dioperasikan oleh staf IT organisasi sendiri. Kamu dapat mencari layanan data center di NEX.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement