15 July 2019

author photo

Timbulnya sariawan, baik itu di lidah, di bibir dalam, dan pipi bagian dalam. Tentunya hal tersebut bisa membuat anda merasa tidak nyaman. Sehingga membuat anda merasa malas untuk bicara maupun makan, karena rasa pedih yang dirasakan. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan ini? Berikut beberapa cara untuk mengobati sariawan secara alami :

1. Pasta Cabai

Selain enak untuk dibikin sambal, namun ternyata cabai juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Karena pada cabai ini terdaoat kandungan capsaicin yang mampu untuk menyembuhkan sariawan. Caranya penggunaannya adalah dengan dijadikan pasta terlebih dahulu. Untuk membuat pasta cabai, anda perlu mencampur 1 sendok teh cabai bubuk dengan 1 sendok teh air. Lalu gunakan kapas atau cooton bud untuk mengaplikasikannya. Tunggu selama 2 menit sebelum dilepaskan, dan lakukan cara ini beberapa kali. Tentunya saat dioleskan pada area sariawan, rasa panas, perih, serta pedas akan muncul di mulut. Namun hal itulah yang bisa membuat sariawan cepat sembuh.

2. Air Garam

Bumbu dapur ini juga ternyata bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan alkalin yang terkandung dalam agaram bisa mengusir bakteri serta kuman dari luka sariawan. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air, lalu gunakan campuran tersebut untuk dikumur-kumur secara rutin selama 1-2 hari. 

3. Kompres Dengan Teh Chamomile

Ternyata Chamomile juga berfungsi sebagai obat herbal untuk meredakan sariawan. Karena pada chamomile ini terdapat kandungan lovemenol yang bisa mengatasi peradangan seperti sariawan. Selain itu, chamomile ini juga bisa membersihkan racun serta kotoran di mulut. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu membungkus teh chamomile kering  dengan menggunakan handuk lembut. Rendam handuk tersebut dengan menggunakan air dingin selama kurang lebih 5 menit, kemudian angkat. Lalu kompreskan handuk tersebut di bagian yang mengalami sariawan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda bisa melakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

4. Tetesan Minyak Kelapa Atau Minyak Zaitun

Cara lainnya untuk mengatasi sariawan adalah dengan menggunakan tetesan minyak kelapa atau minyak zaitun. Minyak kelapa bisa meredakan peradangan dengan cara melunakkan sariawan serta mencegah bakteri bersarang di mulut. Sedangkan minyak zaitun dapat menyembuhkan peradangan dan menghilangkan kuman serta penyakit di mulut. Untuk menggunakan minyak kelapa, anda bisa langsung meneteskan minyak kelapa murni pada kapas serta menepuk-nepuknya ke area sariawan. Sedangkan jika menggunakan minyak zaitun, anda hanya perlu mencampur beberapa tetes minyak zaitun dengan air mineral, kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu semprotkan pada area yang terkena sariawan.

5. Olesi Dengan Madu Murni

Madu dari jaman dahulu memang terkenal sebagai minuman atau makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Termasuk sangat manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti sariawan.  Karena madu ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Bukan hanya itu, madu juga mengandung bahan alami yang mampu membasmi kuman dan bakteri yang menyebabkan sariawan. Caranya juga sangatlah mudah, anda bisa langsung oleskan madu ke area sariawan. Dan lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

6. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya ini berfungsi untuk membuat sariawan menjadi lebih dingin sehingga rasa sakit dan perih yang dirasakan akan berkurang. Selain itu, gel lidah buaya ini juga mengandung bahan aktif yang bisa membasmi kuman serta bakteri di mulut. Adapaun caranya adalah sebagai berikut : anda tinggal ambil lidah buaya segar, lalu ambil gel-nya dan campurkan dengan air. Kemudian oleskan campuran ini pada area sariawan, biarkan beberapa saat, lalu berkumur.

7. Yoghurt

Cara lainnya untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Karena yoghurt ini memiliki kandungan bahan alami yang bisa melawan bakteri penyebab timbulnya sariawan. Dalam hal ini, bakteri yang ada pada yoghurt akan menjaga sariawan supaya tidak semakin parah. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam yoghurt untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah beberapa cara untuk mengobati sariawan secara alami, semoga artikel ini ada guna dan manfaatnya.
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement