26 July 2019

author photo

pojokseni.com - Untuk menghindari penggunaan kertas yang berlebihan, maka para penerbit juga sering mengeluarkan produk terbitan mereka dalam bentuk PDF atau e-Book. Maka dari itu, tak jarang pembaca novel sekarang juga telah beralih ke e-book. Tapi, tahukah Anda, terlalu lama menatap layar komputer atau gawai genggam untuk membaca novel, buku dan sebagainya bisa membuat mata kering (dry eye)?

Pertama, Anda tentunya akan menatap layar komputer dalam waktu lama. Hal itu menjadikan terjadi akomodasi pada mata yang terjadi terus menerus. Hasilnya, mata Anda akan segera lelah. Maka, kelanjutannya Anda akan mengalami gangguan astenopia atau mata lelah.

Kedua, tanpa disadari Anda akan lebih jarang berkedip. Hal itu menjadikan mata sepet, mata perih hingga mata pegel.

Ketiga, perlu disadari bahwa mata sepet, mata perih, mata pegel dan mata lelah tersebut akan berujung pada mata kering.

Ketika mata Anda telah menderita mata kering, maka selanjutnya mata akan terus merasa panas, seperti berpasir dan sensitif terhadap sinar matahari. Lebih lanjutnya, akan muncul lendir di sekitaran mata, serta lebih cepat lelah. Tidak hanya sampai disitu, untuk kasus yang lebih berat, Anda akan lebih sulit membuka mata ketika bangun tidur, dan berakhir pada penglihatan Anda akan semakin buram.

Bila Anda sudah sampai dalam kondisi itu, maka melihat layar komputer selama berjam-jam tentunya akan memperparah kondisi mata Anda. Dampak paling buruknya adalah peradangan pada mata, hingga infeksi bakteri.

Tips Menghindari Mata Kering ala Insto Dry Eyes


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari atau meredakan mata kering. Pertama, hindari tempat atau lingkungan yang dapat menyebabkan mata kering dengan menggunakan kacamata. Lingkungan tersebut bisa berupa banyak angin, panas, berdebu dan sebagainya.

Kedua, untuk bekerja atau membaca yang menjadikan Anda menatap layar komputer, maka Anda mesti mempertimbangkan waktunya. Jangan terlalu lama, dan perhatikan waktu untuk istirahat mata.

Ketiga, sebaiknya hindari merokok. Karena, baik asap rokok juga berpotensi membuat mata kering.

Keempat, perbanyak mengonsumsi makanan laut, khususnya ikan seperti tuna, salmon, makarel dan jenis ikan laut lainnya ayng mengandung lemak omega 3. Sebab omega 3 akan membantu memperbaiki kondisi mata Anda, apalagi bila Anda sudah mengalami mata kering.

Kelima, hindari penggunaan softlens. Penggunaan softlens bisa memperparah keadaan mata kering Anda. Apalagi, softlens tersebut digunakan sebagai riasan mata belaka.

Keenam, gunakan tetes mata atau artificial tears untuk menjaga mata tetap lembab. Hal itu tentunya menjadikan mata Anda akan tetap sehat. Tentunya, tetes mata yang digunakan sebaiknya mengandung zat aktif yang mampu melindungi mata Anda dari mata kering, juga mampu melumasi mata Anda dengan baik. Ingat, untuk hal ini, jangan sembarang pilih obat tetes mata.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan Insto Dry Eyes yang merupakan pelumas mata yang menjadikan mata Anda terhindar dari mata kering. Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride. Kedua zat aktif ini sangat baik untuk memberikan pelumasan pada mata sehingga terhindari dari mata kering.

Agar lebih aman, teteskan 1 hingga 2 tetes pada mata Anda, 3 kali satu hari. Jadinya, Anda bisa tetap nyaman membaca atau mengetik di depan layar komputer, namun tetap terhindar dari mata kering. (as/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement