Untuk Anak SMA yang Suka Seni, Ikutilah Belajar Bersama Maestro 2019 -->
close
Adhyra Irianto
30 March 2019, 3/30/2019 12:37:00 AM WIB
Terbaru 2019-03-29T17:37:39Z
ArtikelSeni

Untuk Anak SMA yang Suka Seni, Ikutilah Belajar Bersama Maestro 2019

Advertisement


pojokseni.com - Kabar gembira untuk anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh Indonesia, tahun ini kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) yang ditaja oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI tahun 2019 kembali digelar.

Kegiatan BBM ini merupakan wadah yang pas untuk siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses kreatif seorang seniman Indonesia dan langsung bertatap muka atau berinteraksi dengan sang maestro.

Tidak hanya itu, siswa juga dapat memperoleh pelajaran hidup serta pelajaran lainnya baik secara langsung (dari pemaparan maestro) maupun secara tidak langsung (melihat dari kehidupan dan falsafah hidup sang maestro).

Deretan Seniman Keren


Ada deretan nama seniman keren yang ditunjukan sebagai "maestro" dalam kegiatan ini. Berikut nama-nama maestro yang bisa dipilih oleh peserta BBM tahun ini.

1. Maestro Seni Rupa


- Hanafi
- Tisna Sanjaya
- Putu Sutawijaya

2. Maestro Seni Pertunjukan


- Ki Manteb Soedharsono
- Iman Soleh
- Iswadi Pratama
- Bahar Mendu
- Made Sidia

3. Maestro Seni Tari


- Didik Nini Thowok
- Miroto
- Wangi Indriya
- Ni Luh Menek
- Jose Rizal Firdaus

4. Maestro Seni Media


- Fendi Siregar
- Angki Purbandono

5. Maestro Seni Musik


- Djaduk Ferianto
- Irwansyah Harahap
- Ayu Laksmi
- Purwacaraka
- Addie MS


Sekilas tentang BBM


Tahun 2018, tercatat sebanyak 302 siswa dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan ini. Dari jumlah tersebut, sekitar 20-an peserta dikirimkan ke setiap maestro berbeda.

Di tahun tersebut pula, penulis berkesempatan melihat langsung proses BBM di Teater Satu Lampung, yang kebetulan bertemu dengan maestro Iswadi Pratama.

Para siswa tidak hanya dikenalkan dengan sastra dan teater oleh sang maestro. Tapi juga diajak berkenalan dengan seluruh anggota teater tersebut (baik anggota tetap maupun anggota "magang"). Peserta juga diajak bermain, belajar, berlatih sampai berkunjung ke tempat-tempat tertentu dalam proses pembelajaran.

Dari kegiatan itu, peserta mengaku mendapatkan banyak pengalaman, pelajaran dan hal-hal berkesan lainnya. Di akhir BBM, para peserta akan mementaskan sebuah penampilan yang berkaitan dengan disiplin ilmu sang maestro. Khusus untuk di Lampung, maka para siswa akan menampilkan sebuah pertunjukan yang menarik.

Jadinya, mengikuti kegiatan ini tentunya sangat baik dan memberikan banyak pelajaran berharga. Tentu, pelajaran tersebut bisa menjadi modal bagi peserta untuk menjadi seniman atau mempelajari seni di masa depannya. Untuk pendaftaran atau informasi lain terkait kegiatan BBM ini, silahkan kunjungi pranala ini: https://bbm.kemdikbud.go.id (ai/pojokseni)

Ads