Kuliah Sambil Bisnis? Siapa Takut! -->
close
Pojok Seni
23 October 2017, 10/23/2017 01:11:00 AM WIB
Terbaru 2017-10-22T18:11:13Z
Artikel Sponsor

Kuliah Sambil Bisnis? Siapa Takut!

Advertisement
Ilustrasi Mahasiswa Wirausaha

Kuliah merupakan salah satu tahapan penting bagi seseorang. Pada masa ini, anak sudah terlepas dari predikat pelajar dan mulai bertanggung jawab pada diri mereka sendiri tanpa tergantung dengan orang tua. Dengan demikian, masa kuliah adalah masa transisi dari anak-anak menuju dewasa, dunia yang sebenarnya. Bagi mereka yang memutuskan untuk menjadi mahasiswa, sangat penting untuk tidak hanya belajar tetapi juga mulai merencanakan masa depan. 

Hal ini karena selepas dari masa perkuliahan yang singkat, kita akan mulai menapaki dunia sebenarnya. Kita harus berani memutuskan akan kemana jalan yang kita pilih. Hal ini terutama menyangkut masalah mencari penghasilan. Bagi mereka yang memiliki keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, maka mulai dari masa kuliah harus sudah pandai memikirkan agar dapat bekerja di perusahaan besar dengan cepat selepas kuliah. Bagi yang ingin berwirausaha, tentunya harus sudah memikirkan usaha apa yang akan dilakukan. Kalau mampu, memulai bisnis selagi kuliah juga sangat mungkin untuk dilakukan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kita dapat memulai bisnis yang ingin kita lakukan saat masih kuliah. Walaupun nantinya Anda akan sangat sibuk, namun, membuka bisnis disela waktu kuliah masih sangat mungkin dilakukan. Hal ini karena jam kuliah tidak fix seperti jam sekolah. Beban belajar pun lebih spesifik sehingga lebih ringan dibandingkan dengan beban belajar siswa sekolah pada umumnya. Saat kuliah adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis Anda. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis saat masih kuliah, Anda dapat melakukan tips berikut agar kuliah dan bisnis yang Anda mulai dapat berjalan secara berdampingan.

Buat target dan usahakan untuk mencapainya


Agar bisnis kita dapat sukses, membuat target adalah hal yang penting. Jangan muluk-muluk, buat target jangka pendek yang dapat direalisasikan segera. Misalnya saja membeli sepeda dengan uang sendiri, membeli gadget, membeli laptop, dan sebagainya. Setelah target kecil tersebut dapat tercapai dari hasil jerih payah bisnis Anda, Anda bisa mulai bermimpi lebih besar. Misalnya saja membeli mobil, membayar kuliah dengan uang sendiri, dan sebagainya. Semakin tinggi impian, maka akan semakin sulit untuk mencapainya. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Percaya bahwa kita dapat mencapai mimpi kita juga merupakan salah satu awal mimpi kita dapat terwujud.
  

Buat kuliah dan bisnis memiliki prioritas yang sama


Jika ingin bisnis dan kuliah dapat berjalan dengan seimbang, akan sangat penting untuk memprioritaskan keduanya. Jangan sampai Anda berat sebelah, lebih memberatkan bisnis dari pada kuliah atau sebaliknya. Jika Anda demikian, maka salah satu dari dua hal tersebut akan runtuh. Baik kuliah maupun bisnis merupakan hal yang baik bagi masa depan dan sangat membantu untuk mencapai kesuksesan Anda. Memang sulit untuk membuatnya dapat berjalan dengan seimbang. Namun, jika keduanya dapat sejalan, maka keduanya dapat berjalan dengan lancar. Kuliah Anda dapat lulus dengan tepat waktu serta usaha Anda dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Mulai dengan bisnis yang mudah


