Band Funky Kopral Formasi Terbaru Tampil Beda -->
close
Pojok Seni
08 May 2017, 5/08/2017 02:25:00 PM WIB
Terbaru 2017-05-08T07:53:39Z
ArtikelBeritaMusik

Band Funky Kopral Formasi Terbaru Tampil Beda

Advertisement

Funky Kopral formasi terbaru. 

Sekarang, band ini disebut-sebut oleh para penggemarnya sedang meredup. Kenyataannya, nama Funky Kopral benar-benar meredup. Namun, band ini terus eksis berkarya, tampil di on air dan off air, juga terus mempertahankan ciri khasnya.
Oleh : Adhyra Irianto

pojokseni.com - Penggemar Red Hot Chili Peppers di Indonesia pasti menyukai Funky Kopral, juga beberapa band funky yang muncul di era bersamaan seperti Jackpot, Batman, dan beberapa band funky lainnya.

Ciri khas betotan bass, berpadu dengan gitar yang funky, ketukan drum yang syncop dan vokal yang biasanya nge-rap menjadi ciri khas utama band beraliran Funky. Kita sudah mengenal RHCP, sebagai salah satu band gaek dengan Funky rock, yang memadukan betotan bass dari Michael "Flea" Balzalary, lantunan lirik panjang dan nge-rap dari Anthony Kiedies, juga hentakan drum dari Chad Smith yang menjadi karakter RHCP.

Funky Kopral era pertama, muncul dengan karakter yang benar-benar lekat dengan RHCP, sehingga memanjakan penggemar musik funky di Indonesia. Lagu-lagu yang tak lekang dimakan zaman, seperti Super Funk, Drop Dead Down, Funchopat dan beberapa lagu lainnya mulai dari lagu berirama menghentak, hingga ballad. Pada awalnya, band ini diperkuat oleh Oncy dan Kristo (gitar), Angga (vokal), Bondan (Bass) dan Robby (drum). Kristo keluar setelah album pertama dan digantikan oleh Iman.

Kemudian, setelah menelurkan dua album, yakni Funchopat dan Funkadelic Rhythm And Distortion, anggota band ini perlahan-lahan keluar menandai kemunduran Funky Kopral. Oncy pindah ke band Ungu, Iman membentuk band J-Rock, lalu Bondan memilih solo karir. Saat itu, saya mengira Funky Kopral sudah bubar.

Ternyata, saya salah. Ketika membaca salah satu majalah musik, Funkop ternyata kembali muncul pada tahun 2006. Apalagi, band ini mengunjungi kota saya untuk konser dengan menyisahkan Robby dan Angga sebagai anggota lama, diperkuat dengan dua anggota baru. Waktu itu, ada Echank pada gitar dan Ilham pada bass.

Salah satu lagu yang menarik bagi saya adalah Soul Brother Number One. Begitu kental dengan jazz funk yang didedikasikan pada musisi funk legendaris Amerika, James Brown. 

Untuk kedua kalinya saya mengira band favorit saya ini bubar, setelah Echank keluar dan Ilham yang merupakan adik kandung dari Iman J-Rock meninggal dunia tahun 2013.

Lagi-lagi saya salah. Band ini juga untuk kedua kalinya mengunjungi kota saya pada tahun 2014 mengenalkan beberapa personel baru, seperti Hendry (vokal) dan Dio (gitar) serta seorang additional bass. Robby menjadi satu-satunya personel lama Funkop yang tersisa di band ini.

Namun, Funkop sama sekali bukan band baru. Band ini hadir dengan nuansa funky yang tetap lekat. Lihat album mereka tahun 2013 berjudul Streetfunk. Lagu "Jakarta Hari Ini" dengan balutan irama Biola menjadikan mereka sebagai band gado-gado, sama seperti ketika baru keluar tahun 1999 dulu.

2016, beberapa lagu kembali diluncurkan Band ini. Salah satunya berjudul Barbie, yang kembali mengusung musik funky yang kental dan mengingatkan kita pada Funky Kopral yang dulu.

Banyak komentar dari penggemarnya yang menurut saya cukup miring. Ada yang berkata, merindukan Funkop di era pertama, ketika Oncy, Iman dan Bondan masih ada. 


Pertanyaannya, Anda penggemar Funkop atau Bondan, Oncy dan Iman?


Iman yang sekarang begitu kental dengan Japanese Rock, Oncy yang begitu ballad dengan Ungu, yang vokalisnya menjadi Wakil Walikota, atau Bondan yang semakin kesini semakin ke arah musik ala Muse. Coba bayangkan kalau mereka kembali bersatu, saya rasa Funky Kopral yang dulu, yang lekat dan mengingatkan kita pada RHCP akan menghilang. Menurut saya, hanya tinggal ketukan Robby saja yang masih mengingatkan kita pada Funky Kopral secara utuh.

Biarkan saja Bondan, Oncy, Iman dan juga Funkop berkarya sesuai dengan jalannya masing-masing. Kalau Anda suka Bondan, ya sudahlah, dengarkan Bondan saja. Begitu juga kalau Anda penggemar Oncy dan Iman.

Tapi, kalau Anda dari dulu adalah penggemar musiknya Funkop, tentu tidak ada masalah dengan musiknya sekarang, karena ciri khas tetap dipertahankan oleh band ini. RHCP gimana... gitu.

Formasi yang baru lebih berani, loh! Jangan bandingkan dengan beberapa komposisi Funkop yang sudah lewat, karena punya kelebihan sendiri-sendiri.

Apalagi additional bass barunya, kalau tidak salah bernama Wisnu, itu Flea banget! Gokil lincah dan liar!

Kurang apa coba! Yuk, penggemar musik funky rock ala-ala RHCP di Indonesia, mari "nikmati" produk dalam negeri. 


Cintailah ploduk-ploduk Endonesah!


Ads