09 January 2020

author photo
Sanggar RT 913

pojokseni.com - Sanggar RT 913 (Rengat Teater 913) akan kembali mengadakan pentas tunggal di awal tahun 2020 ini. Setelah sukses melaksanakan Quarta Historia sebagai pentas ke empat, pentas tunggal ke lima yang diusung RT 913 diberi tajuk PENTAPORA yang berarti Pesta Kelima. 

Sejak RT 913 berdiri pada 7 September 2013, telah banyak pementasan telah coba dipentaskan oleh RT 913 seperti Makan, Copet, Singa Podium, Kura-Kura Bekicot, Petang di Taman, Pinangan, Pagi Bening, dan Mega-Mega. RT 913 juga pernah membawakan kabaret berjudul Petualangan si Rina dan Ada Apa dengan Sinta?

Melalui berbagai perlombaan yang diikuti RT 913 pun kerap membawa piala. Akan tetapi, bertahun berdiri RT 913 belum pernah membawakan naskah tradisi dan untuk pertama kalinya dalam PENTAPORA, RT 913 akan mementaskan naskah dengan istana sentris berjudul Teratai Terakhir.

Teratai Terakhir berkisah tentang kisah cinta antara Narasinga dan Dang Purnama. Narasinga adalah salah satu Sultan Kerajaan Indragiri dan Dang Purnama adalah dara termolek di Indragiri. Narasinga yang semula tak dapat melupakan kekasih hatinya di Melaka, jatuh cinta dan akhirnya menikahi Dang Purnama.

Kisah cinta mereka dihiasi dengan cerita bunga teratai yang sedar dulu senantiasa ada di Danau Raja. Akan tetapi, malang tak dapat ditolak. Dang Purnama meninggal meninggal mendahului Narasinga.


Nama Narasinga sendiri diabadikan menjadi nama sebuah jalan di kota Rengat. Dan untuk mengenang Dang Purnama namanya dijadikan nama sebuah gedung di Rengat. Narasinga dan Dang Purnama adalah dua hal yang lekat pada masyarakat Melayu di Rengat.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu mengenai kisah dibalik nama-nama itu. Oleh karena itu, harapan RT 913 adalah bisa mengedukasi masyarakat tentang kisah ini lewat pementasan Teratai Terakhir.

Pementasan ini akan diadakan pada 25 Januari 2020 di Gedung Dang Purnama, Rengat. Suatu tantangan bagi tim produksi untuk mementaskan Teratai Terakhir di gedung ini. Indri Meidina sebagai Pimpinan Produksi juga mengatakan, “Kami perlu tim yang lebih kuat mengingat ini pertama kali, RT 913 membawa naskah tradisi” itulah sebab Indri merekrut 8 tim inti untuk menyelenggarakan pementasan ini yaitu Walmi S., Ridho K., Deri Ramunda., Ravico D., Ega G., dan R.M. Andre.

Teratai Terakhir akan disutradarai oleh Riri Amanda, dengan deretan pelakon yaitu Aditya, R., Lidia S., R.M. Andre., Aldy A., Daffa A., R. Novianti A., Syahfika A., Sandhea K., M. Arief P., Hasan B., R.M. Mauliam, dan Gressia O.

“Semoga dengan diadakannya pementasan ini, ada sesuatu hal yang dibawa pulang oleh para penonton nantinya. Yaitu informasi tentang siapa Narasinga dan Dang Purnama,” tutup Walmi Sholihat, ketua Pelaksana PENTAPORA.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement