Gelang Produk Lokal Berbahan Unik, Dari Bahan Kulit Ikan Nila, Tertarik Punya? -->
close
Pojok Seni
23 October 2017, 10/23/2017 12:47:00 AM WIB
Terbaru 2020-02-29T18:55:57Z
ArtikelRekomendasi

Gelang Produk Lokal Berbahan Unik, Dari Bahan Kulit Ikan Nila, Tertarik Punya?

Advertisement
Ilustrasi Ikan Nila

pojokseni.com - Hasil karya anak negeri banyak yang memiliki kualitas bersaing dengan produk impor, loh. Salah satunya produk gelang. Kali ini, salah satu produk yang pojokseni rekomendasikan untuk Anda adalah produk dari brand Jasper.

Jasper merupakan brand dari Yogyakarta, yang membuat sejumlah aksesoris bagi pria dan wanita dengan bahan yang unik. Yah, bahannya adalah kulit, namun bukan kulit kambing, sapi, reptil dan bahan kulit yang biasa digunakan lainnya. Produk dari Jasper, menggunakan bahan kulit ikan nila. Ikan nila?



Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan tawar yang paling sering ditemukan di Indonesia. Ikan untuk keperluan konsumsi ini, bentuknya sangat mirip dengan ikan mujair, sehingga kadang sulit dibedakan. Ikan ini dalam Bahasa Inggris disebut sebagai Ikan Nile Tilapia.

Faktanya, ikan nila mengandung banyak protein yang diperlukan tubuh manusia. Harganya juga murah dan mudah ditemukan menjadikan ikan ini sebagai salah satu produk ikan yang paling sering dikonsumsi. Nah, karena mudah ditemukan itulah, ada banyak kreasi dan inovasi dari ikan yang satu ini.


Jasper, mempunyai ide untuk merubah kulit ikan menjadi produk kerajinan yang keren dan trendi. Tidak hanya bahannya yang unik, tapi desainnya juga unik untuk menambah keren gaya Anda yang casual. Apalagi, ini adalah produk lokal. Jadi, kalau bukan kita yang mendukung produk lokal, siapa lagi?

Merek ini didirikan oleh  Eirene Ganap dan Anjar Widyarosadi. Eirene Ganap berasal dari Manado, Sulawesi Utara dan Anjar Widyarosadi berasal dari Yogyakarta. Keduanya merupakan alumnus dari ISI Yogyakarta, yang sebelum memproduksi gelang ini, sudah pernah mencoba membuat produk tas, dan sebagainya menggunakan bahan baku kulit ikan.


Terlebih, kebanyakan produk dari Jasper adalah produk unisex alias bisa digunakan untuk pria dan wanita. Sebagai pengaitnya, kadang menggunakan Vintage Brass yang keren dan tahan lama. Juga ada bahan-bahan lain yang digunakan, merupakan bahan yang unik, kuat dan tahan lama. Rata-rata, produk Jasper dijual seharga kisaran Rp 75.000 hingga Rp 200.000.

Kesimpulan dari kisah ini, ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil. Pertama, ada banyak hal di sekitar kita yang bisa kita kreasikan menjadi hal yang lebih berharga. Sebagaimana Jasper merubah kulit ikan nila -hal yang tidak biasa dilakukan sebelumnya- menjadi sebuah gelang dan menjadi karya unik yang dihargai di masyarakat.

Kedua, jangan pernah takut untuk memulai satu kreatifitas. Anda bisa menjadi lebih baik, berkembang dan mengenalkan karya Anda pada orang lain. Ketiga, tentunya bisa menambah penghasilan Anda, bukan? (ai/pojokseni)

Ads