13 October 2019

author photo

pojokseni.com - Pernah dengar istilah Live Commerce? Yah, istilah ini baru saja digunakan untuk pengembangan dan revolusi e-commerce. Memasuki era 4.0 ini, tentu persaingan sudah semakin ketat. Persaingan antar -commerce saja sudah begitu ketat, tentu Anda perlu cara baru untuk menjadikan bisnis Anda semakin lancar, bukan?

Live Commerce merupakan istilah penggabungan antara e-commerce dengan video streaming. Bayangkan kondisinya seperti ini, bila Anda menginginkan barang tertentu, Anda akan segera mencari barang yang Anda inginkan di e-commerce, atau toko online/daring. Setelah mendapat satu atau dua produk yang Anda perlukan, selanjutnya Anda akan mencari review baik berbentuk tulisan, maupun video. Nah, akhir-akhir ini, review dari influencer berbentuk video merupakan yang paling dicari, karena calon konsumen dapat melihat langsung kondisi, kualitas serta hal-hal lain terkait barang yang diinginkan.

Live Commerce menggabungkan kedua hal tersebut. Anda bisa mencari barang dengan langsung melihat reviewnya via live video streaming. Maka, Live Commerce menawarkan hal yang baru, yang sebelumnya belum ada di e-commerce. Dengan ponsel atau gawai di tangan Anda, Anda bisa meyakinkan diri sekaligus konsumen Anda (apabila Anda penjual barang), tentang kualitas dari barang Anda tersebut.

Membuka Lowongan Pekerjaan Baru


Dengan adanya Live Commerce, tentunya sebagai penjual Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagaimana toko daring lainnya. Keuntungan tersebut tergantung apakah barang Anda benar-benar berkualitas, sehingga reviewer produk Anda juga memuji dan merekomendasi produk tersebut.

Kemudian, tidak hanya menawarkan passive income bagi seller, maupun agen saja, tapi Live Commerce membuka peluang untuk influencer dan streamer untuk mendapatkan peluang pendapatan tambahan. Dengan cara unik berbelanja online, tentunya Live Commerce diprediksi mampu menawarkan kenyamanan yang lebih bagi para konsumen. Konsumen tidka perlu lagi khawatir, karena kualitas produk yang akan dipesannya akan direview terlebih dulu, sebelum memutuskan membeli.

Live Commerce juga membuka peluang adanya interaksi langsung antara penjual dengan pembeli. Tidak hanya lewat chatting, atau kiriman foto, tapi Anda bisa berbicara lewat jalur telepon, dengan bertatapan wajah langsung lewat layar gawai Anda.

Bermunculan Di Berbagai Negara


Awalnya, kemunculan Live Commerce hadir di Tiongkok, Jepang, Korea, Amerika dan berbagai negara lainnya di dunia. Hasilnya positif, seperti berbagai platform situs Live Commerce di negara-negara tersebut, mampu meyakinkan konsumen untuk pembelian langsung di situs itu, tanpa harus melihat review di situs video lainnya.

Kesenjangan antara pelanggan dan penjual, juga pada produk, seakan-akan dipangkas. Jarak yang jauh, tidak menjadi masalah bagi Anda untuk mengetahui kualitas dari produk, termasuk keasliannya. Karena, akan ada seorang reviewer yang akan langsung memberikan detail produk itu pada Anda.


Nah, di Asia Tenggara juga hadir Live Commerce baru yang tentunya menawarkan hal yang menarik bagi penjual, pembeli, influencer, streamer dan juga agen penjual. NOWME, merupakan Live Commerce pertama di Asia Tenggara yang saat ini sudah hadir di Indonesia. Tentunya, NOWME juga datang untuk mendukung kemajuan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM). NOWME sebagai live commerce pertama di Asia Tenggara juga sangat memperhatikan kebutuhan UKM/UMKM di Indonesia, mulai dari edukasi hingga kemitraan. Hal ini sebagai wujud keikutsertaan NOWME menjadi bagian dari gerakan 6 Juta UKM/UMKM Go Digital di tahun 2020.

Selain menjadi penjual, agen, dan tentunya menjadi konsumen, ada peluang bagi Anda yang selama ini terbiasa menjadi influencer, buzzer, streamer dan lain setipenya. Anda bisa mencoba peruntungan dengan hadirnya Live Commerce baru di Indonesia ini untuk mereview produk-produk original. Bila produk tersebut memang berkualitas, tentunya Anda bisa menawarkannya pada konsumen. Jadinya, konsumen tidak perlu khawatir berbelanja online.

Apalagi, dalam waktu dekat NOWME juga akan mengadakan event gathering untuk influencer yang merupakan yang pertama di Indonesia. Penasaran menunggu bagaimana peluang dari Live Commerce pertama di Asia Tenggara ini? Tunggu, yah. (as/pojokseni)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement