10 February 2020

author photo

Baca Juga

Aksara Jawa

Aksara Thailand
pojokseni.com - Bila dilihat sekilas, aksara Jawa memiliki kemiripan dengan aksara Thailand. Lihat gambar di atas, di mana aksara Jawa dan di bawahnya Aksara Thailand sekilas memiliki kemiripan bentuk.

Faktanya, kedua aksara tersebut adalah satu tipe aksara, yakni berjenis abugida. Abugida alias Alphasyllabary adalah jenis huruf dengan konsonan serta vokal ditulis sebagai satu unit, berdasarkan huruf konsonan. Dengan demikian, huruf Abugida ini tidak memiliki penandaan vokal, kalaupun ado bersifat opsional.

Tidak hanya kesamaan jenis huruf, tapi huruf Jawa dan Thailand ternyata berasal dari huruf yang sama yakni Palawa. Huruf Palawa turunannya menjadi huruf Kawi dan turunannanya lagi menjadi huruf Jawa.
Huruf Palawa

Untuk huruf Thailand, turunannya adalah huruf Palawa, kemudian menjadi huruf Khmer dan selanjutnya menjadi huruf Thailand.

Huruf Palawa adalah produk dari Kebudayaan India Raya, yang terbentang dari Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Kebudayaan India Raya inilah yang membuat tulisan-tulisan di sekitaran lingkungan yang dipengaruhinya memiliki aksara yang mirip.

Bahkan, tulisan atau kitab yang dikarang para mpu dulunya menggunakan aksara Palawa. Huruf Palawa inilah yang kemudian turun menjadi huruf Jawa, juga huruf Thailand. (ai/pojokseni.com) 
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...