Memilih Pakaian yang Tepat untuk Olah Tubuh -->
close
Pojok Seni
10 November 2018, 11/10/2018 02:57:00 AM WIB
Terbaru 2018-11-09T19:57:18Z
Artikel Sponsorteater

Memilih Pakaian yang Tepat untuk Olah Tubuh

Advertisement
Latihan Olah Tubuh


pojokseni.com - Olah tubuh mendapat porsi yang cukup besar dalam seni, khususnya seni teater dan tari. Untuk seni teater misalnya, olah tubuh menjadi hal yang paling dasar dilakukan calon aktor sebelum latihan lainnya. Latihan olah tubuh ditujukan untuk meningkatkan kelenturan serta keluwesan tubuh, sehingga dapat maksimal membawakan karakter, atau peran yang dimainkan.

Olah tubuh berarti latihan tubuh dan latihan ekspresi secara fisik. Saat latihan ini, tentunya fisik akan dilatih agar lebih fleksibel dan ekspresif, juga disiplin dan konsisten. Beberapa grup teater menjadikan berbagai disiplin ilmu olah tubuh lain untuk melatih dasar tubuh bagi anggotanya. Ada beberapa grup yang menjadikan latihan menari sebagai dasarnya, ada juga yang menjadikan silat untuk menjadikan gerakan tubuh yang lentur juga kuat serta disiplin.

Berlatih olah tubuh berarti menguras tenaga fisik. Tentunya, sangat wajar bila latihan yang satu ini akan membuat aktor yang berlatih akan berkeringat dan menghabiskan banyak tenaga. Untuk itu, kali ini Pojok Seni akan memberikan tips memilih pakaian yang paling pas untuk latihan olah tubuh agar hasil latihannya semakin maksimal.

1. Usahakan menggunakan kaos berbahan katun


Ini yang pertama, usahakan Anda menggunakan kaos berbahan katun. Kenapa? Karena katun yang merupakan bahan alami akan menyerap keringat serta menjaga sirkulasi udara dalam tubuh dengan sangat baik. Hasilnya, Anda akan tetap segar, tidak gerah dan juga keringat diserap pakaian dengan baik.

Pementasan teater tubuh

2. Kenakan kaos yang longgar


Ini syarat kedua, pakaian yang Anda gunakan sebaiknya longgar. Hindari menggunakan kaos ketat, apalagi yang melekat benar di tubuh. Sebab, kaos yang terlalu ketat, akan membatasi gerakan Anda serta menjadikan sirkulasi udara di kulit tidak berlangsung dengan baik. Tentunya, Anda akan menjadi mudah gerah.

3. Padukan dengan celana training


Paduan terbaik di bawahnya adalah celana training. Hindari menggunakan celana dasar, apalagi jeans. Apalagi jeans ketat, tentunya akan menjadikan hasil latihan Anda tidak maksimal. Untuk perempuan, hindari menggunakan rok saat latihan.

4. Hindari pakaian berbahan jeans


Seperti sudah disinggung dalam beberapa poin di atas, usahakan hindari pakaian jeans ketika latihan olah tubuh. Celana jeans ketat misalnya, malah meningkatkan resiko iritasi atau lecet pada kulit.

Selain itu, beberapa grup teater, -atau mungkin grup teater Anda juga- memiliki pakaian jenis kaos polos yang dibordir, atau disablon dengan lambang teater sebagai pakaian seragam ketika latihan. Tentu saja hal itu sangat baik, asalkan kaos yang digunakan memenuhi persyaratan di atas.

Atau, bila grup teater Anda sedang ingin mencari kaos polos dengan bahan terbaik untuk kemudian disablon dengan lambang teater, tentunya Anda tidak perlu sulit-sulit lagi. Karena sekarang, beberapa situs, seperti situs polos.co.id misalnya, jual kaos polos yang bisa Anda custom dengan mudah di situsnya.

Nah, kalau sudah siap dengan pakaian latihan Anda, tentunya Anda sudah siap untuk melakukan latihan fisik, bukan? Anda bisa menjadikan tari balet, atau tari jenis lainnya, pencak silat, pantomime dan sebagainya sebagai dasar latihan untuk olah tubuh. (ai/as/pojokseni.com)

Ads