Buku Ide Da Vinci Dibeli Bill Gates Rp423 Miliar, Apa Isinya? -->
close
Pojok Seni
08 February 2020, 2/08/2020 11:58:00 PM WIB
Terbaru 2020-02-08T16:58:55Z
BeritaSejarahSeni

Buku Ide Da Vinci Dibeli Bill Gates Rp423 Miliar, Apa Isinya?

Advertisement
Buku catatan Leonardo Da Vinci "Codex Leicester"

pojokseni.com - Beberapa waktu lalu, dunia dikejutkan dengan kabar buku catatan kuno milik Leonardo Da Vinci yang ditebus oleh pendiri Microsoft, Bill Gates dengan mahar 30.8 US$ atau setara dengan Rp423 Miliar.

Tentunya, mengingat buku tersebut adalah milik seorang seniman terbesar dan terjenius yang dimiliki dunia, wajar saja kalau buku catatan kuno itu dihargai ratusan miliar.

Namun, pertanyaannya, apa isi buku tersebut?

Buku tersebut diberi nama Codex Leicester, yang memuat banyak pemikiran Leonardo Da Vinci sekitaran tahun 1480-an, dan dipublikasikan tahun 1510. Bill Gates sendiri sudah lama diketahui sebagai pengagum seniman asal Italia tersebut, sehingga sudah sejak lama mencari karya-karya Da Vinci.

Apa yang membuat lukisan Mona Lisa begitu ternama? Jawaban detailnya ada di catatan yang dibeli Bill Gates tersebut. Intinya, Da Vinci mempelajari otot muka dan ekspresi mata secara detail untuk membuat garis perspektif dalam menciptakan karya tersebut. Hasilnya, detail itu menjadikan lukisan Mona Lisa begitu sempurna.

Bill Gates
Ide-ide lain dari karya dan masterpiece milik Da Vinci juga tertulis di buku catatan tersebut. Itulah sebabnya, Bill Gates menyatakan bahwa ia benar-benar sangat beruntung mendapatkan buku catatan istimewa tersebut.

Ia menjadi tahu persis apa saja yang diungkapkan, serta latar belakang dan proses dari setiap karya yang diciptakan Leonardo Da Vinci. (ai/pojokseni.com)

Ads