10 April 2019

author photo

Baca Juga

pojokseni.com - Sejak zaman Hindu-Buddha, sudah banyak kerajaan termasyur di Nusantara bercorak kedua agama tersebut. Peninggalannya, salah satunya adalah candi-candi yang menjadi andalan  bagi suatu daerah di bidang pariwisata.

Namun, bila Anda diminta untuk menyebutkan nama candi, tentu dua nama candi yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan pasti akan ikut dalam daftar. Masalahnya, candi di Indonesia ada ribuan jumlahnya, bahkan mungkin mencapai puluhribuan. Masa, hanya dua candi itu saja yang dikenal dan sering dikunjungi wisatawan?

Berikut, PojokSeni merekomendasikan 5 candi yang sangat cantik dan bisa menjadi pertimbangan Anda yang ingin berkunjung. Apa saja? Simak di bawah ini.

Rekomendasi Candi Cantik yang tak sepopuler Borobudur


1. Candi Cetho - Solo

Candi Cetho

Candi satu ini terletak di Solo, di lereng Gunung Lawu. Anda bisa mencapai tempat ini hanya dengan menempuh jarak sekitar 40 km dari pusat kota Solo.

Candi ini terletak di ketinggian mencapai 1.500 meter dari permukaan laut. Tidak hanya bentuknya yang cantik, tapi tempat ini juga sangat pas untuk melihat pemandangan matahari terbit. Cuacanya sejuk, pemandangannya juga indah.

2. Candi Gedong Songo - Semarang

Candi Gedong Songo

Candi satu ini merupakan komplek Candi yang sangat indah. Meskipun menggunakan nama "songo" yang berarti sembilan, namun hanya ada lima bangunan candi yang ada di sini. Bentuknya cantik dan eksotis, sehingga sangat pas untuk Anda kunjungi.

3. Candi Sukuh - Karanganyar

Candi Sukuh

Candi satu ini berbentuk unik, mirip piramida suku Aztec. Reliefnya menarik dan tentunya sangat pas untuk dikunjungi. Apalagi, suasana di sekitarnya juga begitu indah. Candi satu ini berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya berada di Desa Berjo, Karanganyar.

4. Candi Plaosan - Yogyakarta

Candi Plaosan

Candi ini letaknya dekat dengan Candi Prambanan. Candi ini juga merupakan kompleks candi yang terdiri dari dua candi besar yang mirip. Bila Anda pernah mendengar ada festival Candi Kembar, maka yang dimaksud adalah Candi Plaosan ini. Dua candi yang mirip tersebut adalah Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

5. Candi Barong - Sleman

Candi Barong

Candi satu ini berada di Dusun Candisari, Sleman. Candi yang didirikan abad ke 9 ini ditujukan untuk pemujaan Dewa Wisnu dan Dewi Sri. Karena ada relief barong di dinding Candi, maka candi ini kemudian disebut Candi Barong.

Nah, dari lima candi tersebut, mana yang pernah Anda kunjungi? Kecantikan alam sekitar, juga keindahan ornamen dari candi-candi tersebut menjadikan Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata Anda.

Selain itu, mari kita sama-sama menjaga aset cagar budaya Indonesia. Agar dapat terus dinikmati dan menjadi warisan bagi generasi penerus Indonesia di masa mendatang. (ai/pojokseni) 
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

RajaBackLink.com

Advertisement

Loading...