Tempat Latihan Meditasi Aktor Teater yang Tepat


pojokseni.com - Pengendalian emosi yang kuat merupakan bekal yang utama untuk menjadi seorang aktor teater. Dengan kekuatan emosi yang terukur, aktor teater mampu memberikan ilusi terhadap kenyataan sehingga  penonton benar-benar merasakan menonton kehidupan nyata tanpa sadar bahwa yang mereka saksikan adalah sebuah pertunjukan.

Kemampuan menyakinkan penonton tersebut tentunya diperluakan seorang aktor teater guna menyampaikan pesan yang tersirat dari penulis naskah atau sutradara. Kekuatan emosi aktor juga sangat diperlukan untuk menjaga dramatik pertunjukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kekuatan pengendalian emosi seorang aktor menjadi salah satu kunci pertunjukan teater menjadi menarik untuk ditonton.

Pengendalian emosi seorang aktor juga memerlukan latihan yang rutin dan intensif, agar mencapai hasil yang maksimal. Minimnya proses latihan ini menyebabkan kegagalan kendali atas emosi. Kegagalan tersebut dapat dicontohkan ketika seorang aktor tidak mampu merasakan tokoh yang ia perankan. Kegagalan selanjutnya adalah ketika aktor begitu masuk dalam perannya, sehingga aktor tidak mampu mengendalikan tokoh yang ia perankan.

Proses berperan seperti ini sama seperti orang yang sedang kesurupan. Kegagalan-kegagalan berperan akibat tidak terkendalinya emosi tersebut menjadi hal yang fatal jika terjadi pada saat pertunjukan. Karena itulah latihan pengendalian emosi atau yang sering dikenal dengan nama “olah rasa” perlu dilakukan oleh calon aktor teater untuk mempersiapkan dirinya sebagai seorang aktor teater.

Salah satu tahapan dalam proses latihan oleh rasa adalah meditasi. Meditasi adalah menengakan pikiran dan kemudian memusatkannya. Proses latihan ini bertujuan menenangkan dan mengosongkan pikiran untuk memperkuat kestabilan diri. Kestabilan diri tersebut dibutuhkan calon aktor teater agar proses perwujudan tokoh yang akan diperakan tidak terganggu oleh masalah-masalah pribadi yang calon aktor alami.

Meditasi juga menghasilkan kesiapan emosi aktor untuk memasuki tokoh yang akan diperankan. Kestabilan diri inilah yang menjadi langkah awal seorang aktor untuk mencoba mengenali emosinya kemudian mengendalikannya dan pada akhirnya mampu menakarnya sesuai kebutuhan emosi yang diperlukan tokoh yang akan diperankan.

Tempat yang Tenang 


Latihan meditasi tentunya membutuhkan tempat latihan yang sangat tenang, agar proses mengolah rasa tidak terganggu oleh kebisingan dan keributan sekitar. Tidak hanya tempat yang tenang dan sunyi, nuansa alam dan panorama yang asri juga sangat membantu pada proses latihan meditasi. Suara semilir angin, kicauan burung, percik air dan gesekan dedauan memberikan sensasi ketenangan yang luar biasa. Tentunya semua itu sangat berpengaruh dalam membantu tercapainya proses meditasi yang bermanfaat.

Salah satu tempat latihan meditasi yang representatif adalah puncak Bogor. Destinasi wisata alam ini begitu cocok untuk setiap calon aktor yang akan melatih kepekaan rasanya. Tidak hanya itu, puncak Bogor pun juga menawarkan panorama asri yang akan menenangkan suasana hati. Dengan suasana hati yang baik, setiap calon aktor akan menjalani proses latihan yang bermanfaat.

Proses latihan meditasi di puncak Bogor ada baiknya dilakukan sebanyak dua kali dalam satu hari. Pada pagi hari ketika aroma embun masih sangat menyejukkan dan ketika sore hari ketika cahaya lembur senja menenangkan. Agar tidak kesulitan mencari tempat istirahat di sela-sela proses latihan, ada baiknya setiap calon aktor teater yang akan latihan meditasi di Puncak Bogor beristirahat di villa Puncak. (Sewa Villa di Puncak)

Sehingga latihan meditasi yang dijalani tidak terputus emosinya dikarenakan tidak adanya tempat istirahat di lokasi latihan. Sehingga setiap calon aktor atau kelompok teater yang akan melaksanakan latihan meditasi di Puncak Bogor dapat tiba pada sore hari di lokasi, kemudian bermalam sembari beristirahat dan besok paginya dengan kondisi tubuh yang sehat dengan udara yang segar, latihan meditasi dapat dilaksanakan. Atau, Anda juga bisa melakukan latihan di Villa Puncak itu saja.

Setiap calon aktor tentunya tidak perlu takut tentang tempat istirahat, Puncak Bogor menyediakan berbagai villa dengan berbagai penawaran. Sewa vila di Puncak memilki penawaran yang menarik dengan berbagai keinganan dan berbagai kebutuhan. Sehingga proses latihan meditasi tidak terganggung oleh ketakutan tidak adanya sewa vila di puncak Bogor, yang tentu saja penawaran tersebut hanya bisa Anda dapatkan di Puncak Bogor. (its/pojokseni)

No comments:

Post a Comment

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.