Karena masa-masa kuliah merupakan masa-masa yang juga sibuk, kita bisa memilih bisnis awal yang mudah untuk dikerjakan. Sebisa mungkin, pilih bisnis yang tidak mengganggu jam kuliah atau bisnis yang fleksibel. Bisnis yang fleksibel tersebut salah satunya adalah bisnis yang dapat dilakukan sebagai sampingan dan dapat dikerjakan pada saat kita memiliki waktu luang atau sewaktu-waktu. Hal ini akan sangat memudahkan kita dapat menjalankan bisnis di sela waktu kuliah yang cukup padat. Jika Anda ingin memulai bisnis namun tidak memiliki cukup modal, kini juga tersedia banyak pinjaman uang tanpa syarat yang dapat diajukan bahkan oleh mahasiswa sekalipun. Ada berbagai sumber modal yang dapat kita coba. Selain pinjaman uang tanpa syarat, ada juga bantuan dari universitas dan kredit lunak bisnis mikro yang dapat Anda manfaatkan.

Untuk pemilihan bisnis yang dapat Anda lakukan, Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Ada bisnis yang dapat dilakukan dengan skill tertentu, ada juga bisnis yang tidak membutuhkan hal tersebut. Bisnis yang paling mudah dilakukan dan sangat fleksibel salah satunya adalah bisnis yang dilakukan secara online. Ada banyak bisnis dengan basis online yang dapat Anda kerjakan. Misalnya saja bisnis jual beli online, reseller atau dropshipper, bisnis pulsa dan layanan pembayaran tagihan online, bisnis penerjemah, desain grafis, dan sebagainya.

Pantang menyerah 


Pantang menyerah adalah salah satu sifat yang sangat baik jika dipupuk sejak dini. Jika kita terbiasa untuk pantang menyerah, maka apapun rintangannya, kita tetap dapat mencapai tujuan akhir. Peluang untuk mencapai mimpi yang kita miliki akan semakin besar. Jika kita tidak memiliki uang untuk membuka usaha, ada banyak jalan lain yang dapat kita tempuh. Misalnya saja dengan mengambil pinjaman uang cepat online yang aman, mencari beasiswa, mengikuti program mahasiswa wirausaha, dan banyak hal lagi. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Jika Anda gagal di tengah jalan. Anggap gagal tersebut sebagai pelajaran berharga. Perbaiki hal yang hal yang menjadi penyebab Anda gagal dan mulai lagi dari awal. Jika Anda merasa lelah, istirahatlah sejenak, namun jangan berhenti. Karena berhenti atau menyerah akan menutup jalan Anda menuju kesuksesan. 

Pilih jalan yang positif


Masa kuliah, seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. Pada masa transisi ini, kita akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan yang membuat kita bingung. Pada masa ini, Anda perlu waspada. Jangan sampai Anda salah jalan dan melakukan hal negatif. Menjaga untuk terus memilih jalan yang positif bukanlah perkara mudah, namun, hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Dengan memilih jalan yang positif, Anda akan lebih mudah untuk menyelesaikan kuliah sambil mengembangkan usaha Anda.

Selalu komunikasikan permasalahan Anda pada orang yang lebih berpengalaman agar Anda dapat mengambil keputusan yang tepat. Belajar dari pengalaman agar kita tidak mengulang kesalahan yang sama. Komunikasi dengan orang tua setiap kali akan mengambil keputusan juga hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pertimbangan orang tua juga merupakan hal yang perlu Anda perhitungkan. Dekatkan diri dengan Tuhan juga menjadi hal yang penting agar kita terjaga dari tindakan-tindakan negatif yang justru akan merusak diri kita.

Nah, itu tadi tips yang dapat dijalankan bagi Anda yang ingin kuliah sambil menjalankan usaha. Dengan melakukan tips tersebut, setidaknya Anda dapat terhindar dari hal-hal yang dapat mengganggu serta membuat Anda tetap fokus menjalani keduanya, baik kuliah maupun bisnis. Anda juga akan dilatih untuk menjalani hidup mandiri dan terlepas dari orang tua. Jangan lupa untuk melakukan bisnis dan kuliah dengan seimbang agar keduanya dapat sukses. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Salam wirausaha!        


Ads