Rockwell RG 112 dan Baby Blues, Gitar Lokal yang Pas untuk Menengah ke Bawah -->
close
Pojok Seni
24 September 2017, 9/24/2017 05:18:00 PM WIB
Terbaru 2023-08-13T11:02:51Z
Musik

Rockwell RG 112 dan Baby Blues, Gitar Lokal yang Pas untuk Menengah ke Bawah

Advertisement
Owner brand Rockwell mengenalkan produk Rockwell. Dua diantaranya adalah Rockwell RG series (paling kiri) dan Rockwell Babyblues (tengah)

pojokseni.com - Ada banyak merek gitar bersliweran di toko musik seluruh Indonesia. Beberapa nama terkenal seperti Ibanez, Fender, Yamaha, Gibson dan sebagainya terus mendominasi. Tapi, dibalik gempuran brand asing tersebut, beberapa brand asli Indonesia seperti Rich Hannes, Radix dan beberapa brand asli karya anak negeri lainnya mencoba terus berjuang memproduksi gitar berkualitas dengan harga yang lebih miring untuk bertahan di tengah gempuran.

(Artikel Terkait : Dua Merek Gitar Indonesia yang Mendunia)

Salah satu brand yang akan pojokseni ulas kali ini adalah brand Rockwell. Ada beberapa produk yang harganya cukup tinggi, di atas Rp 6.000.000, ditujukan untuk kelas pro, atau atas. Kualitas suaranya tidak perlu diragukan, bahan dan teknik pembuatan juga sparepart gitar semuanya berkualitas tinggi dan mampu mengeluarkan suara yang gahar, jernih ataupun suara lain yang diinginkan sang gitaris.

Nah, bagaimana dengan yang punya dana pas-pasan? Atau kita sebut saja kalangan menengah ke bawah, apakah sulit mencari gitar berkualitas?


Tips Mencari Gitar Berkualitas dengan Harga Miring


Bisa dikatakan gitar yang tepat untuk kalangan menengah ke bawah adalah gitar dengan harga di bawah Rp 2.000.000. Namun, bukan berarti harus beli barang bekas atau second, yah. Meski merek ternama, tapi barang bekas biasanya ada minus-minusnya gitu. Mulai dari lecet, pickup yang tidak sempurna lagi, atau suara yang dihasilkan tidak seperti produk baru.

(Artikel terkait : Gitar Rich Hannes, Produk Indonesia yang Mendunia)

Jadi, sangat disarankan untuk membeli produk baru dengan harga yang miring, tapi kualitas bersaing. Memangnya ada?

Gitar Rockwell RG 112



Gitar Rockwell RG 112


Nah, ada dua jenis gitar dari brand Rockwell yang akan Pojokseni ulas kali ini. Produk pertama adalah gitar Rockwell RG 112. Ini gitar dari Rockwell RG series. Di beberapa toko daring, produk ini dijual seharga Rp 1.800.000, sampai Rp. 2.000.000 udah ditambah tas, strap gitar, jack dan tambahan lainnya.

Loh, kok cuma Rp 1.800.000 untuk harga gitar baru? Jangan-jangan kualitasnya jelek. Eits, tunggu dulu. Coba simak spesifikasinya berikut ini :



  • Body        Mahogany
  • Neck Beech Maple
  • Scale 25.5"
  • Frets 24
  • Pick-Up 2 Single GB & 1 Humbucker G&B
  • Controls 1 Vol, 2 Tone, 5 Way Lever Switch
  • Bridge Standard

Yah, gitar satu ini punya 2 pickup single G&B dan 1 humbucker G&B. Pickup G&B adalah produk Korea yang kualitasnya cukup mumpuni untuk mengeluarkan suara yang powerful. Untuk switch pickupnya, ada 5 way level loh. Jadi, Anda bisa menyesuaikan suara dari pickup neck, maupun bridge ataupun perpaduannya untuk suara yang Anda inginkan.

Jadi, meski harganya bisa dibilang sangat terjangkau, tapi gitar yang satu ini bukan sekedar gitar untuk belajar dan genjreng-genjrengan di kamar, loh. Anda bisa juga membawanya untuk penampilan terbaik Anda, jadi bisa tetap memberikan penampilan yang baik.

Kekurangan dari gitar yang satu ini adalah di tremolo-nya yang gampang kendur bila Anda memainkan handle gitar. Jadi, kalau Anda tipe pemain gitar yang gemar bermain handle, jangan terlalu "garang" dengan Rockwell RG 112. Setelan gitarnya bisa mendadak kendur sendiri, loh.

Bila Anda memiliki pengalaman yang lain bersama gitar Rockwell RG 112, bisa dibagikan dengan pojokseni di kolom komentar.

Ingin punya Rockwel RG Series? 




Gitar Rockwell Babyblues.


Rockwell Baby Blues

Dari namanya, kayaknya nih gitar ditujukan untuk Anda yang ingin bermain gitar nge-blues. Bentuknya sedikit mengingatkan kita pada gitar andalannya gitaris Guns 'n Roses, Slash. Tapi warnanya ituloh, baby banget.

Ada yang warna pink, ada yang warna merah dan cokelat. Jadi, gitaris wanita atau gitaris pria yang ingin gitar warna "merona" pasti kepincut sama gitar yang satu ini. Tapi, juga ada warna hitam dan pilihan warna gelap lainnya loh.

Gitar yang satu ini punya nada yang crunchy, suara cleannya jernih, juga sangar ketika distorsi. Diperkuat dengan dua pickup humbucker G&B menjadikan suara gitar ini jernih, dan juga pas untuk lead guitar atau melody. Nih spesifikasi gitar Rockwell Baby Blues :

  • Body Agatis
  • Neck Beech maple
  • Contruction Bolt On
  • Scale 24, 75 "
  • Pick-Up 2 Humbucker
  • Control 2 Vol, 2 Tone, 3 Way Toggle Switch
  • Bridge Tune O Matic
Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp. 2.200.000 sampai Rp 2.400.000. Anda juga bisa dengan mudah menemukan produk ini di berbagai toko daring, maupun toko musik di dekat Anda.


Ingin punya Gitar Babyblues? 


Sekilas Tentang Rockwell Guitar



Bila Anda menyangka Rockwell adalah brand luar negeri, tentunya Anda salah besar. Rockwell dan amplifier Russel (jodohnya gitar Rockwell) adalah satu perusahaan yang dimiliki oleh Haryanto Hidayat, Resllie Kurniawan dan Benny Sadeli dibantu dengan dua orang rekan lainnya.

Awalnya, produk tersebut adalah milik orang lain, sedangkan mereka hanya distributor tunggal di Indonesia. Namun, tahun 2012, pemilik lama Rockwell dan Russel mulai menyerah, karena produknya kalah bersaing dengan produk dari brand ternama. Selanjutnya, Reslie Kurniawan dan teman-teman segera mengambil alih brand Russel dan Rockwell yang kemudian didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Tidak hanya Russel dan Rockwell, setelah mendapatkan pabrik, perusahaan dan inventaris lainnya, giliran beberapa brand lain juga dikeluarkan oleh perusahaan mereka, antara lain drum Santa Fe dan gitar Prince. Berbeda dengan Rockwell yang ditujukan untuk segmen pasar menengah, gitar Prince akan dibuat menjadi gitar premium yang mengincar pasar menengah ke atas.

Bila Anda memiliki pengalaman yang lain bersama gitar Rockwell Babyblues, bisa dibagikan dengan pojokseni di kolom komentar.

Ads