Buat Musik Untuk Pertunjukan Teater dengan ASUS ZenBook UX391UA -->
close
Pojok Seni
16 January 2019, 1/16/2019 11:28:00 AM WIB
Terbaru 2019-01-16T04:28:36Z
Artikel Sponsor

Buat Musik Untuk Pertunjukan Teater dengan ASUS ZenBook UX391UA

Advertisement


pojokseni.com - Akhir tahun 2018 ini, Teater Senyawa Curup memiliki jadwal yang cukup padat. Jadinya, liburan diisi dengan pementasan monolog dan pantomime. Mulai dari pentas "Monolog 3 Kamar" karya Iswadi Pratama, sampai pentas Pantomime bertajuk Mime-Sis karya Iman Kurniawan digelar selama liburan akhir tahun.

Tentang pertunjukan teater, salah satu yang perlu disiapkan adalah musik latar (background sound) apalagi untuk pertunjukan pantomime. Kami membutuhkan aplikasi terbaik untuk membuat musik digital, seperti Fruity Loop (FL) Studio, Adobe Audition, Steinberg Cubase dan sebagainya. Tentunya, diperlukan laptop atau PC terbaik untuk mampu menciptakan dan merekam sound yang terbaik. Saat itu, yang kami miliki hanya Notebook ASUS X200M.

Beruntung, salah satu teman kami memiliki laptop ASUS ZenBook S UX391UA. Pertama kali melihat, langsung terpukau dengan laptop yang satu ini, karena bentuknya yang benar-benar tipis, dan sangat ringan. Beratnya hanya 1 kilogram dan tebalnya hanya 12,9 milimeter.

Awalnya, sedikit cemas melihat laptop setipis ini, apalagi cuma laptop pinjaman. Tapi, karena terbuat dari material terbaik, meski tipis tetap kuat. Wajar saja, karena seluruh bagian tubuh laptop ini terbuat dari bahan metal, loh.

Selain portabilitas, juga konektivitasnya tinggi. Ketika dibuka, engselnya yang unik berbeda dengan laptop pada umumnya. Posisi mengetik dan touch pad memudahkan proses kerja. Apalagi,
tampilannya premium dan mewah, langsung kelihatan bahwa laptop ini adalah laptop mahal.


Bagaimana ketika digunakan untuk proses perekaman dan pembuatan musik dengan aplikasi musik terbaik? Apalagi, setiap perekaman membutuhkan memori dengan ruang yang cukup. Dukungan 512GB SSD memory sangat lapang untuk menyimpan apapun yang ingin direkam.

Proses rekaman juga jadi lebih mudah karena laptop ini anti lemot. Wajar saja, diperkuat dengan RAM 16GB serta disematkan Core i7 di wilayah dapur pacu menjadikan laptop ini mampu bergerak dengan kecepatan mencapai 4.0 GHz. Dengan baterai yang bisa mencapai 13,5 jam menjadikan kami bisa bekerja tanpa takut habis baterai di tengah pekerjaan. Bahkan, ketika dicharge ulang, dalam waktu tidak sampai 1 jam sudah nyaris mencapai 80% terisi baterainya.

Biasanya, laptop ketika dipacu bekerja berat, maka akan lebih cepat panas. Tapi, tidak terjadi dengan ASUS ZenBook S UX391UA. Sistem udara dan pendinginannya yang bagus menjadikan laptop ini lebih tangguh bekerja maksimum tanpa panas.

Bagaimana ketika suaranya dihadirkan? Untuk suara laptop tanpa tambahan speaker, dua speaker stereonya sudah menghasilkan suara yang surround dan berkualitas tinggi. Jadinya, tanpa speaker tambahan saja, suaranya sudah sekelas mendengar home theater audio.

"Itu laptop sudah jatuh 4 kali sama anak saya, tapi masih baik-baik saja kinerjanya," kata teman saya tiba-tiba. 

Kami jadi tambah salut. Dengan kinerja yang maksimum dan tanpa gangguan, serta hasilnya yang sangat baik, ternyata itu laptop sudah pernah jatuh dari atas meja sebanyak 4 kali, loh. Sekarang, ketika musik sudah selesai kami buat, sekarang waktunya disimpan di flashdisc. Sekali lagi kami dibuat kagum, karena proses pemindahan file berukuran besar tersebut sangat cepat. Wajar saja, karena ASUS ZenBook S UX391UA diperkuat dengan Thunderbolt 3 yang menjadikan konektivitas USB menjadi sangat cepat, mencapai 40Gbps.

Jadinya, proses pembuatan musik untuk iringan penampilan teater menjadi berjalan dengan baik. Padahal, sejumlah aplikasi terbaik kami gunakan di laptop ASUS ZenBook S UX391UA ini. Sejumlah aplikasi yang kami pakai antara lain Peavey ReValver (untuk amp simulator efek gitar), Adobe Audition, FL Studio dan Steinberg Cubase.

Yah, tapi setelah itu teman kami yang memiliki ASUS ZenBook S UX391UA pulang ke daerahnya di luar provinsi. Karena kemudahan dan kecanggihannya, kami tertarik untuk membeli ASUS ZenBook S UX391UA. Tapi, ternyata harganya cukup tinggi, sekitar Rp 27 juta.

Mudah-mudahan suatu hari nanti, laptop ini bisa kami miliki. Karena, musik bagi pertunjukan teater sangat penting. Pertunjukan teater, baik drama maupun pantomime tentu akan terasa hambar tanpa musik. Dan ASUS ZenBook S UX391UA menjadi salah satu solusi untuk membuat musik digital dengan cepat dan mudah. Nah, pengalaman kami selama liburan yang mengisi waktu dengan pementasan menjadikan laptop ASUS ZenBook S UX391UA sebagai salah satu pengisi daftar wish list teratas yang dibutuhkan grup teater kami. #2019PakaiZenbook


Penulis: Adhy Pratama Irianto

Ads