Ini Alasan Kenapa Aksara Jawa Mirip dengan Thailand -->
close
Pojok Seni
10 February 2020, 2/10/2020 02:46:00 PM WIB
Terbaru 2020-02-10T07:46:59Z
Budaya

Ini Alasan Kenapa Aksara Jawa Mirip dengan Thailand

Advertisement
Aksara Jawa

Aksara Thailand
pojokseni.com - Bila dilihat sekilas, aksara Jawa memiliki kemiripan dengan aksara Thailand. Lihat gambar di atas, di mana aksara Jawa dan di bawahnya Aksara Thailand sekilas memiliki kemiripan bentuk.

Faktanya, kedua aksara tersebut adalah satu tipe aksara, yakni berjenis abugida. Abugida alias Alphasyllabary adalah jenis huruf dengan konsonan serta vokal ditulis sebagai satu unit, berdasarkan huruf konsonan. Dengan demikian, huruf Abugida ini tidak memiliki penandaan vokal, kalaupun ado bersifat opsional.

Tidak hanya kesamaan jenis huruf, tapi huruf Jawa dan Thailand ternyata berasal dari huruf yang sama yakni Palawa. Huruf Palawa turunannya menjadi huruf Kawi dan turunannanya lagi menjadi huruf Jawa.
Huruf Palawa

Untuk huruf Thailand, turunannya adalah huruf Palawa, kemudian menjadi huruf Khmer dan selanjutnya menjadi huruf Thailand.

Huruf Palawa adalah produk dari Kebudayaan India Raya, yang terbentang dari Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Kebudayaan India Raya inilah yang membuat tulisan-tulisan di sekitaran lingkungan yang dipengaruhinya memiliki aksara yang mirip.

Bahkan, tulisan atau kitab yang dikarang para mpu dulunya menggunakan aksara Palawa. Huruf Palawa inilah yang kemudian turun menjadi huruf Jawa, juga huruf Thailand. (ai/pojokseni.com) 

Ads