30 September 2017

author photo
Proyek pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana yang direncanakan menjadi patung terbesar di dunia. (sumber : Goodnews from Indonesia)

pojokseni.com - Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, apabila telah selesai nanti akan menjadi salah satu patung terbesar di dunia dengan tinggi sekitar 120 meter dan lebar 64 meter. Patung ini bahkan lebih tinggi dari Patung Liberty di Amerika Serikat yang tingginya 93 meter. Meski kalah tinggi dengan Patung The Spring Temple Buddha di Tiongkok yang masih sekitar 8 meter lebih tinggi, namun karena lebar patung GWK yang mencapai 64 meter menjadikan patung ini adalah patung terbesar di dunia.

Uniknya, meski akan berdiri di Bali, namun pengerjaan patung ini justru dilakukan di Galeri Nyoman Nuarta di Bandung. Nyoman Nuarta merupakan seniman dan arsitek dari bangunan tersebut. Nantinya, apabila selesai baru bagian-bagian patung raksasa tersebut akan dibawa ke Bali yang jaraknya hampir 1000 km dan melewati jalur darat. Bila sudah berdiri, maka patung yang terbuat dari bahan campuran baja dan besi ini akan memiliki berat total 4.000 ton.


Di Bali, patung yang direncanakan menjadi salah satu Landmark Bali kedepannya, akan diletakkan di kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park seluas 240 hektare. Biaya yang dihabiskan untuk membuat patung ini diperkirakan mencapai Rp 450 Miliar. Proye ini direncanakan selesai pada tahun 2018 mendatang.

Pembangunan Patung ini sebenarnya sudah direncanakan sejak awal tahun 2000. Namun, terhenti karena sesuatu hal dan setelah beberapa belas tahun, akhirnya tahun 2013 silam pembangunan patung raksasa yang megah ini dilanjutkan kembali. Patung ini menggambarkan sosok Dewa Wisnu, yang sedang menunggangi Garuda, hewan mitologi Hindu yang juga menjadi lambang negara.

Lewat wawancaranya dengan Australian Broacasting Corporation (ABC), I Nyoman Nuarta menyatakan bahwa pembangunan ini juga memiliki tujuan untuk melestarikan, mengembangkan dan menemukan alternatif baru dari budaya. Pembangunan yang sempat terhenti itu dilanjutkannya kembali, karena menyangkut kehormatan dirinya dan keluarga.

Desain patung Garuda Wisnu Kencana di Bali

"Karena itu proyek ini harus diselesaikan, saya sudah tidak berpikir lagi tentang untung rugi yang didapat dari proyek ini," kata dia dilansir dari Goodnews From Indonesia. (ai/pojokseni)
your advertise here

This post have 0 komentar

Harap tidak berkomentar yang melanggar HAM, SARA dan tindak kriminal lainnya.

Selanjutnya Posting Berikutnya
Sebelumnya Artikel Sebelumnya

Advertisement

Loading...

Advertisement