Pilihan Masakan Rumahan Untuk Anda yang Bingung Mau Makan Apa Hari Ini -->
close
Pojok Seni
15 November 2018, 11/15/2018 01:58:00 AM WIB
Terbaru 2018-11-17T16:50:08Z
ArtikelArtikel Sponsor

Pilihan Masakan Rumahan Untuk Anda yang Bingung Mau Makan Apa Hari Ini

Advertisement
Ilustrasi Makan

pojokseni.com - Bosan dengan masakan restoran favorit Anda yang rasaya sudah sangat Anda kenal? Mau makan fastfood tapi takut bikin rusak program diet Anda? Untuk Anda suka bingung mau makan apa hari ini, mungkin ada baiknya Anda kembali ke dapur, dan memasak sendiri menu makan siang Anda.
Tinggal di kota besar dengan kesibukan yang super tinggi memang terkadang membuat Anda jarang sekali masak menu makan Anda sendiri. Selain lebih ekonomis, memasak sendiri juga lebih sehat dan bersih. Masih bingung mau makan apa hari ini? Coba masak masakan “rumahan” yang mudah dibuat tapi rasanya sangat menggugah selera.

1. Nasi goreng


Tidak perlu keahlian khusus untuk membuat masakan yang satu ini. Cukup siapkan nasi dingin, telur, bawang putih dan kecap manis. Untuk tambahan Anda bisa masukan irisan ayam, udang atau daging sapi olahan. Proses memasaknya yang tidak terlalu lama, menjadikan masakan ini cocok menjadi menu makan kapan saja.

2. Telur ceplok


Telur ceplok pasti bisa membangkitkan kenangan masa kecil Anda. Sebutir telur yang diceplok dengan sepenuh hati dihidangkan bersama sepiring nasi hangat akan menjadi menu masakan mudah yang sangat "rumahan" sekali.

3. Tumis sayuran


Masakan sederhana lain yang bisa Anda masak sendiri adalah aneka tumis. Tumis kangkung, tumis sawi atau sayuran lain yang Anda suka. Bumbu yang digunakan pun cukup sederhana, hanya cabai,bawang merah dan bawang putih. Dipadukan dengan lauk tambahan berupa tempe goreng atau ikan asin goreng pasti akan menggugah selera makan Anda.

4. Sayur sup


Salah satu masakan khas rumahan adalah sayur sop. Sayur sop ini selain kaya akan berbagai jenis sayuran juga cukup mudah dalam membuatnya. Bawang merah, bawang putih, merica, kaldu, gula pasir dan garam cukup Anda masak sampai mendidih. Setelah itu masukkan aneka sayur seperti kentang, wortel, kol, macaroni sampai daging ayam sesuai selera Anda.

5. Sayur lodeh


Bumbu untuk memasak sayur lodeh ini juga cukup sederhana. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas dan garam. Masak dengan santan encer hingga mendidih, kemudian Anda bisa masukkan aneka sayuran seperti labu siam, kacang panjang atau terong. Mungkin terlihat sederhana, tapi masakan ini pasti akan mengingatkan Anda pada masakan ibu Anda di rumah.

6. Sayur asem


Mau makan masakan yang segar, dengan perpaduan rasa asam dan manis? Tidak perlu lagi bingung mau makan apa, sudah barang tentu sayur asam akan menjadi pilihan Anda. Cukup rebus bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, lengkuas, sedikit pala, serta asam jawa. Aneka sayur dan jagung manis menambah kesegaran masakan ini. Padukan dengan ikan asin goreng, tahu tempe goreng, serta sambal tomat. Dijamin nafsu makan Anda akan meningkat.

7. Bubur kacang hijau


Untuk Anda yang ingin makan, tapi malas makan nasi. Bubur kacang hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Rebus kacang hijau yang sebelumnya sudah direndam selama 2-3 jam, tambahkan gula palm, gula putih, sedikit garam lalu tunggu sampai kacang hijau pecah merekah. Anda bisa tambahkan santan bila suka dan sedikit tepung maizena yang telah dilarutkan agar sedikit mengental. Aduk agar santan tidak pecah dan tunggu sampai matang. Bubur kacang hijau bisa disajikan hangat saat sarapan, atau dicampurkan es batu saat siang hari yang panas. (ai/sc/pojokseni.com)
x

Ads