Undangan Terbuka: Yuk, Nonton Pentas "Penjaga Rumah" Oleh Teater Pintu di Salihara -->
close
Pojok Seni
05 April 2019, 4/05/2019 12:59:00 AM WIB
Terbaru 2019-04-04T17:59:08Z
Dramaeventteater

Undangan Terbuka: Yuk, Nonton Pentas "Penjaga Rumah" Oleh Teater Pintu di Salihara

Advertisement


pojokseni.com - Teater Pintu Jakarta dijadwalkan akan mementaskan naskah Harold Pinter bertajuk "The Caretaker" yang diterjemahkan oleh Toto Sudarto Bachtiar menjadi "Penjaga Rumah". Pentas ini digelar dalam rangka Helateater Salihara 2019.

Penjaga Rumah adalah naskah drama karangan Harold Pinter yang menceritakan kisah tiga perempuan yang tinggal di kota metropolitan. Antara lain Lauren, seorang gelandangan namun pandai berbohong dan menjilat, kemudian Karina yang sedikit sakit jiwa, selanjutnya Judith yang selalu misterius dan dingin. Ketiganya diterpa masalah eksistensi masing-masing individu, yang berujung saling mencurigai.

Baca juga: Rekomendasi 4 Naskah Terjemahan yang Pas Untuk Pertunjukan Teater

Oleh Teater Pintu, tiga tokoh pemainnya adalah perempuan, sedangkan di naskah asli Harold Pinter, ketiga tokoh tersebut adalah laki-laki. Teater Pintu berhasil menajamkan masalah psikis dari setiap tokoh yang sama-sama ingin tetap waras menghadapi ancaman yang sebenarnya tengah mengincar mereka.

Pentas ini rencananya akan dipentaskan di Teater Salihara, jalan Salihara no. 16 Pasar Minggu. Sedangkan Teater Pintu yang akan mementaskan karya ini merupakan kelompok teater asal Jakarta yang didirikan oleh beberapa alumnus Jurusan Teater di Institut Kesenian Jakarta. Cikal bakal grup ini pernah mengikuti Parade Teater Kampus Seni Indonesia ke-5 dan mementaskanDebt Collector Kasmaran adaptasi karya Anton Chekov saduran W.S. Rendra dan Perkawinan karya Nikolai Gogol. Mereka juga mementaskan Mainan Kaca karya Tennessee William, The Laundry karya David Guerdon dan Hasrat Terpendam karya Susan Glaspell. (ai/pojokseni)

Ads