30 July 2019

author photo

Diare merupakan salah satu penyakit yang banyak sekali penderitanya. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan penyakit diare. Salah satu hal yang paling penting agar terhindar dari penyakit diare adalah dengan tetap menjaga kebersihan. Balita pun terkadang sering terserang penyakit ini. Tak sedikit orangtua yang sibuk mencari obat muntaber pada bayi saat masa penyembuhan.

Akan tetapi sayangnya, banyak sekali orangtua yang belum mengenal penyakit ini. Padahal penyakit ini termasuk penyakit yang dapat menyiksa anak. Anda perlu mengenal beberapa gejala atau tanda apabila anak anda sedang terserang penyakit diare. Tentu saja hal ini sangat penting agar anda dapat dengan segera mengantisipasi penyakit tersebut. Oleh sebab itu inilah gejala penyakit diare.

Gejala Diare Pada Anak


Gejala umum diare pada anak adalah frekuensi BAB anak anda. Akan tetapi anda juga perlu mengenal gejala lainnya seperti dehidrasi, nafsu makan menurun, muntah, demam, dan mual. Inilah yang merupakan gejala penyakit diare pada anak. Penyebab hal-hal ini antara lain adalah infeksi saluran pencernaan, penggunaan antibiotik atau keracunan pada makanan.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Diare


1. Memberi asupan makanan dan minuman


Saat anak anda terserang diare anda perlu memberikan anak anda asupan makanan dan minuman yang secukupnya. Khususnya pada bayi yang masih menyusui, anda perlu memberikan asupan ASI yang cukup. Hal ini karena anak anda akan dan mungkin sudah kehilangan banyak sekali cairan. Sehingga anda perlu memasukkan asupan lain ke tubuh.

2.  Larutan gula dan garam


Hal lain yang patut anda lakukan saat anak anda terserang penyakit diare adalah dengan memberikan larutan garam. Cara mengolahnya adalah dengan melarutkan satu liter air yang dicampur dengan enak sendok teh gula dan setengah sendok teh garam. Selain itu anda juga dapat memberikan anak anda larutan oralit agar anda lebih mudah menyajikannya.

3. Konsultasi dengan dokter


Apabila diare anak anda berkepanjangan anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan ahlinya seperti dokter. Tentunya dokter memiliki banyak pengalaman dan saran untuk mengobati diare pada anak. Tips lainnya dapat anda cari tahu melalui website https://www.guesehat.com.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement