Mengingat Enny Arrow: Penulis Buku Erotis Ternama Indonesia -->
close
Pojok Seni
18 June 2018, 6/18/2018 04:23:00 AM WIB
Terbaru 2018-06-17T21:23:24Z
ArtikelSastraSejarah

Mengingat Enny Arrow: Penulis Buku Erotis Ternama Indonesia

Advertisement


PojokSeni.com - Era 80-an, menjadi era "keemasan" dari seorang penulis dengan nama pena "Enny Arrow". Tentunya, bila di era itu Anda sudah termasuk remaja, maka nama Enny Arrow sudah tidak asing di telinga Anda, bukan?

Bila di zaman sekarang ada banyak video vulgar dan erotis, maka di era 80-an sampai 90-an, remaja dan dewasa gemar membaca cerita erotis. Tentu saja, karena akses untuk mendapatkan video vulgar sangat tidak mungkin didapatkan. Era itu, di berbagai toko buku (bukan toko buku besar), ada sebuah buku kecil, yang kala itu disebut buku stensilan.

Nick Carter-nya Indonesia


Dari berbagai buku stensilan yang hadir di era itu, buku karya Enny Arrow menjadi pilihan favorit para pembacanya. Penulis ini bahkan disetarakan dengan penulis buku erotis asal Amerika Serikat, Nick Carter.

Mendapatkan buku ini cukup mudah, bahkan di tempat penyewaan buku juga bisa didapatkan. Harganya bahkan sangat terjangkau, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 2.500 per buku.

Cerita yang ditawarkan di buku-buku karya Enny Arrow adalah cerita yang menceritakan bercinta dengan penuh detail sehingga bisa membangkitkan libido para pembacanya. Tapi, meski bukunya menjadi buah bibir, namun tidak ada yang tahu siapa sebenarnya Enny Arrow itu, bahkan pemerintah Orde Baru!

Bernama Asli Eni Sukaisih


Dari berbagai sumber yang didapatkan PojokSeni, Enny Arrow bernama asli Eni Sukaisih. Sosok satu ini merupakan mantan jurnalis di era Orde Lama yang kemudian pindah ke Seattle, Amerika Serikat. Di Amerika, Eni juga bekerja di bidang penulisan.

Eni diketahui lahir pada tahun 1942 dan meninggal tahun 1995 silam. Wanita kelahiran Hambalang ini pulang ke Indonesia di era Orde Baru dan mulai menulis buku-buku erotis, kalau tidak ingin dikatakan buku porno.

Selain bercerita tentang kisah erotis, cover buku karangan Enny Arrow juga selalu erotis. Dengan pose yang panas, dipadu dengan judul yang metafora menjadikan buku-buku Enny Arrow menjadi banyak pembeli di era tersebut.

Sempat nama seorang novelis horor bernama Abdullah Harahap diduga sebagai penulis dengan nama samaran Enny Arrow tersebut. Namun, sayangnya kecurigaan ini tidak bisa dibuktikan. Buku karangan Enny Arrow menghilang dari peredaran pada tahun 1994.

Anda kangen ingin membaca atau mungkin penasaran bagaimana tulisan dari Enny Arrow, Anda bisa mengunduhnya di pranala ini Unduh Novel Enny Arrow. (@pojok.seni)

Ads