Sedang Belajar Gitar? Ini Tips Memilih Gitar Sesuai Aliran Musik Berdasarkan Bentuknya -->
close
Pojok Seni
28 November 2018, 11/28/2018 06:39:00 AM WIB
Terbaru 2020-02-27T14:37:19Z
MusikRekomendasi

Sedang Belajar Gitar? Ini Tips Memilih Gitar Sesuai Aliran Musik Berdasarkan Bentuknya

Advertisement


pojokseni.com - Kamu gitaris? Baik pemula, amatir maupun profesional? Nah, kalau kamu adalah orang yang baru belajar gitar, tentunya kamu bingung memilih gitar sesuai dengan aliran musik kamu bukan?

Kebanyakan gitaris profesional memilih gitar memang bukan berdasarkan bentuk gitarnya. Tapi lebih ke karakter sound yang dihasilkan, atau kenyamanan ketika bermain gitar tersebut. Ditambah lagi, beberapa gitaris juga memilih gitar, karena "sehati" dengan merek gitar tersebut.

Bagaimana dengan gitaris yang baru belajar gitar, atau mungkin masih amatir? Apakah sudah bisa memilih gitar berdasarkan karakter suaranya? Apabila masih belum yakin, ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih gitar yang pas dengan aliran yang kamu pilih. Yah, seperti tajuk yang diangkat di atas, kamu bisa memilih gitar berdasarkan bentuknya, untuk disesuaikan dengan aliran musik kamu.

Jangan anggap enteng masalah bentuk gitar, loh. Tahu nggak, para produsen gitar memilih bentuk dari gitar tersebut dengan presisi. Disesuaikan dengan kemungkinan aliran dari gitaris yang memilih gitar tersebut. Tentu, kamu nggak terbayang kan kalau memilih gitar yang bentuknya nggak cocok dengan aliran kamu?

Misalnya, band yang membawakan lagu-lagu dari Ungu atau Noah, atau Wali tapi megang gitar bentuk V, kan aneh yah?

Salah satu cara yang paling pas adalah, ketika melihat gitar tersebut, tentunya kamu akan teringat siapa gitaris yang biasa menggunakan gitar bentuk tersebut? Aliran apa gitaris tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Fender Stratocaster


Ini gitar paling simple, unik namun terkenal di seluruh dunia. Bila memilih Fender Stratocaster, tentunya kamu akan teringat dengan gitaris kidal yang disebut sebagai dewa gitar, Jimmy Hendric. Yah, aliran-aliran soul, jazz, blues dan setipenya mungkin akan cocok memilih gitar ini.

2. Fender Telecaster


Nah, ini satu lagi gitar "legendaris" dan ikonik dari Fender. Fender Telecaster, apalagi yang berwarna kuning, menjadi salah satu gitar yang cukup ternama dan ikonik. Bila melihat gitaris yang paling sering menggunakan gitar ini, tentu kamu akan teringat band beraliran ballad, pop dan punk.

Kenapa punk juga? Tentu, kamu ingat bagaimana sejumlah band punk internasional menggunakan Telecaster bukan?

3. Jaguar


Nah, gitar satu ini juga gitar yang terkenal dengan bentuknya yang khas. Gitaris sekaligus vokalis dan frontman band grunge terkenal dunia, Nirvana menggunakan gitar yang satu ini. Jadinya, kalau kamu adalah gitaris beraliran grunge, gitar Jaguar ini bisa jadi pilihan jitu.

4. Ibanez Explorer


Dari bentuknya yang "jajar genjang" ini, sudah terkesan cadas kan? Jadi, penggemar musik metal dan rock cukup tepat memilih gitar satu ini. Apalagi, gitaris yang sering terlihat menggunakan gitar ini adalah gitaris Metalica, tentu akan lebih cocok bila rocker yang pegang gitar ini, bukan?

5. Gibson Les Paul


Menyebut dan melihat gitar ini, ada satu nama yang paling sering terlintas, yah Slash. Pentolan Guns n Roses ini menggunakan Gibson Les Paul sebagai pilihan utama di sebagian besar panggungnya. Tapi, kamu pasti juga melihat Piyu Padi, menggunakan gitar ini, bukan? Yah, gitaris pop dan rock sama-sama cocok kok pakai Gibson Les Paul.

6. PRS


Nah, lekuk-lekuknya tentu akan cocok dengan berbagai aliran musik, seperti rock, punk, metal, jazz, funk dan sebagainya. Tapi, ingat bagaimana Carlos Santana dengan musik ala-ala latin menggunakan gitar PRS ini? Nah, para penggemar musik dan melodi ala-ala Santana juga cocok pakai gitar satu ini, kok.

7. Manson 


Bentuknya mungkin mirip dengan kebanyakan gitar, tapi teknologi yang disematkan di gitar ini sudah sangat canggih. Ada modulator lagi di bagian paling kanannya. Gunanya untuk menghasilkan bunyi-bunyi aneh dari gitar ini. Nah, mengingatkan kamu pada band Muse yang musiknya futuristik, kan? Jadi, kalau kamu gitaris yang alirannya mirip-mirip band Muse atau setipenya yang futuristik, gitar ini adalah pilihan yang tepat.

8. Yamaha Silent


Melihat gitar yang satu ini, tentu teringat dengan banyak gitaris jazz. Bentuknya memang unik, karena tidak bertabung. Suaranya juga warm, dan dikenal sebagai gitar yang ringan dan tidak berisik. Tentunya, bermain musik jazz, swing atau yang lembut-lembut akan cocok dengan gitar ini. Tapi, akan terlihat aneh kalau ada gitaris metal atau rock pakai gitar Yamaha Silent ini, bukan?

9. Jackson V


Nah, kebanyakan bentuk dari gitar Jackson itu pada cadas-cadas, loh. Seperti bentuk V, dan bentuk-bentuk lainnya yang juga cadas. Jadi, tentunya gitar Jackson adalah pilihan yang pas untuk gitaris metal.

10. Yamaha RGX


Nih gitar yang pas untuk rocker, sekaligus gitaris metal. Bentuknya sangar, tapi terkesan futuristik, jadi pas digunakan untuk kamu gitaris kece yang fashionable. Gitar Yamaha RGX tentunya bisa digunakan dalam banyak aliran, khususnya rock.

Dari 10 gitar yang direkomendasikan untuk berbagai jenis aliran musik berdasarkan bentuknya di atas, mana yang jadi pilihanmu? (ai/pojokseni.com)

Ads