10 August 2019

author photo

pojokseni.com - UPT Taman Budaya Jambi, Disparbud Jambi dinilai telah berhasil menggelar iven Temu Teater Se-Sumatera pada tahun 2019, tanggal 2 hingga 4 Agustus 2019 silam. Tidak hanya berhasil mendatangkan grup dari 8 Provinsi di Pulau Sumatera (kecuali Kepulauan Riau dan Bangka Belitung), tapi Taman Budaya Jambi juga dipuji oleh seluruh grup yang berkunjung dan menggelar pementasan di Teater Arena, Taman Budaya Jambi pada perhelatan tersebut.

Baik perwakilan dari Aceh (Prodi Teater ISBI Aceh), Sumatera Utara (Teater Rumah Mata), Sumatera Barat (Komunitas B3Mime), Riau (Teater Salembayung), Sumatera Selatan (Teater Potlot), Bengkulu (Teater Senyawa) hingga Lampung (Teater Satu), semuanya satu pendapat menilai acara Temu Teater Sumatera ini telah berhasil digelar dengan baik. Kelanjutannya, Taman Budaya Jambi diharap dapat terus menggelar kegiatan ini di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Temu Teater Sumatera 2019 Taman Budaya Jambi Hadirkan 9 Pementasan, Ini Daftarnya

"Acara ini memang kami tujukan untuk meningkatkan kerjasama dan silaturahmi antar pegiat seni teater di Sumatera. Tidak hanya itu, Taman Budaya juga mesti menjadi laboratorium seni. Sebenarnya, kami menargetkan 10 provinsi dapat mengirimkan grup teaternya," jelas Didin Sirojudin, Kepala Taman Budaya.

Tahun 2019 ini, Taman Budaya Jambi mengangkat tema Alam Terkembang Menjadi Guru. Dengan tema tersebut, 9 grup dari 8 provinsi menggelar pertunjukan yang merupakan respon atas situasi sosial, alam dan lingkungan yang terjadi di daerah masing-masing. Hasilnya, setiap grup memberikan warna yang berbeda, dan tetap dibanjiri penonton hingga hari ketiga.

"Sebagai kepala Taman Budaya (Jambi), saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan apresiasi dari grup yang datang dan pentas di sini. Selanjutnya, tentu kita akan bicarakan lagi bagaimana bentuk kegiatan selanjutnya dan Teater Arena ini terbuka untuk seniman melakukan pementasan, dengan memenuhi prosedur tertentu," jelas Didin.

Pantauan PojokSeni, lebih dari 3000 orang penonton datang mengunjungi Teater Arena, Taman Budaya Jambi untuk menyaksikan pentas dari 9 komunitas dari 8 Provinsi tersebut. Dari diskusi pasca acara, sejumlah seniman di Sumatera sepakat untuk menciptakan Forum Discussion Grup (FGD) dan acara "Temu Teater Se-Sumatera" menjadi acara milik Taman Budaya Jambi. (ai/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement