30 August 2019

author photo

Baca Juga


pojokseni.com - Tahun ini, program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan yang dihelat oleh Bakti Budaya Djarum Foundation berkolaborasi dengan Garin Nugroho Foundation kembali digelar.

Apabila Anda memiliki komunitas seni dan siap menggelar pertunjukan kreatif, tuangkan rencana pertunjukan Anda tersebut ke dalam proposal bertajuk "Proposal Art Project Development". Nantinya, akan dipilih sekitar 30 proposal yang akan mendapatkan workshop, mentoring dan pelatihan di Jakarta. Selanjutnya, akan dipilih lagi 10 pertunjukan menarik yang akan dibiayai untuk menggelar pementasan di Galery Indonesia Kaya, Jakarta.

Sebelumnya, sebagai roadshow kegiatan ini, digelar sejumlah bincang kreatif di Medan, Cirebon, Manado dan Banjarmasin yang menghadirkan Garin Nugroho, Iswadi Pratama dan sejumlah alumnus ruang kreatif tahun sebelumnya.

Proposal Art Project Development yang diajukan tersebut mesti berfokus pada kesenian budaya lokal dan kreatif, inovatif serta menarik. Lalu, proposal terpilih akan diumumkan dan 30 orang pimpinan produksi dari komunitas tersebut akan berkumpul di Jakarta dan mendapatkan workshop. Setelah itu, berlanjut ke presentasi (pitching proposal) ide dan karya tersebut. Baru selanjutnya akan dipilih 10 pertunjukan yang akan difasilitasi dan dibiayai.

Setelah mendapatkan keputusan 10 pertunjukan terpilih, maka 10 komunitas tersebut akan menggelar proses produksi selama 3 bulan yang dipandu (mentoring) oleh mentor yang ditunjuk Ruang Kreatif Bakti Budaya Djarum Foundation. Mentor ini tentunya sudah berpengalaman di bidangnya, antara lain Garin Nugroho, Iswadi Pratama (Teater Satu Lampung) dan Ratna Riantiarno (Teater Koma).

Proposal sudah bisa dikirimkan sejak tanggal 6 Agustus lalu, hingga tanggal 6 Oktober 2019 mendatang. Gagasan ide kreatif yang mengandung nilai budaya dan kearifan lokal Indonesia, baik itu tari, musik, teater, sastra dan jenis pertunjukan lainnya.

Proposal yang Anda ajukan harus memuat gambaran latar belakang karya, sinopsis, ide dan konsep kratif, CV 3 orang tim inti, timline produksi, gambaran biaya produksi dan kontak tim. Komunitas Anda bisa mengajukan lebih dari 1 proposal, dan proposal terpilih akan mengikuti workshop manajemen produksi seni pertunjukan tanggal 16 - 20 November 2019.

Tim terpilih mesti diwakili oleh Pimpro yang berusia 17 - 30 tahun, aktif di komunitas seni tersebut dan Warga Negara Indonesia. Sedangkan tim yang dimaksud mesti mempersiapkan masa produksi mulai dari Desember hingga Februari 2020. Pentas akan dilakukan pada bulan Maret 2020.

Berikut info terkait pendaftaran:



  • Proposal di unggah melalui website indonesiakaya.com/ruangkreatif paling lambat 6 Oktober 2019 pukul 23.59 WIB.
  • Informasi lebih lanjut :
  1. Panitia Pelaksana Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2018
  2. E-mail : ruangkreatif@indonesiakaya.com
  3. Facebook : Ruang Kreatif Seni Pertunjukan
  4. Instagram : @ruang.seni.pertunjukan
  5. Contact Person : 081212111709 (Natalia)


  • Pendaftaran tidak dipungut biaya
  • Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 10 November 2018 melalui website, media sosial, dan juga akan disampaikan kepada tim terpilih melalui email, SMS, atau telepon.
  • Keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.


Jadi, mumpung masih ada waktu, yuk masukkan proposal pertunjukan Anda sekarang. (ai/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

RajaBackLink.com

Advertisement

Loading...