29 November 2018

author photo

Baca Juga

Ilustrasi pementasan teater

"Suara adalah duta besar Anda pada dunia" 
- Norman Hogikiyan

pojokseni.com - Vokal menjadi salah satu kekuatan aktor yang wajib terus diasah, selain pikiran, rasa dan tubuh. Oleh sebab itu, olah vokal di teater menjadi sangat penting. Karena vokal yang merupakan salah satu media pengungkapan ekspresi, sangat dominan untuk menyampaikan cerita, ekspresi, kondisi dan lain sebagainya, khususnya di drama konvensional.

Keterampilan olah vokal menjadi salah satu unsur penting, karena jalannya pementasan drama akan terasa monoton, apabila kekuatan vokal seorang aktor menurun. Tidak hanya sekedar menyalurkan kata-kata, tapi vokal memiliki arti penting dalam menyampaikan arti khusus, informasi terkait karakter dan cerita, dan terpenting vokal juga yang mengendalikan perasaan penonton.

Sebelum berlatih olah vokal, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang aktor, khususnya aktor pemula. Pertama adalah olah nafas dan kesehatan organ bicara agar vokal dan ucapan dapat prima. Untuk ucapan, baik diksi, artikulasi, intonasi, gestikulasi, intonasi dan warna suara dari seorang aktor akan menentukan hasil akhir dari sebuah pementasan.

Menjaga Kekuatan Vokal


Apabila telah berlatih terus, baik berlatih nafas, vokal maupun ucapan, tentunya kekuatan vokal seorang aktor perlu dijaga kualitasnya. Baik berbicara, bernyanyi, sampai bergumam pun, butuh terus dijaga kualitasnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kualitas vokal Anda seperti cukup minum, tidak banyak mengeluarkan vokal yang tidak diperlukan dan mengurangi rokok serta menjaga intensitas dan rutinitas latihan vokal dan olahraga.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mengonsumsi banyak jenis sayuran dan buah untuk menjaga kualitas suara Anda. Apa saja sayuran dan buah yang bisa menjaga kualitas suara? Berikut daftar dan ulasannya:

1. Sayuran dan Buah yang Banyak Mengandung Air


Bagian terpenting dalam menjaga kualitas vokal adalah pita suara. Oleh karena itu, hindari makanan atau minuman yang bisa membuat tenggorokan kering sehingga otot pita suara tertekan. Soda, kopi, alkohol dan kurang minum bisa menjadikan pita suara Anda tertekan.

Nah, untuk jenis sayuran dan buah-buahan yang pertama bisa Anda pilih adalah yang banyak mengandung air. Timun, seledri, dan selada menjadi pilihan sayuran yang tepat untuk Anda. Sedangkan buah-buahan, Anda bisa memilih buah seperti anggur, apel dan persik yang tepat untuk menjaga tenggorokan tetap nyaman. Buah dan sayur yang direkomendasikan di atas adalah jenis yang banyak mengandung air.

2. Sayuran dan Buah yang Baik Untuk Tenggorokan


Beberapa jenis buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tenggorokan. Tentunya, mencegah dan mengobati bila Anda terkena radang tenggorokan, atau tenggorokan kurang nyaman yang dapat mengakibatkan berkurangnya kualitas suara.

Beberapa jenis buah yang sangat baik untuk tenggorokan adalah pisang, nanas, jeruk dan belimbing.

3. Sayuran dan Buah yang Mengandung Vitamin A


Vitamin A memang sangat bagus untuk kesehatan mata. Tapi, perlu diketahui bahwa vitamin A juga sangat bagus untuk menjaga pita suara tetap sehat, loh. Nah, karena itu, Anda perlu banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A. Beberapa contohnya untuk sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin A adalah wortel, dan paprika orange. Sedangkan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A adalah buah aprikot dan belewah.

4. Sayuran dan Buah yang mengandung Vitamin C


Vitamin C selain untuk memperkuat daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ bicara, seperti mulut, bibir, gusi, lidah dan tentunya tenggorokan. Tentunya, jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Tapi, masih banyak jenis buah-buahan lain yang mengandung vitamin C lebih tinggi, loh. Beberapa di antaranya adalah jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, nanas, mangga dan buah naga.


Nah, itulah tadi buah dan sayuran yang bisa Anda pilih untuk menjaga kualitas suara yang lebih baik. Tentunya, latihan rutin juga diperlukan agar kualitas suara tetap terjaga dan mampu menghadirkan pertunjukan yang sempurna. (ai/pojokseni.com)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Advertisement

Loading...