21 December 2019

author photo

Baca Juga

Workshop Fotografi oleh Ruang Tumbuh

pojokseni.com - Ruang Tumbuh, sebuah komunitas nirlaba yang bergerak di bidang riset, penciptaan karya seni, dan pemberdayaan masyarakat menggelar Workshop dan pameran fotografi. Kegiatan tersebut berlangsung di SDN 08 Kampung Manggis Padangpanjang. 

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 18 s.d 20 Desember 2019 dibagi ke dalam tiga tahapan: Hari pertama, kegiatan workshop fotografi;  kedua, praktik fotografi; hari ketiga, pameran fotografi. Kegiatan workshop diikuti oleh 30 orang anak SD yang dipilih oleh pihak sekolah dari kelas IV, V, VI. Pada kegiatan workshop, anak-anak diberi pemahaman tentang apa itu fotografi serta langsung mempraktekkan teknik fotografi seperti teknik tentang angle pengambilan gambar (rendah, tinggi, samping, belakang), pencahayaan, serta focus. 

Pada hari kedua, anak-anak diberi kesempatan untuk mengabadikan ibu mereka melalui kamera  HP masing-masing tanpa ibu mereka menyadari tengah difoto. Selanjutnya foto-foto tersebut dicetak dan diberi narasi oleh masing-masing anak. Pada pameran,  ditampilkan karya masing-masing anak sebanyak empat foto  tentang ibu mereka. 

Pameran dibuka langsung oleh Kepala SDN.08, Direktur Artistic Ruang Tumbuh, serta perwakilan dari dinas pendidikan kota Padangpanjang, serta dihadiri oleh semua murid dan orang tua dari setiap anak yang mengikuti pameran. Acara pembukaan juga diramaikan dengan pertunjukan tari dari siswa SDN.08 Kampung Manggis. Pada momen pameran inilah muncul keharuan karena banyak ibu-ibu yang merasa terharu dengan karya foto anak-anak mereka dan narasi yang begitu polos dan menyentuh. 

Alhasil kegiatan workshop dan pameran fotografi “Ibu di Mataku” benar-benar di luar ekspektasi dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pihak sekolah, peserta, dan pihak orang tua yang diundang. Semoga edukasi ini memberikan dampat positif bagi peserta dan para Ibu yang melahirkan anak-anak yang hebat. Selamat Hari Ibu dari Ruang Tumbuh.

Workshop dan Pameran Fotografi

Workshop dan pameran fotografi oleh Ruang Tumbuh

Workshop dan pameran fotografi adalah salah satu program edukasi dan pemberdayaan Ruang Tumbuh. Program ini merupakan respon terhadap revolusi industry 4.0 yang mengandaikan penguasaan teknologi dalam pelbagai dimensinya. Teknologi fotografi hari ini telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. 

Fotografi tidak saja dipakai di ruang public tapi juga masuk ke dalam ruang-ruang-ruang privat. Jika tidak disikapi dengan arif, teknologi dapat berubah menjadi pisau yang bermata dua: memudahkan sekaligus menjerumuskan penggunanya. Workshop dan pameran fotografi kami hadirkan untuk memberikan edukasi penggunaan teknologi gajet secara arif, khususnya kepada anak-anak. 
Kali ini ruang tumbuh mengangkat workshop dan pameran fotografi dengan tema “Ibu di Mataku” dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Demsember. Pada kegiatan workshop, anak-anak diberikan pengetahuan dasar tentang teknik fotografi dan bagaimana menggunakan fotografi untuk merekam momen-momen mereka bersama Ibu sebagai sosok terpenting dalam kehidupan mereka. 

Melalui kegiatan ini, anak-anak belajar menggunakan HP untuk hal yang positif, yaitu mengabadikan Ibu mereka dalam bentuk rekaman fotografis. Rekaman inilah yang kemudian dipamerankan.  

Sekilas Tentang Ruang Tumbuh

Salahsatu hasil fotografi yang dipamerkan

Ruang tumbuh adalah sebuah komunitas nirlaba yang bergerak di bidang riset, penciptaan karya seni, dan pemberdayaan masyarakat, dengan misi antara lain: mengembangkan penelitian dan penciptaan karya seni, mengembangkan wacana kritis tentang seni, menjalin kerjasama dalam pengembangan seni dengan berbagai stakeholders, mempublikasikan riset dan karya seni, dan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam bentuk workshop, diskusi dan pelatihan. 

Komunitas ini didirikan oleh sejumlah anak muda yang memiliki latar belakang pendidikan seni yang memiliki kesadaran untuk membawa seni ke ruang-ruang publik melalui edukasi dan pemberdayaan. Penanggung jawab acara ini adalah Direktur Program Ruang Tumbuh, Frisdo Ekardo, sementara Direktur Ruang Tumbuh adalah Dr. Roza Muliati, dan Direktur Artistik Sherli Novalinda. (isi/ai/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...