Komik Ini Jadi Viral Karena Sindir Isu SARA -->
close
Pojok Seni
17 April 2017, 4/17/2017 10:46:00 PM WIB
Terbaru 2017-04-17T15:49:10Z
ArtikelBerita

Komik Ini Jadi Viral Karena Sindir Isu SARA

Advertisement


pojokseni.com - Beberapa waktu lalu situs humor Indonesia, 1Cak mengunggah salah satu komik strip yang menjadi viral di dunia maya. Komik tersebut menceritakan seorang guru SD yang menanyakan cita-cita siswanya. Seorang murid menjawab ingin menjadi presiden. 

Jawaban itu disangkal oleh guru tersebut, karena siswanya berasal dari agama tertentu dan tidak boleh jadi pemimpin di Indonesia. Seorang murid lain menjawab ingin menjadi pengusaha kaya, juga disangkal oleh guru tersebut. Sebab, kata guru itu, siswa ini berasal dari etnis tertentu, bila menjadi pengusaha kaya nanti dikira akan menguasai negara.

Komik ini sebenarnya menggambarkan realita yang terjadi, terutama menjelang gelaran Pilkada Jakarta. Namun, beberapa pembaca menganggap bahwa hal itu memprovokasi. Akun bernama sinaga99 menulis, "SARA, provokator sampah".

Sementara itu, masih ada juga warganet yang bereaksi santai dengan postingan sarkas tersebut. Salah satunya, akun goblin21. "Kenyataan memang pahit, jadi biasakanlah," tulis dia.

Berikut komik yang viral tersebut :




Sebagaimana kita ketahui isu SARA mungkin menjadi isu terpanas pada tahun 2017. Isu tersebut membuat Indonesia terbelah menjadi dua kubu yang sarat dengan pelanggaran SARA. 

Sangat miris, karena semua hal itu menodai nilai pancasila dan bhineka tunggal ika yang telah kita pertahankan selama ini. Mungkin harapan maithinx99 mengingatkan pembaca untuk kembali ke nilai Pancasila jika tidak mau komik yang beliau posting menjadi kenyataan. 

Yuph, ini bukanlah rasis namun sarkasme dari postingan warganet yang semakin cemas dengan kondisi Indonesia pada saat ini. (its/pojokseni.com)

Ads