29 October 2019

author photo

pojokseni.com - Media besar di Inggris, The Telegraph menyebut Ubud Writers and Readers Festival 2019 di Bali sebagai salah satu dari 5 festival sastra terbaik dunia. Setting di Bali daerah perbukitan Ubud, dan menjadi pertemuan antara penulis, sastrawan dan pemikir menjadikan festival satu ini menarik perhatian.

Awalnya, UWRF ini hadir sebagai cara sastra melawan kejadian bom bunuh diri di Bali tahun 2000-an. Hal itu bahkan membuat banyak yang takut ke Bali dan wisatawan menjadi berkurang. Sastra muncul sebagai jawaban, dan acara sastra di Ubud menjadi agenda rutin tahunan sejak saat itu. Rangkaian acara seperti diskusi, hingga workshop (lokakarya) dan banyak acara menarik lainnya membuat The Telegraph menunjuk UWRF sebagai salah satu dari 5 festival sastra terbaik dunia.

Selain UWRF, berikut 4 festival sastra terbaik dunia lainnya, versi The Telegraph.


1. Zee Jaipur Literature Festival, India


Festival sastra yang digelar di Jaipur, India ini bahkan disebut sebagai pesta sastra paling asyik di dunia. Acara yang digelar selama 5 hari ini selalu menyedot animo pecinta sastra dari berbagai belahan dunia. Bahkan, tercatat lebih dari 330 ribu orang akan memadati pesta sastra yang selalu ditutup dengan konser ini.

2. Sidney Writers Festival, Australia


Festival selanjutnya berada di Australia, tepatnya di Kota Sidney. Kota pusat seni di Australia ini mengumpulkan ratusan penulis dari seluruh dunia untuk berpesta sastra dengan rangkaian acara yang juga ratusan jumlahnya.

3. Hay Festival, Wales


Sebuah desa di Brecon Beacons, lengkap dengan tenda, menjadi tempat Hay Festival dan berhasil mendatangkan banyak penulis ternama dan terbaik dari seluruh dunia. Bahkan, karena suksesnya acara ini, festival serupa juga hadir di berbagai negara, seperti Spanyol, Meksiko, Kolumbia dan Peru.

4. Borris House Festival of Writing & Ideas, Irlandia


Lagi-lagi sebuah desa kecil. Tepatnya di Kota Borris, Irlandia, menjadi tuan rumah sebuah acara yang sangat menggembirakan untuk para pecinta sastra. Duduk bersama para sastrawan dan berpesta, -mendiskusikan novel, bernyanyi, hingga berdansa- bahkan Anda mungkin saja bisa duduk di sebelah seorang penulis terkenal di Irlandia ketika menyambangi acara ini.

Demikian, 5 festival sastra terbaik dunia versi The Telegraph. Mana yang sudah pernah Anda kunjungi? (ai/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement