Ingin Mendalami Seni Teater? Ini Rekomendasi 5 Sekolah Seni Terbaik Untuk Jurusan Teater -->
close
Pojok Seni
28 November 2018, 11/28/2018 04:55:00 AM WIB
Terbaru 2020-02-27T14:42:09Z
RekomendasiSeniteater

Ingin Mendalami Seni Teater? Ini Rekomendasi 5 Sekolah Seni Terbaik Untuk Jurusan Teater

Advertisement
Ilustrasi teater
pojokseni.com - Menjadi seniman ternyata merupakan sebuah profesi yang mulia, loh. Menghibur, sekaligus menginspirasi, terkadang menggetarkan jiwa orang lain lewat sastra, tarian, lukisan, pementasan teater, dan pertunjukan seni lainnya. Apakah kamu termasuk orang-orang yang ingin mendalami seni secara akademis dan komperehensif?

Apalagi sekarang anak-anak SMA akan menghadapi Ujian Nasional (UN) yang rencananya akan digelar pada bulan April 2018 mendatang. Nah, sebelum saat itu tiba, tentunya para alumnus SMA sudah menentukan ke mana ia akan kuliah, bukan?

Ada beberapa yang sudah mengikuti ekstrakurikuler teater di sekolahnya, dan tertarik untuk kuliah di jurusan teater. Apabila kamu mengira kuliah di jurusan teater adalah untuk menjadi pemain sinetron, atau pemain film, ups tunggu dulu! Kamu justru ditantang untuk mengeksplorasi kemampuan diri di atas panggung. Tentu, sudah pernah menyaksikan pertunjukan teater, bukan? Seperti pementasan Teater Koma di Jakarta misalnya.

Khusus untuk kamu yang ingin mempelajari dan mendalami seni teater, berikut rekomendasi sekolah seni terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Simak yah.

1. Institut Kesenian Jakarta


Ini merupakan perguruan tinggi seni pertama yang memiliki semua jurusan untuk semua bidang studi seni secara lengkap. Perguruan tinggi seni yang satu ini digagas oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin, berawal dari Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta - Institut Kesenian Jakarta (LPKJ -IKJ) dan Pusat Kesenian Jakarta - Taman Ismail Marzuki (PKJ -TIM). Awal pendiriannya, disebabkan pendidikan seni sangat diperlukan agar kota besar dan metropolitan seperti Jakarta dapat lebih hidup dan tidak kering.

Perguruan tinggi yang satu ini juga telah menghasilkan banyak seniman profesional yang ternama di Indonesia. Lulusannya juga banyak berperan aktif membangun kesenian di daerah asalnya masing-masing.

Selain itu, rektor IKJ juga merupakan nama yang beken di sastra Indonesia, yakni Dr. Seno Gumira Ajidarma S.Sn, M.Hum. Selain rektornya, sederet seniman profesional juga dikenal sebagai tenaga pengajar, sebut saja Slamet Rahardjo Djarot di di jurusan teater Program Pasca Sarjana IKJ dan nama-nama lainnya.

Informasi lebih lengkap tentang IKJ bisa kamu akses di situs www.ikj.ac.id

2. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung


Untuk jurusan seni teater atau seni pertunjukan di ISBI Bandung, ada beberapa yang bisa kamu pertimbangkan. Sebab, prodi seni teater ISBI Bandung memiliki banyak pilihan untuk kamu pilih. Misalnya bagi yang suka meneliti maka disarankan mengkhususkan diri ke bidang penelitian/pengkajian seni pertunjukan (skripsi). Ada juga bidang Pemeranan, Penyutradaraan, Penataan Artistik, dan Penulisan Lakon. Tinggal pilih mana yang paling kamu tertarik.

Untuk jurusan teater, kamu pasti tahu nama Saini KM bukan? Yah, seniman senior asal Bandung ini merupakan penggagas yang mengusulkan berdirinya jurusan teater pada tahun 1978 silam. Lebih jelas tentang ISBI Bandung bisa kamu lihat di situs isbi.ac.id.


3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta


ISI Yogyakarta menjadi salah satu sasaran bagi para calon mahasiswa seni, apalagi seni teater. Prodi seni teater ISI Yogyakarta memang memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas yang tinggi, terhadap nilai budaya bangsa, juga memiliki kompetensi di bidang kesenian, baik mengkaji, mencipta, menyaji sampai mengelola pertunjukan atau karya seni teater.

Para lulusan Prodi Seni teater ISI Yogyakarta juga menjelma menjadi sutradara dan aktor berbakat, baik di film maupun membentuk kelompok teater di daerahnya masing-masing. Beberapa di antaranya juga menjadi pegawai di lembaga kebudayaan milik daerah, negara maupun swasta.

Info lebih lengkap terkait ISI Yogyakarta dapat kamu simak di situs isi.ac.id.

4. Institut Seni Indonesia Padangpanjang


Beralih ke pulau Sumatera, salah satu sekolah seni yang bisa kamu pilih bila ingin mendalami seni teater adalah ISI Padangpanjang. Prodi seni teater ISI Padangpanjang memiliki visi menghasilkan lulusan yang berkompetensi, baik secara praktik maupun teoritik di seni teater, loh.

Kompetensi utama di prodi seni teater ISI Padangpanjang adalah kompetensi utama Dramaturgi, Penyutradaraan, dan Pemeranan. Jadinya, dari tiga kompetensi tersebut diharapkan ada 3 jenis seniman teater yang dihasilkan perguruan tinggi ini, antara lain seniman pencipta (sutradara), pengkaji (dramaturg) dan penyaji (aktor).

Informasi terkait perguruan tinggi ini bisa kamu simak di situs www.isi-padangpanjang.ac.id.

5. Institut Seni Indonesia Surakarta


Perguruan tinggi berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah ISI Surakarta yang terletak di Solo, Jawa Tengah. Program studi teaternya memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan yang dapat menciptakan kreatifitas dan keilmuan yang unggul di bidang teater. Lebih dari itu, misi dari prodi seni teater salah satunya adalah mewujukan kehidupan seni teater yang bermutu, serta bertaraf nasional.

Nah, bila kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait jurusan ini, kamu bisa lihat di situs isi-ska.ac.id.

Demikian 5 sekolah seni dengan jurusan teater terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan. Bila kamu tertarik untuk kuliah di jurusan teater, maka lima sekolah tinggi tadi bisa kamu pertimbangkan, yah.

Pertimbangkan juga budget dan kemampuan kamu. Kemampuan budget tentunya diperlukan agar kamu dapat kuliah dan aman membayar uang semesternya, sedangkan kemampuan kamu juga musti diperhatikan agar kamu dapat memilih bidang yang tepat. (ai/pojokseni.com)

Ads